Home » Bisnis » Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online

cara cek saldo bpjs online
Cara Cek Saldo BPJS Online

Cara Cek Saldo BPJS Online – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan sebuah badan hukum yang mengurus penjaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi seluruh warga Indonesia. Tujuan dari diadakannya BPJS ini yaitu melindungi setiap warga dari masalah kesehatan dan sosial ekonomi dalam jangka panjang.

Selain itu, BPJS juga berperan sebagai tabungan (investasi) di hari tua yang dapat diambil dikemudian hari. Atau dapat dikatakan juga sebagai dana pensiun yang dapat dicairkan jika telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Program BPJS itu sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

BPJS kesehatan merupakan layanan kesehatan gratis bagi setiap warga yang menjadi keanggotaan atau memiliki kartu BPJS. BPJS kesehatan ini memiliki premi yang disesuaikan oleh kelasnya. Masing-masing dari kelas tersebut memiliki fasilitas dan layanan yang berbeda. Mulai dari kamar rawat inap, obat-obatan, dokter dan penanganan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit.

Berikut merupakan premi yang harus dibayarkan setiap bulannya jika telah menjadi keanggotaan BPJS kesehatan. Dimana kelas satu merupakan level tertinggi tertinggi yang memiliki fasilitas dan pelayanan terbaik di kelasnya.

  • Kelas 1 : Rp 80.000
  • Kelas 2 : Rp 59.500
  • Kelas 3 : Rp 25.500

Menjadi keanggotaan BPJS kesehatan bukan berarti dibebani oleh iuran tiap bulannya. Karena program BPJS kesehatan ini memiliki banyak manfaat yang besar. Salah satunya manfaaat yang paling menonjol yaitu kita tidak akan dibebani oleh biaya perawatan rumah sakit yang tentunya tidak sedikit jika dirawat inap. Selain itu, BPJS kesehatan juga memberikan penjaminan hingga usia 100 tahun.

BPJS ketenagakerjaan merupakan layanan kesehatan bagi para pekerja yang menerima upah sebagai jaminan tak terduga, seperti kecelakaan kerja dan kematian. Sehingga, Pemerintah telah mewajibkan setiap perusahaan untuk menjadi keanggotaan BPJS ketenagakerjaan guna menjamin pekerjanya.

Dengan adanya BPJS ketenagakerjaan ini, para pekerja dapat merasakan manfaat yang akan dinikmati di kemudian hari. Dan beberapa manfaat dari BPJS ketenagakerjaan yaitu :

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  • Jaminan Hari Tua (JHT)
  • Jaminan Pensiun (JP)
  • Jaminan Kematian (JKM)

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Sebelum kita memutuskan untuk mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan, alangkah baiknya jika terlebih dahulu melihat seberapa banyak dana yang terkumpul di dalam saldo BPJS tersebut. Untuk mengecek saldo tersebut, kita dapat menggunakan beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini mengenai cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan.

1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Di Internet

Untuk mengetahui jumlah saldo BPJS ketenagakerjaan yang pertama, kita dapat mengeceknya secara online melalui web resmi di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Namun, sebelumnya harus mendaftar terlebih dahulu agar dapat mengakses layanan BPJS ketenagakerjaan tersebut. Dan langkah-langkahnya yaitu:

  • Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Kemudian isi semua data dengan benar, lalu klik submit data.
  • Anda akan menerima email pemberitahuan yang berisi kode verifikasi akun.
  • Masukan kode verifikasi tersebut, kemudian lagi klik submit data.
  • Setelah aktivasi berhasil, silahkan login (masuk) dengan email dan PIN anda.
  • Setelah masuk, anda langsung dapat memilih menu cek saldo dan akan terlihat berapa saldo yang terkumpul di BPJS ketenagakerjaan.

2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi BPJSTKU Mobile

Cara yang kedua untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan yaitu dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU yang dapat kita unduh di Play store atau App Store. Untuk caranya yaitu:

  • Download aplikasi BPJSTKU di Play Store.
  • Kemudian buka aplikasi BPJSTKU tersebut dan buatlah akun BPJS.
  • Setelah akun berhasil dibuat, masuklah menggunakan email dan pin Anda.
  • Kemudian cek saldo BPJS ketenagakerjaan sudah dapat dilakukan di aplikasi tersebut.

3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan juga dapat diketahui melalui SMS. Dan tentunya kita juga harus regristasi nomer Hp terlebih dahulu agar dapat menerima pesan dari pihak BPJS. Dan cara regristrasi BPJS via sms adalah sebagai berikut:

  • Ketik : DAFTAR#No.KTP#Tanggal Lahir(dd-mm-yyyy)#No.BPJS#Email(kalau ada), Kemudian kirim ke nomer 2725.
  • Jika regristrasi sudah dilakukan dan terkonfirmasi, lakukan pengecekan saldo BPJS melalui sms dengan format : SALDO (No.BPJS) dan kirim ke nomer 2757.

Ddemikianlah pembahasan mengenai cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan secara online dengan mudah. Anda bisa pilih cara mana yang menurut anda paling mudah. Selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top