Home » Pendidikan » Nama – Nama Bangun Datar Dan Rumusnya

Nama – Nama Bangun Datar Dan Rumusnya

nama+bangun+datar+dan+rumusnya
Nama – Nama Bangun Datar

Nama – Nama Bangun Datar Dan Rumusnya – Dalam pelajaran matematika di sekolah, pasti kita telah diajarkan tentang bangun datar. Ya, Bangun dua dimensi yang memiliki sisi lurus atau lengkung yang saling terhubung antara sisi yang satu dengan yang lainnya itulah yang dinamakan bangun datar.

Untuk mengulang kembali pelajaran mengenai bangun datar, pada kesempatan kali ini akan memberikan pembahasan mengenai nama-nama bangun datar dan rumusnya masing-masing. Sehingga, kita dapat lebih mudah mengingatnya ketika belajar sendiri di rumah. Atau bisa juga sebagai bahan pengajaran kepada adik-adik di rumah.

Bangun datar itu sendiri memiliki beberapa macam, diantaranya yaitu persegi (bujur sangkar), persegi panjang, segitiga, trapesium, layang-layang, jajar genjang, belah ketupat dan lingkaran. Dan semua bangun datar tersebut memiliki rumus yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya dalam menghitung luas dan kelilingnya.

Macam – Macam Bangun Datar Dan Rumusnya

1. Persegi (Bujur Sangkar)

Persegi adalah bagun datar yang memiliki 4 sisi yang sama panjang, sudutnya sama besar, dan garis diagonalnya berpotongan tegak lurus dengan panjang yang sama. Di bawah ini adalah gambar bangun persegi beserta rumus untuk mencari luas dan kelilingnya.

nama+bangun+datar
Persegi

Rumus Persegi :

  • Luas (L) = s x s
  • Keliling (K) = 4 x s

2. Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki sepasang sisi sama panjang dan sudutnya berbentuk siku-siku. Di bawah ini adalah gambar bangun persegi panjang dan rumusnya.

nama+bangun+datar
Persegi Panjang

Rumus Persegi Panjang :

  • Luas (L) = p x l
  • Keliling (K) = 2(p + l)
Baca Juga :  Macam - Macam Diagram Dan Gambarnya

3. Segitiga

Segitiga adalah bangun datar yang terbentuk oleh 3 titik dan 3 sisi. Segitiga ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. Bagi yang belum tahu bentuk segitiga, silahkan lihat gambar segitiga di bawah ini dengan sisi a,b,c.

nama+bangun+datar
Segitiga

Rumus Segitiga :

  • Luas (L) = 1/2 x a x t
  • Keliling (K) = a + b + c

4. Trapesium

Trapesium adalah bangun datar berbentuk segi empat yang memiliki 2 sisi sejajar, sedangkan dua sisi lainnya tidak beraturan. Bentuk trapesium yaitu seperti gambar di bawah ini.

nama+bangun+datar
Trapesium

Rumus Trapesium :

  • Luas (L) = 1/2 (a + c) x t
  • Keliling (K) = a + b + c + d

5. Layang-Layang

Layang-layang adalah bangun datar berbentuk segi empat yang salah satu garis diagonalnya memotong tegak lurus diagonal yang lainnya. Di bawah ini merupakan gambar layang-layang beserta rumus menghitung luas dan kelilingnya.

nama+bangun+datar
Layang – Layang

Rumus Layang-layang :

  • Luas (L) = 1/2 x d1 x d2
  • Keliling (K) = a + b + c + d

6. Jajar Genjang

Jajar genjang adalah bangun datar berbentuk segi empat yang memiliki dua sisi sama panjang dan sejajar. Bentuknya hampir mirip trapesium. Untuk lebih jelasnya, lihatlah bentuk bangun jajar genjang seperti gambar di bawah ini.

nama+bangun+datar
Jajar Genjang

Rumus Jajar Genjang :

  • Luas (L) = a x t
  • Keliling (K) = 2(a + b)

7. Belah Ketupat

Belah ketupat adalah bagun datar berbentuk segi empat yang kedua garis diagonalnya berpotongan tegak lurus dan semua sisinya sama panjang. Bentuknya hampir sama sengan layang-layang. Dan di bawah ini merupakan gambar bentuk bangun belah ketupat.

nama+bangun+datar
Belah Ketupat

Rumus Belah Ketupat :

  • Luas (L) = 1/2 x d1 x d2
  • Keliling (K) = 4 x s

8. Lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar yang terbentuk dari titik-titik yang mengelilingi sebuah titik pusat dengan jarak yang sama. Jarak antara titik pusat dengan titik-titik ruasnya dinamakan jari-jari. Bentuk lingkaran adalah seperti gambar di bawah ini.

nama+bangun+datar
Lingkaran

Rumus Lingkaran :

  • Luas (L) = π x r x r
  • Keliling (K) = π x d
  • π (pi) = 3,14 atau 22/7
Baca Juga :  Contoh Soal Satuan Berat Dan Jawabannya

Itulah nama-nama bangun datar dan rumusnya masing-masing untuk mencari keliling dan luasnya. Untuk lebih jelas mengenai bentuk gambar bangun ruang, silahkan lihat video di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top