Home » Susunan Tata Surya Dan Planet-Planetnya

Susunan Tata Surya Dan Planet-Planetnya

susunan+tata+surya
Susunan Tata Surya

Susunan Tata Surya Dan Planet-Planetnya – Tata surya merupakan kumpulan benda langit yang membentuk sebuah sistem di ruang angkasa. Benda langit yang merupakan anggota tata surya yaitu matahari, planet, dan satelit alam. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja susunan tata surya dan planet-planetnya.

Benda-benda langit yang menjadi anggota tata surya akan bergerak mengelilingi pusatnya. Pusat tata surya adalah matahari. Seluruh benda langit, seperti planet dan satelit alam berputar mengelilingi matahari sesuai orbitnya masing-masing.

Dalam sistem tata surya, terdapat 8 planet yang mengelilingi matahari. Planet-planet tersebut yaitu merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. Dulu, ada 9 planet dalam tata surya. Namun, sekarang tinggal 8 planet saja. Hal itu disebabkan oleh planet pluto yang memiliki orbit tidak beraturan dan telah dihapus dari susunan tata surya.

Susunan Tata Surya Dan Planet-Planetnya

Secara garis besar, susunan tata surya terdiri dari matahari sebagai pusatnya, serta planet-planet yang mengelilinginya.

A. Matahari Adalah Pusat Tata Surya

Matahari merupakan bintang terbesar dalam tata surya yang merupakan pusat dari seluruh benda langit yang mengelilinginya. Matahari terbentuk dari unsur helium dan hidrogen. Diameternya diperkirakan mencapai 1.400.000 km atau 110 kali lipat bumi. Suhu panas di permuakaan matahari ini mencapai 6000 °C, sedangkan pada intinya diperkirakan mencapai 15 juta °C.

B. Urutan Planet Terdekat Dari Matahari

Planet merupakan benda langit yang berukuran besar dan mempunyai masa yang cukup untuk menahan gaya gravitasinya. Dalam sistem tata surya, setiap planet mengorbit matahari dan memiliki lintasan yang teratur. Berikut merupakan nama-nama urutan planet dalam tata surya dimulai dari yang terdekat dengan matahari.

1. Planet Merkurius

planet+merkurius
Planet Merkurius

Merkurius adalah planet pertama di tatat surya dan paling dekat dengan matahari. Suhunya berkisar antara -170 °C hingga 430 °C. Jarak dengan matahari diperkirakan sekitar 48 juta km. Sedangkan diameternya sekitar 49.000 km. Planet merkurius tidak memiliki satelit alam. Untuk melakukan rrevolusi, planet merkurius membutuhkan waktu 88 hari. Sedangkan untuk berotasi sekitar 59 hari.

Baca Lainnya :   Pengertian Energi Dan Contoh Perubahan Energi

2. Planet Venus

planet+venus
Planet Venus

Venus merupakan planet kedua dalam susunan tat surya. Planet venus merupakan planet terpanas di tata surya. Planet ini berjarak sekitar 108 juta km dari matahari dan memiliki diameter sekitar 120.100 km (0,8 kali masa bumi). Suhunya berkisar antara 450 °C sampai 480 °C. Untuk berevolusi, planet venus ini harus menempuh waktu sekitar 225 hari. Planet ini juga tidak memiliki satelit alam seperti halnya planet merkurius. Yang unik dari planet venus ini yaitu matahari terbit dari sebelah barat.

3. Bumi

sistem+tata+surya+planet+bumi
Bumi

Planet bumi ini berada diurutan ketiga susunan tata surya dan merupakan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan.  Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km dan memiliki diameter sekitar 12.750 km.Untuk melakukan revolusi, bumi membutuhkan waktu sekitar 365 hari. Sedangkan untuk berotasi hanya membutuhkan waktu 24 jam. Bumi memiliki satu satelit alam yang bernama bulan.

4. Planet Mars

planet+mars
Planet Mars

Planet keempat dalam susunan tata surya yaitu planet mars. Planet ini berjarak sekitar 228 juta km dari matahari dan memiliki diameter sekitar 6.795 km.masa revolusi planet mars ini sekitar 687 hari dan lama rotasinya diperkirakan sekitar 24 jam. Untuk suhu permukaan planet mars ini yaitu -230 °C. Planet mars ini memiliki dua buah satelit alam, yaitu phobos dan deimos.

5. Planet Jupiter

planet+jupiter
Planet Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Planet ini memiliki diameter sekitar 143.000 km dan berjarak 778 juta km dari matahari. Untuk berevolusi, planet jupiter ini membutuhkan waktu sekitar 12 tahun. Sedangkan untuk melakukan rotasi sangat cepat sekitar 10 jam. Planet jupiter ini memiliki 67 satelit alam yang membentuk lingkaran cincin jika terlihat dari kejauhan. Diantaranya yaitu Lo, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Baca Lainnya :   Langkah-Langkah Cara Membuat Gambar Dekoratif

6. Planet Saturnus

planet+saturnus
Planet Saturnus

Diurutan ke enam ada planet saturnus. Planet ini berjarak 1.426 juta km dari matahari dan memiliki diameter 120.000 km. Untuk berevolusi, planet ini membutuhkan waktu selama 30 tahun dan melakukan rotasi sekitar 10 jam. Planet ini juga memiliki cincin yang terdiri dari satelit alam, gas, butiran es. Satelit alam yang dimiliki planet saturnus ini berjumlah 59 buah, diantaranya yaitu mimas, enceladus, tethys, dione, lapetus, rhea, dan titan.

7. Planet Uranus

planet+uranus
Planet Uranus

Uranus merupakan yang berada diposisi ke tujuh dalam urutan tata surya. Planet ini berjarak sekitar 2.869 jutakm dari matahari dan memiliki diameter sekitar 497.000 km. Planet ini berevolusi sekitar 84 tahun dan berotasi selama 11 jam. Dan memiliki satelit alam sebanyak 27 buah, diantaranya yaitu ariel, miranda, umbriel, obreon, dan titania. Uranus merupakan planet terdingin dalam tata surya.

8. Planet Neptunus

planet+neptunus
Planet Neptunus

Neptunus adalah planet terjauh dari matahari. Planet ini berjarak sekitar 4.493 juta km dan memiliki diameter sekitar 53.000 km. Untuk melakukan revolusi, planet neptunus ini membutuhkan waktu sekitar 164 tahun dan berotasi selama 15 jam. Planet ini memiliki dua buah satelit alam, yaitu triton dan nereid.

Demikanlah pembahasan mengenai susunan tata surya dan planet-planetnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top