Home » 9 Mesin Pencari Selain Google Dan Penjelasannya

9 Mesin Pencari Selain Google Dan Penjelasannya

mesin+pencari+selain+google
Mesin Pencari Selain Google

Mesin Pencari Selain Google – Perlu diketahui, bahwa mesin pencari internet terbaik saat ini adalah google (google search engine). Namun, bukan berarti google merupakan satu-satunya yang ada di dunia internet. Karena ada beberapa mesin pencari selain google yang juga dapat digunakan untuk browsing. Berikut kaan diberikan informasi tentang 9 mesin pencari yang sering digunakan selain google.

Mesin pencari merupakan sebuah program yang dibuat khusus untuk melakukan pencarian data-data di internet. Data tersebut merupakan kumpulan dari berjuta-juta situs atau web yang tersimpan di dalamnya. Sehingga, dengan adanya mesin pencarian, sangat memudakan kita dalam menjelajahi dunia internet yang begitu luas tanpa batas.

Sebagai pengetahuan, berikut kaan diberikan informasi mengenai 9 mesin pencari yang dapat digunakan untuk browsing selain google dan penjelasannya masing-masing.

9 Mesin Pencari Selain Google Dan Penjelasannya

Diantara mesin pencarian selain google adalah sebagai berikut:

1. Bing

bing
Bing

Bing merupakan mesin pencari terbaik selain google yang menempati urutan kedua di negara Amerika. Dan perlu diketahui, Bing merupakan mesin pencari buatan microsoft yang merupakan jelmaan dari windows live search, MSN search, dan live search.

Meskipun tak sebesar google, namun bing ini juga memiliki fitur-fitur unggulan, seperti bing finance, bing events, dan bing ads. Selain itu, bing juga memiliki kemampuan sebagai terjemah bahasa, kalkulator, konversi mata uang, marketplace, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Lainnya :   Bajaj Alat Trasportasi Baru Di Kota Cilacap

2. Yahoo! Search

yahoo+search
Yahoo! Search

Yahoo merupakan mesin pencari pesaing google terkuat. Di tambah lagi sekarang telah menjalin kerjasama dengan bing. Sehingga dapat menampilkan data hasil pencarian di mesin pencari bing. Meskipun sempat populer sebagai mesin pencari terbaik kedua di dunia, namun kejayaannya telah hilang oleh google yang merupakan mesin pencari internet terbaik saat ini.

3. Yandex

yandex
Yandex

Yandex merupakan mesin pencarian terbaik yang ada dirutan ke empat dunia. Mesin pencari ini diluncurkan pada tahun 2000 oleh perusahaan yang berasal dari negara Rusia. Fitur yang disediakan oleh yandex juga hampir sama seperti mesin pencari lainnya, seperi penterjemah bahasa, pencarian gambar, video, peta, dan lain sebagainya.

4. DuckDuckGo

duckduckgo
DuckDuckGo

Meskipun masih terdengar cukup asing, DuckDuckGo merupakan mesin pencari yang saat ini sedang melaju perkembangannya di internet. Salah satu hal yang menjadi keutamaan dari DuckDuckGo adalah melindungi privasi pengguna. Sehingga setiap data yang ditampilkan dari mesin pencari lain seperti bing, yandex dan mesin pencari yang lainnya akan ditampilkan secara pribadi oleh penggunanya.

5. Ecosia

ecosia
Ecosia

Ecosia merupakan mesin pencari selain google yang dikabarkan paling ramah lingkungan dengan tampilan pohon-pohon kartun di tampilannya. Program ciptaan Armchair ini memberanikan diri sebagai penantang dan pesaing google dengan memberikan alogaritma yang hampir sama seperti bing dan yahoo.

6. Starpage

starpage
Starpage

Starpage merupakan sebuah mesin pencari yang memberikan keleluasaan penelusuran kepada penggunanya. Stargape ini akan menampilkan hasil penelusuran tanpa adanya sistem pemblokiran. Sehingga memungkinkan penggunanya berselancar bebas di dunia internet.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Mikroskop Dan Fungsinya

7. Dogpile

dogpile
Dogpile

Dogpile merupakan mesin pencari yang menyajikan hasil pencarian dari mesin pencari yang berbeda seperti google, yahoo, dan yandex. Sehingga hasil pencarian dari dogpile ini akan menampilkan ragam dari mesin pencarian lainnya.

8. Ixquick

Layaknya DuckDuckGo, Ixquick juga dikabarkan mementingkan privasi bagi penggunanya. Pengguna dapat mengatur preferensi penelusuran, namun akan dihapus secacra otomatis dalam jangka waktu 90 hari setelah melakukan pencarian. Namun sekarang telah mengubah namanya menjadi Starpage.

9. Disconnect Search

disconnect+search
Disconnect Search

Keunggulan dari Disconnect Seacrh yaitu sebuah mesin pencari tanpa pelacakan seperti fitur yang diberikan oleh mesin pencari Starpage. Sehingga pengguna dapat mengakses situs atau web tertentu sesuai keinginan. Disconnect Search ini memiliki dua versi, yaitu gratis dan premium. Versi premium ini berbayar namun memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap.

Demikianlah informasi mengenai 9 mesin pencari selain google dan penjelasannya masing-masing. Meskipun masih ada banyak lagi yang tidak disebutkan, namun itulah mesin pencari yang sering digunakan untuk penelusuran di internet. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top