Home » Informasi » Mengenal Sekilas Tentang Kota Cilacap Bercahaya

Mengenal Sekilas Tentang Kota Cilacap Bercahaya

kota+cilacap+bercahaya
Kota Cilacap Bercahaya

Kota Cilacap Bercahaya – Kota Cilacap adalah ibu kota dari kabupaten Cilacap. Kota ini berada di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota yang menyandang julukan Cilacap Bercahaya ini, lebih sering di kenal dengan rutan pulau nusakambangan yang merupakan kelas satu di Indonesia.

Kota Cilacap, merupakan sebuah kabupaten yang cukup luas. Sehingga, pemerintahanan daerahnya membagi menjadi 3 wilayah, yaitu Cilacap Utara, Cilacap Tengah, Dan Cilacap Selatan. Dari Ketiga wilayah tersebut, terbagi menjadi 24 kecamatan, 15 kelurahan, dan 269 desa.

Luas area kota Cilacap ini sekitar 2.142,59 km². Sedangkan jumlah penduduknya sekitar 2.242.107 jiwa. Jika dihitung secara merata, maka kota ini memiliki kepadatan penduduk sekitar 1.046,45 jiwa/km². Meskipun begitu, kota ini sering pendapatkan piagam adipura, sehingga diberi julukan kota Cilacap bercahaya.

Kota Cilacap Terletak Dimana?

Jika dilihat dari peta, letak geografis kota Cilacap ini berada di titik 7,45 LS – 109,2 BT. Di mana area tersebut terletak tak jauh di bawah garis khatulistiwa. Sehingga, menjadikan kota ini memiliki dua musim yang memiliki batasan waktu yang sama. Yaitu musim hujan dan musim kemarau. Dimana kedua musim tersebut akan berganti selama 6 bulan sekali.

Kota Cilacap juga memiliki batas-batas dengan wilayah sekitarnya. Di sebelah utara, berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas. Di bagian timur, berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen. Kemudian di bagian selatan, berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Sedangkan untuk sisi barat, berbatasan langsung dengan Kabupaten Pengandaran, Provinsi Jawa Barat. Oleh karena itu, di kota Cilacap ini terdapat dua bahasa daerah, yaitu bahasa jawa (ngapak) dan bahasa sunda.

Baca Juga :  Manfaat Buah Ciplukan Yang Jarang Diketahui

Asal Usul Julukan Kota Cilacap Bercahaya

Kota Cilacap memiki julukan Cilacap Bercahaya, yang merupakan kependekan dari bersih, elok, rapi, ceria, hijau, aman, dan jaya. Hal ini di dasari atas beberapa penghargaan Adipura yang diraih oleh kota ini. Dan semua itu merupakan hasil kerja keras dari pemerintahan Cilacap yang didukung oleh warganya dalam menjaga ketertiban dan kebersihan kota.

Selain itu, Kota Cilacap juga memiliki motto tersendiri yang berbunyi ” Jala Bhumi Wijayakusuma Cakti ” yang memiliki arti “kemampuan membudidayakan bumi, laut, air untuk kemakmuran”. Dengan motto tersebut, semoga menjadikan Cilacap ini dapat mengolah hasil kekayaan alam yang dimiliki untuk kepentingan masyarakatnya.

Perkembangan Dan Kemajuan Kota Cilacap

Dari waktu ke waktu, perkembangan dan kemajuan kota Cilacap dapat dikatakan semakin melaju. Hal ini dapat dilihat dari beberapa sektor pembangunan yang meningkat. Dan pembaruan-pembaruan tempat-tempat umum, seperti terminal, stasiun, rumah sakit, stadion lapangan olah raga, dan berbagai pusat perdagangan di Cilacap.

Dari segi alat transportasi, kota Cilacap bisa dikatakan cukup maju. Karena memiliki transpotasi yang lengkap. Meliputi dari jalur darat, jalur laut dan jalur udara. Di jalur darat, terdapat dua alat transportasi yang menghubungkan wilayah provinsi, yaitu kereta api dan bus antar provinsi. Sedangkan untuk di dalam kota ada beberapa alat transportasi, misalnya bus dalam kota, angkutan kota, taksi, dan transportasi online seperti Gojek dan Grab.

Sementara itu, untuk transportasi di jalur laut, kota Cilacap memiliki satu pelabuhan besar yaitu Pelabuhan Tanjung Intan. Sedangkan untuk transpotasi jalur udara, meskipun tergolong sebagai kota kecil, namun kota Cilacap memiliki satu bandara pesawat untuk penerbangan antar kota, yaitu Bandara Tunggul Wulung.

Baca Juga :  Kapan Waktu Yang Tepat Memasukan Garam Ke Masakan?

Industri Dan Wisata Kota Cilacap

Industri Kota Cilacap

Kota Cilacap merupakan salah satu dari tiga kawasan industri utama di Provinsi Jawa Tengah. Karena di kota inilah tempat berdirinya pabrik-pabrik besar seperti Pertamina, Pabrik Semen HOLCIM Indonesia, Pabrik Gula Rafinasi (PT. Dharmapala Usaha Sukses), PLTU Karang Kandri, PLTU Bunton, dan Pabrik Pengolahan Ikan (PT. Juifa Internasional).

Dengan adanya pabrik-pabrik tersebut, menjadikan kota Cilacap ini memiliki banyak pendatang baru yang menjadikan semakin ramainya polupasi kota. Sehingga, banyak penduduk setempat yang memanfaatkan keadaan tersebut dengan membuka usaha swasta, seperti penyediaan tempat kost, tempat-tempat berjualan, dan layanan pusat hiburan yang menarik.

Wisata Kota Cilacap

Perkembangan kemajuan kota Cilacap dapat dikatakan meningkat cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan-pembangunan dibeberapa sektor yang menonjol. Seperti perbaikan dan perluasan jalan, tempat wisata, mall, dan banyaknya hotel di kota Cilacap.

Dengan memiliki letak georafis yang strategis, perkembangan pembangunan di Cilacap terus meningkat. Hal itu dipelopori oleh kota Cilacap yang memang sangat bagus untuk dunia bisnis dan pariwisata. Sehingga banyak sekali obyek wisata yang menarik di Cilacap, seperti pantai teluk penyu, pantai sodong, hutan kemit, benteng pendem, dan masih banyak yang lainnya yang patut dijadikan destinasi para wisatawan.

Tentu saja hal itu juga mendorong berdirinya hotel di Cilacap yang bervariasi levelnya. Mulai dari yang murah sampai berkelas premium yang merupakan tempat penginampan yang nyaman untuk para pembisnis dan wisatawan.

Itulah gambaran sedikit mengenai kota cilacap bercahaya. Jika ingin mengenal lebih dalam tentang kota Cilacap ini, silahkan datang sendiri dan jelajahi setiap sudut kotanya, sehingga akan lebih jelas betapa luasnya kota bercahaya ini. Semoga dapat menambah wawasan tentang apa yang ada di kota cilacap.

Baca Juga :  Cara Melacak Hp Hilang Menggunakan Email Dan GPS

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top