Home » Informasi » Penyebab Dan Cara Mengobati Sariawan

Penyebab Dan Cara Mengobati Sariawan

penyebab+dan+cara+mengobati sariawan
Penyebab Dan Cara Mengobati Sariawan

Penyebab Dan Cara Mengobati Sariawan – Sariawan merupakan jenis luka yang tumbuh di area mulut, seperti di bagian dalam pipi, di lidah, dan di bibir luar. Bentuknya bintik-bintik bulat dan berwarna putih kekuningan, serta terdapat warna merah dibagian tepinya akibat dari peradangan.

Secara garis besar, penyebab sariawan ini yaitu kurangnya asupan vitamin C di dalam tubuh, sehingga menyebabkan daya tahan tubub menurun dan mengakibatkan timbulnya sariawan di bagian dalam mulut.

Penyakit sariawan ini dapat diderita oleh orang dewasa maupun anak-anak. Tanda-tanda yang paling utama dari sariawan  ini yaitu adanya rasa perih ketika mengunyah makanan atau saat sedang berbicara. Sehingga penderita sariawan ini biasanya terlihat diam dan malas untuk makan.

Penyebab Munculnya Sariawan

Sariawan ini tidak langsung tumbuh dan muncul di mulut. Karena proses berkembangnya terjadi secara perlahan. Gejala awal pada sariawan ini biasanya adanya rasa panas seperti terbakar di area mulut yang akan muncul sariawan. Sehingga menimbulkan adanya rasa tidak nyaman di mulut. Tumbuhnya sariawan di mulut tentu saja ada penyebabnya. Dan penyebab utama sariawan itu yaitu jamur candida albicans. Namun dapat juga disebabkan oleh faktor lain, seperti :

  • Daya tahan tubuh melemah.
  • Kurangnya vitamin C, B 12 dan asam float / zat besi.
  • Infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
  • Perubahan hormon yang tidak stabil, seperti saat haid dan kehamilan.
  • Kebersihan mulut kurang terjaga dengan baik (merokok, makanan asam tinggi).
  • Penggunaan antibiotik dan obat-obatan dosis tinggi
  • Penggunaan kawat gigi dan gigi palsu yang ukurannya kurang pas, sehingga mengakibatkan goresan di area mulut.
  • Menderita penyakit diabetes.
Baca Juga :  Cara Membuat Kartu Identitas Anak Di Cilacap

Cara Mengobati Sariawan

Sebenarnya, sariawan ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu satu sampai dua minggu. Namun, proses penyembuhannya akan lebih cepat jika diobati. Adapun beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengobati sariawan seperti yang akan diuraikan berikut ini.

1. Mengobati Sariawan Menggunakan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat ampuh untuk mengobati sariawan. Bahan tersebut merupakan ramuan tradisional yang sering digunakan oleh orang zaman dahulu, seperti :

Larutan Air Garam

Air garam memiliki kandungan anti radang dan penutup jaringan luka yang bagus. Oleh sebab itu, larutan air garam dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan sariawan secara alami. Cara yaitu dengan berkumur menggunakan larutan air garam beberapa kali sehari. Lakukan dalam beberapa hari sampai sariawan terasa layu dan mulut menjadi nyaman kembali.

Madu

Madu merupakan bahan alami paling ampuh untuk mengobati sariawan. Karena memiliki zat anti radang yang sangat baik. Untuk caranya, cukup mengoleskan madu dibagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan sampai sekitar 3 sampai 4 hari hingga sariawan menghilang di mulut.

Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya memilik zat pereda rasa nyeri yang alami. Oleh karena itu, lidah buaya ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya yaitu dengan mengoleskan getah atau daging lidah buaya yang ditumbuk ke bagian yang terkena sariawan. Lakukan kurang lebih 3x sehari dalam beberapa hari sampai rasa nyeri pada bagian sariawan mereda.

Minyak Kelapa

Manfaat buah kelapa ternyata dapat digunakan sebagai penyembuhan sariawan. Hal ini didasari oleh kandungan minyak kelapa yang memiliki zat pencegah terjadinya peradangan. Untuk mengobati sariawan menggunakan minyak kelapa yaitu campurkan madu dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan pada area sariawan selama 3-4 hari sampai sariawan mengempis.

Baca Juga :  Cara Membuat Bintang Dari Kertas Origami

Es Batu

Es batu merupakan bahan alami yang terbukti sebagai penghilang rasa nyeri. Sehingga dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit akibat sariawan. Cara menggunakan es batu untuk penyembuhan sariawan ini cukup menempelkan es batu tersebut pada area sariawan. Lakukan sesering mungkin agar proses penyembuhan sariawan dapat lebih cepat.

2. Mengobati Sariawan Menggunakan Obat Apotik

Selain menggunakan bahan-bahan alami, mengobati sariawan juga bisa dengan menggunakan obat apotik, seperti kartikosteroid, antimikroba, dan immunosupresan. Obat ini merupakan obat paling efektif untuk mengobati sariawan. Karena dapat mengurangi peradangan dan sebagai penghilang rasa nyeri.

Obat Kartikosteroid

Obat kartikosteroid ini dapat berupa obat kumur, obat salep, dan obat di minum. Obat ini merupakan jenis obat pereda rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan. Yang termasuk jenis obat kartikosteroid ini yaitu dexamethason, triaciomonole, fluocinoide, clobetasol.

Obat Antimikroba

Obat ini merupakan jenis obat pencegah infeksi pada luka yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Contoh obat antimikroba ini yaitu tetracycline, chlorexidene gluconate, hidrogen peroksida.

Obat Immunosupresan

Obat immunosupresan merupakan obat pencegah pembentukan luka. Sehingga sangat efektif untuk mengobati sariawan parah yang tak kunjung sembuh. Dan yang termasuk obat jenis ini yaitu cochcline, clofazimine, azathioprine, dan talidomide.

Pencegahan Sariawan

Sariawan dapat menyerang kapan saja pada usia muda mau pun dewasa. Namun kita dapat mencegahnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Dan berikut merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sariawan.

  • Menjaga kebugaran tubuh agar selalu fit dengan sering berolahraga.
  • Jaga kebersihan mulut, dengan menggososk gigi secara teratur dengan sikat gigi yang halus agar tidak menimbulkan luka pada mulut.
  • Hindari makan yang memiliki keasaman yang tinggi.
  • Hindari merokok
  • Jaga pikiran dari stress dan kelelahan.
  • Banyak mngkonsumsi multiviatmin, sayuran dan buah-buahan.
  • Hindari begadang (tidur hingga larut malam).
  • Membatasi  penggunaan obat antibiotik dan obat-obatan lainnya yang memiliki efek samping mulut menjadi kering.
  • Perbanyak minum air putih.
Baca Juga :  Lagu Ibu Kita Kartini Ciptaan WR Soeparman

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengobati sariawan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top