Home » Pendidikan » Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah

cara+menggambar+pemandangan
Cara Menggambar Pemandangan

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah – Pemandangan alam memang merupakan salah satu obyek yang indah untuk digambar. Dan caranya pun sangat mudah. Selain itu, peralatan yang digunakan untuk menggambar juga tidak harus mahal dan mewah, karena dengan alat sederhana pun dapat membuat gambar pemandangan yang bagus.

Belajar cara menggambar memang telah diberikan sejak sekolah di TK. Dan ketika itu, gambar pemandangan lah yang paling mudah dilukis. Karena tidak perlu imajinasi yang tinggi. Selain itu, ada banyak referensi obyeknya. Seperti pemandangan gunung, pemandangan pantai, pemandangan air terjun, sawah pedesaan, dan rumah beserta taman bunga yang indah.

Untuk dapat menggambar pemandangan alam yang indah, hal utama yang harus dimiliki adalah bakat melukis. Selain itu, kita juga perlu menguasai tehnik-tehnik dasar menggambar. Seperti cara membuat sketsa atau cara mewarnai gambar yang benar.

Dan berikut merupakan langkah demi langkah cara menggambar pemandangan alam yang perlu diterapkan agar menghasilkan lukisan yang bagus dan indah.

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah

Sebelum memulai menggambar pemandangan alam, sediakan peralatan gambar yang diperlukan, seperti pensil, kertas gambar (buku gambar), penghapus, dan pewarna (crayon, spidol, atau cat air). Dan berikut langkah-langkahnya :

1. Menentukan Obyek Pemandangan Alam

cara+menggambar+pemandangan
Menentukan Obyek Pemandangan

Obyek pemandangan alam memiliki banyak cakupan yang sangat luas. Seperti pemandangan gunung, pemandangan pantai, pemandangan air terjun, atau pemandangan rumah sekitar kita.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan obyek hewan untuk mempercantik suasana. Misalnya hutan dengan burung, pemandangan bawah laut dan habitatnya, atau taman bunga yang dikelilingi kupu-kupu berterbangan.

Dalam menentukan obyek gambar, sebaiknya memilih yang sederhana dan mudah digambar. Tetapi, suasana yang indah pun jangan sampai ketinggalan agar hasilnya bagus.

2. Membuat Sketsa Gambar

cara+menggambar+pemandangan
Membuat Sketsa Gambar

Sketsa merupakan goresan halus yang dilakukan dengan pensil untuk memulai menggambar. Kita dapat menggambar bagian-bagian utama yang akan menjadi dasar tema gambar terlebih dahulu.

Misalnya kita akan menggambar pemandangan alam gunung dengan air terjun. Maka mulailah dengan membuat bentuk gunung dan air terjun secara tipis-tipis. Setelah itu, barulah menambahkan pohon atau sawah untuk memperindah suasana.

3. Memperjelas Bentuk Setiap Obyek Gambar

cara+menggambar+pemandangan
Memperjelas Obyek Gambar

Setelah sketsa membuat sketsa, langkah selanjutnya yaitu meperjelas setiap obyek dengan menebalkan dan membentuk dengan sempurna. Penebalan ini dapat menggunakan pensil atau spidol warna hitam.

Dengan menebalkan setiap obyek, maka akan terlihat gambar asli yang menjadi tujuan utama penggambaran. Sehingga, akan nampak gambar yang sesungguhnya.

4. Menghapus Sketsa Yang Tidak Diperlukan

cara+menggambar+pemandangan
Menghapus Sketsa Yang Tidak Perlu

Ketika langkah menebalknan gambar telah selesai, pasti akan terlihat garis-garis bekas sketsa yang sangat mengganggu pandangan mata. Oleh sebab itu, pada langkah selanjutnya yaitu menghapus garis bekas gambar sketsa tersebut dengan penghapus.

Dengan begitu, hasil lukisan pun sudah mulai tampak. Namun, jika ada bagian yang masih terlihat kurang bagus, kita dapat menambahkan beberapa obyek lain seperti awan, matahari, atau rumput-rumput agar lukisan semakin indah.

5. Mewarnai Gambar

cara+menggambar+pemandangan
Mewarnai Gambar

Untuk mewarnai lukisan, kita bisa menggunakan spidol, crayon, atau cat air. Pilihlah yang sesuai dengan keinginan yang kita harapkan. Dengan begitu, maka mewarnai akan menjadi hal mudah untuk dilakukan.

Dalam mewarnai gambar pemandangan alam, sebaiknya gunakan warna yang sesuai dengan warna aslinya. Misalnya langit berwarna biru, daun berwarna hijau, dan air berwarna biru muda. Sehingga akan terlihat seperti gambar pemandangan asli sesuai obyek yang ditiru.

Selain itu, kita juga dapat menerapkan warna gradiasi (warna tebal dan tipis) pada gambar agar hasil lukisan tampak hidup dan semakin indah.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggambar pemandangan yang indah. Sebagai referensi untuk menggambar sebuah pemandangan, berikut akan disajikan beberapa gambar pemandangan alam yang indah dan mudah untuk digambar.

Gambar Pemandangan Alam Yang Indah Dan Mudah Digambar

1. Sketsa Gambar Pemandangan Alam

cara+menggambar+pemandangan
Sketsa Gambar Pemandangan Alam

2. Gambar Pemandangan Sawah Dan Pedesaan

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Sawah Dan Pedesaan

3. Gambar Pemandangan Alam Gunung

cara+menggambar+pemandangan
Gamabr Pemandangan Alam Gunung

4. Gambar Pemandangan Alam Pantai

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Alam Pantai

5. Gambar Pemandangan Air Terjun

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Air Terjun

6. Gambar Pemandangan Alam Hutan

cara+menggambar+pemandangan
Gamabr Pemandangan Alam Hutan

7. Gambar Pemandangan Rumah dan Taman Bunga

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Taman Bunga

8. Gambar Pemandangan Alam Anak SD

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Rumah Dan Sungai

9. Gambar Pemandangan Alam Danau Yang Indah

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Alam Danau

10. Gambar Pemandangan Alam Pedesaan dan Sungai

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Alam Pedesaan

11. Gambar Pemandangan Alam Anak TK

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Anak TK

12. Gambar Pemandangan Alam Pegunungan dan Air Terjun

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Air Terjun

13. Gambar Pemandangan Yang Sederhana

cara+menggambar+pemandangan
Gambar Pemandangan Alam Sederhana

Itulah beberapa contoh gambar pemandangan alam dan cara menggambar pemandangan yang indah dan mudah digambar. Silahkan share jika bemanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top