Home » Informasi » Makanan Khas Cilacap Ini Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Cilacap Ini Wajib Kamu Coba

makanan khas cilacap ini wajib kamu coba
Makanan Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap – Berpergian ke kota Cilacap dalam rangka kunjungan kerja atau pun berwisata, pasti akan terasa ada yang kurang jika belum mencicipi makanan khas Cilacap. Karena, masakan di daerah kota Cilacap sangat terkenal dengan rasanya yang gurih dan enak.

Makanan khas Cilacap ini juga sangat mudah ditemukan. Karena, biasanya di tempat-tempat wisata banyak yang menjajakannya. Dan tentu saja sangat asyik bukan, menikmati keindahan tempat wisata sambil menikmati santapan masakan yang hanya ditemui di kota Cilacap.

Berbicara mengenai makanan khas di kota Cilacap, ada beberapa yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Apa saja makanan tersebut? Simak uraian berikut ini.

Makanan Khas Cilacap Ini Wajib Kamu Coba

1. Brekecek Pathak Jahan

brekecek pathak jahan
Brekecek Pathak Jahan

Makanan khas Cilacap yang pertama yaitu brekecek pathak jahan. Brekecek ini adalah olahan makanan yang berupa kepala ikan jahan yang diberi kuah pedas. Untuk menikmati masakan ini, yaitu dengan menyeruput isi kelapa jahan tersebut. Dengan begitu, kelezatan rasanya akan begitu terasa di lidah yang mencicipinya. Dan pasti akan bikin ketagihan untuk menyantapnya.

2. Seafood Pantai Teluk Penyu

seafood pantai teluk penyu
Seafood Teluk Penyu

Yang kedua dari makanan khas Cilacap ada seafood pantai teluk penyu. Bagi yang suka dengan masakan seafood, maka seafood pantai teluk penyu ini wajib dicoba. Aneka masakan seafood ini berupa hasil laut yang berada di pantai teluk penyu, seperti kepiting, cumi-cumi, mengkara, dan lain-lain. Dan akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan menikmati keindahan pantai teluk penyu yang merupakan ikon wisata kota Cilacap tersebut.

Baca Juga :  Daftar Kode Pos Cilacap Selatan 53211 - 53215

3. Sate Martawi

sate martawi
Sate Martawi

Keunikan dari sate martawi ini adalah memiliki tusuk sate berjumlah dua, berbeda dengan sate lainnya yang hanya memiliki tusuk berjumlah satu. Bukan hanya itu saja, irisan daging ayam yang disajikan juga memiliki ukuran yang besar. Ditambah rasa bumbu kacang yang begitu khas dengan kental dan gurihnya. Sehingga membuat sate martawi ini sangat terkenal di kota Cilacap.

4. Lanthing

lanting
Lanthing

Lanthing merupakan jenis makanan cemilan yang terbuat dari bahan singkong. Berbentuk bulatan kecil dan terdapat lubang di tengahnya. Rasanya sangat gurih dan renyah di lidah. Makanan khas Cilacap yang satu ini sangat cocok dijadikan cemilan saat bersantai sambil minum kopi atau teh bersama keluarga atau teman-teman dekat.

5. Tempe Mendoan

tempe mendoan
Tempe Mendoan

Sudah bukan rahasia umum lagi, tempe mendoan merupakan makanan khas di kota cilacap yang sangat populer. Makanan ini sangat enak disantap ketika masih panas (hangat). Berbahan dasar tempe yang dibalut dengan adonan gandum, dan digoreng setengah kering menjadikan rasa nikmat yang berbeda. Tempe mendoan ini juga cocok untuk dijadikan sebagai lauk pauk.

6. Rempeyek Yutuk

rempeyek yutuk
Rempeyek yutuk

Yutuk merupakan hewan laut yang mirip seperti kepiting berkolaborasi dengan udang. Di kota Cilacap, yutuk ini sering dimasak menjadi rempeyek yang sangat gurih rasanya. Sangat berbeda dengan remperyek pada umumnya yang berbahan dasar kacang atau kedelai. Oleh sebab itu, rempeyek khas Cilacap ini wajib kamu coba.

7. Stik Dan Keripik Sukun

stik sukun
Stik Sukun
keripik sukun
Keripik Sukun

Keripik dan stik sukun merupakan makanan khas Cilacap yang sangat terkenal. Sukun adalah jenis buah yang harus diolah terlebih dahulu agar bisa di makan. Pohon sukun ini memang sudah jarang sekali ditemukan di kota lain. Oleh sebab itu, stik dan keripik sukun ini menjadi makanan yang hanya ditemui di kota Cilacap.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bekas Cat Air Dan Cat Minyak

8. Krupuk Ikan Tengiri

krupuk ikan tengiri
Krupuk Ikan Tengiri

Krupuk ikan tenggiri adalah makanan oleh-oleh khas Cilacap yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Berbeda dengan krupuk pada umumnya, krupuk ikan tenggiri ini berbentuk bulat yang sangat gurih dan renyak saat di makan. Krupuk ini sering dijadikan cemilan, namun enak juga dijadikan lauk pauk ketika makan nasi.

9. Abon Ikan Tuna

abon ikan tuna
Abon Ikan Tuna

Bagi penikmat ikan tuna, makanan khas Cilacap yang satu ini wajib untuk dicoba. Ya, abon ikan tuna merupakan varian olahan makanan yang berbahan dasar ikan tuna yang digiling dan dikeringkan. Rasanya sangat lembut dilidah dan bikin ketagihan. Sangat cocok sekali jika disantap dengan nasi  yang masih hangat.

10. Lotek Dan Dages

lotek dan dages
Lotek Dan Dages

Makanan khas Cilacap selanjutnya ada lotek dan dages. Lotek adalah makanan yang berupa campuran dari beberapa sayuran yang telah direbus dan diberi bumbu kacang yang gurih. Makanan lotek ini sangat cocok dinikmati dengan gorengan dages, yaitu gorengan berbahan dasar ampas kedelai yang sangat gurih dan renyah. Berkunjung ke kota Cilacap ? Jangan lewatkan makanan yang satu ini, karena selain enak dan lezat, banyak sekali kandungan gizi yang terdapat pada makanan lotek ini.

Itulah beberapa makanan khas Cilacap yang wajib kamu coba. Bagi yang sedang berwisata di kota Cilacap, jangan lupa untuk mencobanya. Dan juga persiapan oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah. Selamat bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top