Home » Blog » Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger

cara+membuat+blog+di+blogger
Cara Membuat Blog Di Blogger

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger – Blog merupakan sebuah tempat di mana kita bisa menuangkan inspirasi dan ekspresi melalui media tulisan. Salah satu tempat populer yang dapat digunakan untuk membuat blog yaitu blogger.com. Nah, bagi yang ingin membuat blog gratis tanpa biaya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai cara membuat blog gratis di blogger.

Ada banyak sekali manfaat dari membuat blog, misalnya untuk kepentingan pribadi, seperti untuk membagikan pengetahuan yang kita miliki agar dapat dinikmati oleh orang lain. Selain itu, membuat blog juga dapat menghasilkan uang.

Nah, sebelum memulai membuat blog di blogger, sebaiknya kita ketahui dulu apa itu blogger dan apa saja fitur dan layanan yang tersedia.

Apa itu Blogger?

Blogger merupakan sebuah platform yang memberikan akses secara gratis untuk membuat blog. Platform ini diberdayakan oleh google. Sehingga, jika dilihat dari segi keamanan sudah pasti terjamin dengan baik.

Selain aman, blogger juga dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis. Hanya bermodal akun google (gmail), setiap orang dapat masuk dan mendaftar untuk membuat blog tanpa biaya sepeser pun.

Sangat berbeda jika membuat blog di wordPress. Jika tidak memiliki biaya yang cukup untuk menyewa hosting, maka akses akan dibatasi dalam penggunaan fitur-fiturnya. Untuk itu, jika masih tahap pemula dalam pembuatan blog, maka sangat disarankan untuk membuat blog di blogger.

Meskipun gratis, namun blogger memiliki banyak fitur yang sangat mudah untuk dipahami. Sehingga, banyak yang memilih platform blogger untuk belajar dan memulai membangun sebuah blog.

Langkah-Langkah Membuat Blog Di Blogger

Cara membuat blog di blogger caranya sangat mudah. Kita tidak harus menggunakan komputer, karena membuat blog di hp smartphone berbasis android pun sangat bisa. Nah, berikut merupakan langkah-langkah cara membuat blog gratis di blogger bagi pemula yang belum tahu caranya. Silahkan disimak dengan baik ya.

  • Siapkan akun Gmail. Kenapa harus Gmail? Karena blogger ini adalah milik google. Jadi untuk mengaksesnya kita harus menggunakan akun google mail (Gmail). Jika belum punya, silahkan buat akun google terlebih dahulu. Untuk caranya silahkan cari di google, banyak sekali artikel yang membahas tentang cara membuat akun gmail.
  • Setelah berhasil membuat akun Gmail, kemudian masuk ke Blogger.com dengan memasukan alamat email dan password.
  • Masukan nama profil yang akan digunakan di profil blogger. Kemudian, klik buat blog.
  • Setelah berhasil masuk ke blogger. Pilih buat blog baru.
  • Kemudian, isilah poin-poin seperti judul blog, alamat url blog dan memiliki template blog.
  • Selesai, blog telah selesai dibuat. Untuk melihat tampilan blog, klik lihat blog yang ada di menu dashboard blogger pada kiri bawah. Maka akan muncul pada tab baru yang berisi blog yang telah dibuat.
Baca Lainnya:   Cara Memperoleh Uang Dari Blog Dengan Mudah

Setelah langkha ini selesai, maka kalian telah memiliki sebuah blog yang siap untuk dikelola. Lalu bagaimana cara mengelolanya? Salah satunya yaitu dengan menulis artikel unik dan menarik sesuai yang ingin kalian publikasikan.

Cara Menulis Artikel Blog Di Blogger

Setelah berhasil membuat blog di blogger, pasti akan bingung harus memulai dari mana untuk menulis artikel. Nah, berikut merupakan langkah-langkah cara menulis artikel blog di blogger untuk pemula.

  • Pilih menu postingan baru.
  • Tulis judul artikel di kolom judul yang terletak paling atas.
  • Di bawah judul terdapat menu-menu yang dapat digunakan untuk mengedit artikel, misalnya mengubah font, ukuran font, warna font, menambahkan gambar atau video, dan lain sebagainya. Silahkan klik salah satu menunya untuk mencoba satu per satu fungsinya.
  • Untuk menulis artikel, mulailah dilembar kosong yang tersedia di bawah judul.
  • Setelah selasai menulis artikel, kalian bisa memberikan label, mengatur jadwal publikasi, mengedit permalink dan menambahkan deskripsi pada menu yang ada di sebelah kanan lembar artikel.
  • Setelah selesai menulis dan mengatur semua pengaturan, sebaiknya pratinjau dulu dengan mengklik tombol pratinjau yang ada di sebelah kanan kolom judul untuk melihat artikel yang selesai dibuat.
  • Jika artikel sudah siap untuk dipublikasikan, maka tekan tombol publikasikan untuk mempublikasikan artikel.

Tips Menulis Blog Untuk Pemula

Jika masih bingung dalam menulis artikel, sebaiknya simak tips berikut ini agar mendapatkan artikel yang unik dan menarik.

  • Kuasai topik pembahasan.
  • Buatlah judul yang unik dan membuat pembaca merasa penasaran dengan isi artikelnya.
  • Uraikan pembahasan tema secara informatif dan mendetail, misalnya dengan menguraikan penyebab masalah, cara mengatasi masalah, dan bagaimana menghindari masalah tersebut. Serta memberi kesimpulan yang baik mengenai pembahasan tersebut.
  • Sertakan gambar pendukung yang berhubungan dengan pembahasan isi artikel, hal ini untuk memudahkan pembaca dalam menyerap inti dari artikel. Sertakan juga video pendukung jika memungkinkan.
  • Pakailah bahasa yang relevan, enak dibaca dan mudah dipahami oleh banyak orang.
  • Gunakan paragraf dan tanda baca yang benar untuk memisahkan setiap pembahasan artikel.
  • Bisa menggunakan huruf tebal, miring, dan garis bawah untuk menekankan inti pembahasan.
  • Setelah menguasai langkah demi langkah dalam membuat artikel blog, buatlah artikel sesuai kemampuan kita.
  • Setelah selesai menulis artikel, periksalah terlebih dahulu sebelum mempostingnya. Perbaiki kesalahan ejaan atau tanda baca hingga benar-benar menjadi artikel yang menarik.
Baca Lainnya:   Cara Menentukan Tema Blog Untuk Pemula

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat blog gratis di blogger untuk pemula dan beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menulis artikel yang unik dan menarik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top