Home » Informasi » WAGEAN – Pasar Tradisional Di Cilacap Sepekan Sekali

WAGEAN – Pasar Tradisional Di Cilacap Sepekan Sekali

pasar+wagean+cilacap
Pasar Wagean Cilacap

“WAGEAN” Pasar Tradisional Di Cilacap – WAGEAN, Begitulah masyarakat di sekitar Kota Cilacap menyebutnya. Pasar yang hanya beroperasi sepekan sekali menurut penanggalan jawa itu memang sangatlah populer di Kota Cilacap. Hampir seluruh lapisan masyarakat di Kota Cilacap, pasti tahu keberadaan pasar tradisional ini.

Pasar yang terletak di Desa Karang kandri, Kecamatan Kesugihan,Kabupaten Cilacap ini memang memiliki tempat yang sangat strategis. Yaitu berada di pinggir jalan jalur utama Cilacap-Yogyakarta, yang membuat pasar tradisional ini sangatlah mudah untuk ditemukan.

Wagean merupakan istilah yang berasal dari kata wage, yaitu salah satu nama hari penanggalan jawa yang sudah ada sejak jaman dahulu. Dan urutan dari hari penanggalan jawa tersebut adalah legi, pahing, pon, wage, dan kliwon.

Oleh karena itu, pasar tradisional ini hanya buka setiap lima hari sekali. Meskipun begitu, ketika pasar tradisional wagean ini beroperasi, warga di sekitar Kota Cilacap sangat berantusiasi untuk mengunjungingya. Meskipun hanya untuk sekedar berjalan-jalan atau pun ingin membeli kebutuhan yang dicari.

Satu hal yang unik dan menarik dari pasar tradisional wagean ini adalah harganya yang relatif murah. Dan hampir semua barang kebutuhan sehari-hari muali dari yang umum sampai yang tidak umum diperdagangkan di pasar tradisional ini.

Barang-barang yang umum tersebut meliputi sembako, pakaian, peralatan kerja, perkakas rumah tangga, aneka bibit tumbuhan, hewan peliharaan, dan lain-lain. Sedangkan barang-barang yang tidak umum seperti jimat, aksesoris langka dan penawaran jasa pijat refleksi yang langsung di praktekkan di lokasi pasar tradisional ini.

Selain itu, di pasar tradisional wagean ini juga diperdagangkan aneka barang-barang bekas yang masih layak pakai dengan harga yang sangat terjangkau. Oleh karena itu, pasar tradisional ini sering dijuluki dengan pasar serba ada.

Baca Juga :  Jenis - Jenis Mikroskop Dan Fungsinya

Dan yang tak kalah menariknya dari pasar tradisional wagean ini yaitu hanya beroperasi setengah hari saja. Pasar tradisional ini hanya buka dari pagi sampai siang hari. Dan uniknya lagi apabila hari semakin siang, maka harga yang ditawarkan oleh para penjual pun akan semakin murah.

Maka disarankan jika akan berkunjung ke pasar tradisional ini sebaiknya sekitar jam 9 atau jam 10 pagi. Akan tetapi jangan heran apabila datang berkunjung di jam-jam itu, pasar tradisional ini akan ramai pengunjung dan berdesakan di sana-sini.

Bagaimana? anda tertarik untuk mengunjungi pasar tradisional wagean Cilacap? Tetapi jangan lupa ya, pasar tradisional ini hanya beroperasi di setiap hari wage di penanggalan jawa. Oleh karena itu, jika anda berkunjung selain di hari wage, maka yang terlihat hanyalah bilik-bilik kosong yang sepi.

Telusuri juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top