Home » Informasi » Syarat Dan Panduan Daftar BPJS Perorangan Via Online

Syarat Dan Panduan Daftar BPJS Perorangan Via Online

panduan daftar bpjs online
Cara Daftar BPJS Via Online

Panduan Daftar BPJS Via Online – Banyaknya warga yang berantusiasi dalam program BPJS, pemerintah telah memberikan kemudahan dalam melayani cara pendaftarannya. Yaitu pelayanan pendaftaran BPJS secara online yang tergolong lebih mudah tanpa harus pergi ke kantor BPJS terdekat.

Cara mendaftar BPJS melalui media online ini memang sangat mudah dan cepat. Kita tidak perlu repot dan harus pergi bolak-balik ke kantor BPJS untuk proses pembuatannya. Namun, jika tidak begitu paham dengan dunia internet, sebaiknya lakukan pendaftaran secara offline dengan mengunjungi kantor BPJS terdekat.

Pemerintah memang telah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan dan mengikuti program BPJS. Karena program BPJS merupakan program yang tepat dalam penjaminan kesehatan dan masalah sosial ekonomi untuk jangka panjang. Oleh sebab itu, untuk yang belum terdaftar sebagai anggota BPJS, berfikirlah sejenak untuk masa depan yang lebih baik.

Bagi yang ingin mendaftar program BPJS karena sibuk dengan pekerjaan atau urusan lainnya, kini dapat mendaftar program kesehatan tersebut secara online. Jika belum tahu caranya, silahkan baca artikel ini sampai selesai tentang panduan cara daftar BPJS online.

Syarat Dan Cara Daftar BPJS Perorangan Via Online

Sebelum mendaftarkan diri ke program BPJS kesehatan, silahkan pahami dulu apa saja syarat dan ketentuan dalam mendaftar BPJS kesehatan baik secara langsung maupun online. Dan berikut merupakan syarat dan ketentuan mendaftar BPJS kesehatan yaitu sebagai berikut :

Syarat Pendaftaran BPJS Perorangan

1. Pengguna Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan harus memiliki usia yang cukup secara hukum untuk melaksanakan kewajiban hukum yang mengikat dari setiap kewajiban apapun yang mungkin terjadi akibat penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.
2. Mengisi dan memberikan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
3. Mendaftarkan diri dan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.
4. Membayar iuran setiap bulan selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulannya.
5. Melaporkan perubahan status data peserta dan anggota keluarganya, perubahan yang dimaksud adalah perubahan fasilitas kesehatan, susunan keluarga/jumlah peserta dan anggota keluarga tambahan.
6. Menjaga identitas peserta (Kartu BPJS Kesehatan atau e ID) agar tidak rusak, hilang, atau dimanfaatkan oleh orang yang tidak berhak.
7. Melaporkan kehilangan atau kerusakan identitas peserta yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.
8. Menyetujui membayar iuran pertama paling cepat 14 hari kalender dan paling lambat 30 hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan.
9. Menyetujui pengulangan proses apabila :

  • Belum melakukan pembayaran iuran pertama sampai dengan 30 hari kalender sejak virtual account diterima, atau
  • Melakukan perubahan data setelah 14 hari kalender sejak virtual account diterima dan belum melakukan pembayaran iuran pertama.
Baca Juga :  Rumah Sakit Di Cilacap

10. Menyetujui melakukan pencetakan e-ID sebagai identitas peserta.
11. Perubahan susunan keluarga dapat dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Cara Daftar BPJS Perorangan Via Online

Dan di bawah ini adalah langkah-langkah dalam mendaftar BPJS via online. Namun, dalam mendaftar BPJS secara online tersebut disarankan menggunakan komputer agar dalam pengisian datan lebih teliti dan tidak terjadi kesalahan. Dan panduan cara daftarnya adalah sebagai berikut :

  • Masuklah ke https://www.bpjs-kesehatan.go.id
  • Kemudian bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan layanan pendaftaran peserta BPJS kesehatan yang tertera di halaman web tersebut. Setelah itu, centang kotak pada bagian bawah yang menandakan telah menyetujui semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Kemudian klik pendaftaran untuk mengisi data selanjutnya.
  • Kemudian isi semua data dan nomer KK (Kartu keluarga), serta kode captha sesuai gambar yang muncul (angka atau tulisan). Setelah itu, secara otomatis akan muncul data seluruh anggota keluarga dan langsung memilihnya sebagai peserta. Kemudian klik proses selanjutnya.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengisi data kelengkapan, seperti nomer HP, NPWP, dan kelurahan asal. Kemudian centang kotak pernyataan apabila alamat telah sesuai dengan KTP.
  • Kemudian pilihlah faskes tingkat 1 (gunakan tombol pencarian). Faskes tingkat 1 merupakan tempat rujukan awal jika perlu perawatan ke rumah sakit. Faskes ini bisa berupa puskesmas, klinik, atau pun dokter pribadi yang telah terdaftar sebagai keanggotaan BPJS kesehatan.
  • Upload foto (maksimal 50 kb), kemudian lanjutkan dengan mengisi data kelengkapan seperti daftar peserta, kelas perawatan, nomer rekening bank dan nama pemiliknya, nomer HP, dan alamat email. Kemudian klik captha untuk mengirim email dan menerima email konfirmasi pendaftaran.
  • Setelah menerima email konfirmasi, klik alamat URL untuk aktivasi dan akan mendapat nomer VA (virtual account). Nomer VA tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran iuran pertama. Setelah pembayaran dilakukan, akan menerima e-ID (identitas elektronik).
  • Download e-ID tersebut dan lakukan pencetakan kartu BPJS kesehatan di kantor BPJS terdekat.
Baca Juga :  Cara Membuat Kartu Identitas Anak Di Cilacap

Mesikupun pendaftaran BPJS secara online terlihat mudah, namun tak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam proses pendaftaran menggunakan media internet tersebut. Penyebab dari gagalnya mendaftar BPJS online tersebut biasanya dikarenakan oleh kurangnya ketelitian dalam mengisi data. Biasanya terjadi dalam pengisian nomer KTP atau KK yang notabenya merupakan urutan angka yang tidak teratur dan jumlahnya cukup banyak.

Selain itu, faktor lainn yang menyebabkan gagalnya proses konfirmasi pada pendaftaran BPJS via online yaitu adanya perbedaan antara pengisian data dengan data asli. Misalnya nama, di isi dengan Sugeng Waras, namun pada data asli bertuliskan Sugeng W. Maka dalam proses pendaftaran BPJS online tersebut tidak akan terkonfirmasi.

Jika mengalami kegagalan saat mendaftar BPJS via online, maka ulangilah proses pendaftaran dengan mengisi dan meneliti dengan seksama seluruh data yang di input. Jangan sampai keliru dalam mengisi seluruh data yang di butuhkan.

Demikianlah uraian mengenai panduan daftar BPJS perorangan via online. Semoga bisa membantu bagi yang akan mendaftar BPJS lewat online.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top