Home » Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

cara+cek+saldo+bpjs+ketenagakerjaan
Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan sebuah badan hukum yang mengurus penjaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi seluruh warga Indonesia. Program BPJS itu sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

BPJS kesehatan merupakan layanan kesehatan gratis bagi setiap warga yang menjadi keanggotaan atau memiliki kartu BPJS. Sedangkan BPJS ketenagakerjaan merupakan layanan kesehatan bagi para pekerja yang menerima upah sebagai jaminan kerja.

Dengan adanya BPJS ketenagakerjaan, para pekerja dapat merasakan manfaat yang akan dinikmati di kemudian hari. Meskpiun begitu, saldo yang tersimpan di dalam BPJS dapat dilihat kapan saja. Nah, berikut merupakan panduan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan via online.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Sebelum memutuskan untuk mencairkan saldo BPJS ketenagakerjaan, sebaiknya kita lihat seberapa banyak dana yang terkumpul. Nah, untuk mengecek saldo BPJS, kita dapat menggunakan beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mengetahui jumlah saldo BPJS ketenagakerjaan, kita dapat mengeceknya secara online melalui web resmi di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Namun, sebelum masuk ke website BPJS ketenagakerjaan, kita harus mendaftar terlebih dahulu agar dapat mengakses layanan BPJS ketenagakerjaan di website. Berikut merupakan langkah-langkah mendaftar dan mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan melalui website:

  • Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Kemudian isi semua data dengan benar, lalu klik submit data
  • Anda akan menerima email pemberitahuan yang berisi kode verifikasi akun
  • Masukan kode verifikasi tersebut, kemudian lagi klik submit data
  • Setelah aktivasi berhasil, silahkan login (masuk) dengan email dan PIN anda
  • Setelah masuk, anda langsung dapat memilih menu cek saldo dan akan terlihat berapa saldo yang terkumpul di BPJS ketenagakerjaan
Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Bentuknya

2. Melalui Aplikasi BPJSTKU Mobile

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU yang dapat kita unduh di Play store atau App Store. Untuk caranya yaitu sebagai berikut:

  • Download aplikasi BPJSTKU di Play Store
  • Kemudian buka aplikasi BPJSTKU tersebut dan buatlah akun BPJS
  • Setelah akun berhasil dibuat, masuklah menggunakan email dan pin Anda
  • Kemudian cek saldo BPJS ketenagakerjaan sudah dapat dilakukan di aplikasi

3. Melalui SMS

Untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan juga dapat dicek melalui SMS. Namun, tentunya kita harus regristasi nomer Hp terlebih dahulu agar dapat menerima pesan dari pihak BPJS. Cara regristrasi BPJS via sms adalah sebagai berikut:

  • Ketik : DAFTAR#No.KTP#Tanggal Lahir(dd-mm-yyyy)#No.BPJS#Email(kalau ada), Kemudian kirim ke nomer 2725
  • Jika regristrasi sudah dilakukan dan terkonfirmasi, lakukan pengecekan saldo BPJS melalui sms dengan format : SALDO (No.BPJS) dan kirim ke nomer 2757

Demikianlah pembahasan mengenai cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan secara online. Anda bisa pilih cara mana yang menurut anda paling mudah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top