Home » Informasi » Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan

manfaat+tanaman+krokot+untuk+kesehatan
Manfaat Tanaman Krokot Untuk kesehatan

Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan – Sebagai tanaman yang kerap tumbuh liar bersama rerumputan, tanaman krokot sering dijadikan sebagai pakan burung peliharaan (lovebird,kenari, dll). Namun tahukah anda, jika manfaat tanaman krokot ini ternyata sangat penting untuk kesehatan manusia?

Tanaman krokot (portulaca oleracea) merupakan tanaman musiman yang hanya tumbuh setahun sekali. Krokot ini dapat tumbuh di mana saja, seperti tanah subur, tanah tandus, maupun bebatuan. Jenis tanaman krokot ini ada beberapa macam, antara lain krokot hijau, krokot putih, krokot kuning.

Semua bagian yang ada pada tanaman krokot ini ternyata memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Mulai dari bijinya yang dapat dimanfaatkan untuk minuman kesehatan. Sedangkan daun dan batangnya memiliki kandungan vitamin, mineral, dan zat antioksidan yang sangat penting untuk tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut telah dirangkum mengenai 10 manfaat tanaman krokot untuk kesehatan.

10 Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan

1. Kesehatan Jantung

Kandungan omega 3 yang dimiliki tamanan krokot ternyata dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan mengontrol keseimbangan kolesterol sehat dalam aliran darah. Selain itu, juga terbukti dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan aterosklerosis sehingga mencegah serangan jantung dan gejala stroke.

2. Menurunkan Berat Badan

Tanaman krokot ini terbukti mengandung rendah kalori, tetapi memiliki banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam seratnya. Hal tersebut berarti kita dapat merasa lebih kenyang jika mengkonsumsi tanaman krokot ini. Sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

3. Mencegah Kangker

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang dimiliki krokot ini merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah kangker tertentu di dalam tubuh. Seperti kangker mulut dan kangker paru-paru. Selain itu, dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan mutasi pada sel-sela sehat, sehingga merupakan pencegah kangker yang baik.

4. Kesehatan Mata

Vitamin A danbeta-karoten sangat berperan dengan kesehatan mata. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak dengan menghilangkan radikal bebas yang menyerang sel-sel mata dan yang dapat menyebabkan penyakit mata lainnya yang berkaitan dengan faktor usia.

5. Pembentuk Tulang Yang Kuat

Kandungan mineral yang terdapat pada tanaman krokot, seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan mangan merupakan zat yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan tulang. Sehingga elemen tersebut sangat ampuh dalam proses mempercepat penyembuhan tulang yang rusak. Selain itu, zat mineral tersebut juga dapat membantu dalam mencegah osteoporosis.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalam krokot ternyata mampu merangsang produksi sel darah merah. Kedua mineral tersebut sangat berperan dalam sirkulasi aliran darah yang dibantu oleh kandungan oksigen pada tanaman krokot.

7. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Tanaman krokot ini juga memiliki kandungan zat alami yang mampu melancarkan saluran pencernaan. Sehingga telah dipercaya dalam mengobati penyakit gastriontestinal, seperti penyakit maag, diare, wasir, disentri, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan usus.

8. Mengatasi Keputihanan

Bunga dari tanaman krokot ini juga mampu mengobati masalah keputihan pada kaum wanita. Bagi yang memiliki riwayat keputihan abnormal dan sudah mencoba berbagai macam obat namun tidak kunjung sembuh, Anda dapat mencoba dengan dengan ramuan bunga krokot ini.

9. Mencegah Hipertensi

Bunga krokot juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Dengan mengkonsumsi secara rutin, kandungan yang terkandung di bunga krokot ini mampu menstabilkan tekanan darah berlebih yang menjadi penyebab hipertensi.

10. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan pada tanaman bunga krokot ini juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Zat antioksidan tersebut mampu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas yang menjadi penyebab kulit kerimput. Sehingga dengan mengkomsumsi tanaman krokot ini dapat mencegah penuaan dini dan badan menjadi awet muda.

Itulah beberapa manfaat tanaman krokot untuk kesehatan. Semoga tanaman krokot ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan yang mujarab. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top