Home » Pendidikan » Susunan Tata Surya Lengkap Beserta Gambarnya

Susunan Tata Surya Lengkap Beserta Penjelasannya

gambar+susunan+tata+surya
Gambar Susunan Tata Surya

Susunan Tata Surya Lengkap Beserta Gambar Dan Penjelasannya – Pengertian tata surya adalah kumpulan benda-benda langit yang membentuk sebuah sistem di ruang angkasa. Susunan tata surya terdiri atas matahari sebagai pusat tata surya, planet-planet, satelit alam, komet, meteor, dan benda-benda langit lainnya yang mengelilinginya.

Benda-benda langit yang termasuk dalam susunan tata surya memiliki sebuah lintasan orbit yang berbentuk elips (oval). Untuk melakukan 1 kali putaran orbit (revolusi), setiap benda langit yang termasuk dalam tata surya memiliki waktu revolusi yang berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan jarak pada susunan tata surya dengan pusatnya.

Seiring berjalannya waktu, ternyata susunan tata surya telah mengalami perubahan. Dulu dikenal ada 9 buah planet yang mengitari matahari. Namun, sekarang tinggal 8 planet yang mengorbit dalam tata surya. Karena, berdasarkan penelitian terbaru, planet yang bernama pluto ini memiliki orbit yang tidak beraturan. Sehingga, telah dihapus dari susunan tata surya.

Berikut ini merupakan susunan tata surya terbaru, yang kaan dijelaskan secara lengkap beserta gambarnya dan telah disepakati oleh para ahli astronomi sebagai ilmu pengetahuan tentang sistem tata surya yang berada pada gugusan bintang galaksi bima sakti.

Susunan Sistem Tata Surya Dan Planet-Planetnya

A. Pusat Tata Surya

Pusat tata surya adalah matahari. Benda langit ini merupakan bintang terbesar dalam tata surya yang merupakan pusat dari seluruh revolusi benda langit yang mengelilinginya. Matahari terbentuk dari unsur helium dan hidrogen. Diameternya diperkirakan mencapai 1.400.000 km atau 110 kali lipat bumi. Suhu panas di permuakaan matahari ini mencapai 6000 °C, sedangkan pada intinya diperkirakan mencapai 15 juta °C.

B. Planet-Planet Tata Surya

Planet merupakan benda langit yang berukuran besar dan mempunyai masa yang cukup untuk menahan gaya grafitasinya. Pada susunan tata surya, planet ini mengorbit ke matahari dan memiliki orbit yang teratur karena telah menyingkirkan benda-benda langit lainnya dalam peredarannya. Dan berikut adalah urutan planet-planet dalam tata surya.

  • 1. Planet Merkurius
planet+merkurius
Planet Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Suhunya berkisar antara -170 °C hingga 430 °C. Jarak dengan matahari diperkirakan sekitar 48 juta km. Sedangkan diameternya sekitar 49.000 km. Planet merkurius ini tidak memiliki satelit alam. untuk berevolusi, planet merkurius membutuhkan waktu 88 hari. Sedangkan untuk berotasi sekitar 59 hari.

  • 2. Planet Venus
planet+venus
Planet Venus

Venus merupakan planet kedua dalam susunan tat surya. Planet ini berjarak sekitar 108 juta km dari matahari dan memiliki diameter sekitar 120.100 km (0,8 kali masa bumi). Suhunya berkisar antara 450 °C sampai 480 °C. Untuk berevolusi, planet venus ini harus menempuh waktu sekitar 225 hari. Planet ini juga tidak memiliki satelit alam seperti halnya planet merkurius. Yang unik dari planet venus ini yaitu matahari terbit dari sebelah barat.

  • 3. Planet Bumi
sistem+tata+surya+planet+bumi
Bumi

Planet bumi ini berada diurutan ketiga susunan tata surya dan merupakan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan.  Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km dan memiliki diameter sekitar 12.750 km.Untuk melakukan revolusi, bumi membutuhkan waktu sekitar 365 hari. Sedangkan untuk berotasi hanya membutuhkan waktu 24 jam. Bumi memiliki satu satelit alam yang bernama bulan.

  • 4. Planet Mars
planet+mars
Planet Mars

Planet keempat dalam susunan tata surya yaitu planet mars. Planet ini berjarak sekitar 228 juta km dari matahari dan memiliki diameter sekitar 6.795 km.masa revolusi planet mars ini sekitar 687 hari dan lama rotasinya diperkirakan sekitar 24 jam. Untuk suhu permukaan planet mars ini yaitu -230 °C. Planet mars ini memiliki dua buah satelit alam, yaitu phobos dan deimos.

  • 5. Planet Jupiter
planet+jupiter
Planet Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar dalam susunan tata surya. Planet ini memiliki diameter sekitar 143.000 km dan berjarak 778 juta km dari matahari. Untuk berevolusi, planet jupiter ini membutuhkan waktu sekitar 12 tahun. Sedangkan untuk melakukan rotasi sangat cepat sekitar 10 jam. Planet jupiter ini memiliki 67 satelit alam yang membentuk lingkaran cincin jika terlihat dari kejauhan. Diantaranya yaitu Lo, Europa, Ganymede, dan Callisto.

  • 6. Planet Saturnus
planet+saturnus
Planet Saturnus

Diurutan ke enam ada planet saturnus. Planet ini berjarak 1.426 juta km dari matahari dan memiliki diameter 120.000 km. Untuk berevolusi, planet ini membutuhkan waktu selama 30 tahun dan melakukan rotasi sekitar 10 jam. Planet ini juga memiliki cincin yang terdiri dari satelit alam, gas, butiran es. Satelit alam yang dimiliki planet saturnus ini berjumlah 59 buah, diantaranya yaitu mimas, enceladus, tethys, dione, lapetus, rhea, dan titan.

  • 7. Planet Uranus
planet+uranus
Planet Uranus

Uranus merupakan planet yang berada diposisi ke tujuh urutan tata surya. Planet ini berjarak sekitar 2.869 jutakm dari matahari dan memiliki diameter sekitar 497.000 km. Planet ini berevolusi sekitar 84 tahun dan berotasi selama 11 jam. Dan memiliki satelit alam sebanyak 27 buah, diantaranya yaitu ariel, miranda, umbriel, obreon, dan titania.

  • 8. Planet Neptunus
planet+neptunus
Planet Neptunus

Dan yang terakhir adalah planet neptunus. Planet ini berjarak sekitar 4.493 juta km dan memiliki diameter sekitar 53.000 km. Untuk melakukan revolusi, planet neptunus inimembutuhkan waktu sekitar 164 tahun dan berotasi selama 15 jam. Planet inimemiliki dua buah satelit alam, yaitu triton dan nereid.

Demikanlah pembahasan mengenai susunan tata surya lengkap berserta gambar dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top