Home » Blog » Cara Submit Artikel Ke Google Webmaster

Cara Submit Artikel Ke Google Webmaster

cara+submit+artikel+ke+google+webmaster
Menambahkan Domain Ke Webmastertool

Cara Submit Artikel Ke Google Webmaster – Setelah selesai membuat artikel dan mempublishnya, pasti kita ingin artikel tersebut cepat terindek di pencarian google. Dan salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan cara submit url artikel ke google search console (google webmaster tool).

Webmastertools atau google search console merupakan fitur google berupa serangkaian laporan data yang berfungsi sebagai alat untuk merayapi (crawl) situs yang telah didaftarkan dan terverifikasi. Selain itu, webmastertools juga dapat digunakan pengukur performa situs dan memperbaiki masalah-masalah yang muncul pada situs seperti grafik pengindekan dan kecepatan situs.

Meskipun tidak begitu disarankan dalam melakukan submite artikel, namun hal ini sangat berpengaruh terhadap cepat lambatnya google bot dalam melakukan perayapan. Dengan mendaftarkan artikel ke webmaster, berarti memberikan signal kepada google bahwa artikel telah siap ditampilkan di halaman mesin pencari.

Sebelum google webmastertools mengupdate fitur performanya, submit url dapat dilakukan dengan cara fetch as google. Namun, dengan hadirnya webmastertools terbaru, kini lebih mudah dan praktis dalam melakukan submite ke google indexing. Dan berikut merupakan langkah-langkah dalam melakukan submit artikel ke webmaster tool terbaru.

Cara Submit Artikel Ke Google Webmaster Tool Terbaru

Sebelum melakukan submit url ke google webmaster tool, pastikan situs kita telah terdaftar dan terverivikasi di google search console. Tetapi, jika belum terdaftar, silahkan ikuti panduan di bawah ini untuk melakukan verikisai situs.

Cara Mendaftarkan Situs Ke Google Webmaster

1. Masuklah ke google search console
2. Kemudian klik mulai sekarang. Setelah itu, masuklah dengan menggunakan akun Gmail.
3. Setelah berhasil masuk ke google search console, akan dihadapkan dengan dua pilihan jenis properti. Yaitu properti domain dan properti awalan url. Pilihlah properti awalan url, karena akan lebih mudah dalam melakukan metode verifikasi.

cara+submit+artikel+ke+google+webmaster

4. Setelah mengisi alamat situs yang akan didaftarkan, klik terus.
5. Kemudian kita akan disuruh untuk memilih metode verifikasi. Pilihlah verifikasi kepemilikan metode tag html.
6. Setelah itu akan muncul kode verifikasi. Pasanglah kode verifikasi tersebut di blog dengan cara copt paste. Yaitu dengan masuk ke menu dashboard blog⇒ tema⇒ edit html. Kemudian masukan kode verifikasi tersebut di bawah <head>. Kemudian klik simpan.

cara+submit+artikel+ke+google+webmaster

7. Setelah berhasil disimpan di situs, kemudian kembali lagi ke google search console dan klik verifikasi. Selesai, kini situs telah terverifikasi di google search console.

Baca Juga :  Cara Memperoleh Uang Dari Blog Dengan Mudah

Setelah selesai mendaftarkan situs, barulah dapat melakukan submit url artikel ke google webmaster. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pengindekan yang dilakukan oleh googlebot. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Inspeksi URL Artikel Ke Google Webmaster

1. Masukalah ke google search console, kemudian klik menu atau tanda garis tiga yang berada di pojok kiri atas. Kemudian pilih inspeksi url.

cara+submit+artikel+ke+google+webmaster

2. Kemudian masukan url artikel yang telah dipublikasikan. Untuk melihat url yang telah dipublikasikan, masuklah ke menu dasbor blog ⇒ postingan ⇒ lihat.
3.Copy link artikel tersebut dan tempelkan pada kolom inspeksi url, kemudian tekan enter. Tunggulah beberapa saat, sampai proses pengindekan selesai.

Kemudian, agar artikel mudah untuk dirayapi, sebaiknya lakukan juga submit peta situs (sitemap) di webmastertool. Untuk melakukan submit peta situs di google search console, caranya adalah sebagai berikut.

Cara Submit Peta Situs Ke Google Webmaster

Submit peta situ ke webmastertools bertujuan untuk mempermudah googlebot merayapi seluruh halaman yang ada di situ. Selain itu, googlebot akan segera mengetahui apakah terdapat kesalahan atau tidak di situs kita.

cara+submit+artikel+ke+google+webmaster

1. Masukalah ke google search console, kemudian klik menu atau tanda garis tiga yang berada di pojok kiri atas. Kemudian pilih peta situs.
2. Masukan sitemap.xml pada kolom yang tersedia dan klik kirim. Selesai, kini peta situs telah dikirim di google webmaster tool.

Demikianlah uraian mengenai cara submit artikel ke google webmaster. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top