Home » Pendidikan » Macam – Macam Sudut Dan Gambarnya

Macam – Macam Sudut Dan Gambarnya

macam+macam+sudut
Macam – Macam Sudut

Macam – Macam Sudut Dan Gambarnya – Sudut adalah bentuk suatu daerah yang dihasilkan oleh dua garis dengan arah yang menyebar dari sebuah titik pangkal (vertex). Satuan besaran sudut adalah derajat, dan jumlah terbesar dari suatu sudut yaitu 360°. Sudut ada bermacam-macam jenis, hal tersebut didasari oleh besarnya nilai satuan sudutnya dan juga dilihat dari posisi dimana sudut tersebut berada.

Sebagai pemahaman tentang sudut, kita bisa melihat pada sebuah bangun datar segitiga. Pada sebuah segitiga terdapat tiga buah sudut dan tiga buah titik sudut. Besarnya sudut pada sebuah segitiga biasanya digunakan pada rumus trigonometri untuk menentukan panjang sisi pada sebuah segitiga tersebut.

Sebuah sudut dapat diberi nama berdasarkan simbol atau huruf yang berada diantara dua garis pembentuk sudut tersebut. Namun dapat juga berdasarkan titik sudutnya. Dalam penamaan sudut tersebut, silahkan lihat contoh gambar sudut di bawah ini yang terbentuk oleh empat buah garis dan membentuk sebuah segiempat sembarang.

gambar+trapesium+pqrs
Gambar Segi Empat PQRS

Pada segiempat di atas, terdapat empat buah sudut dan empat buah titik sudut. Masing-masing titik sudut tersebut yaitu P, Q, R, dan S. Sedangkan masing-masing sudutnya adalah sudut a°, b°, c°, dan d°. Cara memberi nama pada sudut berdasarkan titik sudutnya dapat dilihat pada garis yang membentuk sudut P,Q, dan R. Dimana titik sudut Q merupakan vertek atau titik pangkal.

Macam-Macam Sudut Dan Gambarnya

Berdasarkan satuan besar sudutnya, sudut terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain :

Baca Juga :  Contoh Benda Berbentuk Persegi Panjang

Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sebuah sudut yang terbentuk dari dua buah garis yang besarnya kurang dari 90°. Contoh sudut lancip dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+lancip
Gambar Sudut Lancip

Sudut Siku – Siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang dihasilkan dua buah garis yang posisinya tegak lurus dan besarnya tepat 90°. Contoh sudut siku-siku dapat dilihat pada gambar berikut ini.

gambar+sudut+siku+siku
Gambar Sudut Siku – Siku

Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah sebuah sudut yang terbentuk dari dua buah garis yang besarnya sudutnya lebih dari 90° dan kurang dari 180°. Contoh sudut tumpul dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+tumpul
Gambar Sudut Tumpul

Sudut Lurus

Sudut lurus merupakan sebuah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang berpotongan lurus dan besar sudutnya tepat 180°. Contoh sudut lurus dapat dilihat pada gambar berikut ini.

gambar+sudut+lurus
Gambar Sudut Lurus

Sudut Refleks

Sudut reflek adalah sudut yang terbentuk oleh dua garis yang besar sudutnya lebih dari 180° dan kurang dari 360°. Contoh sudut refleks dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+refleks
Gambar Sudut Refleks

Sudut Penuh

Sudut penuh adalah sudut yang terbentuk dari dua buah garis dan besar sudutnya tepat 360°. Contoh sudut penuh dapat dilihat pada gambar berikut.

gambar+sudut+penuh
Gambar Sudut Penuh

Selain dilihat dari besar sudutnya, ada pun macam-macam sudut yang didasari oleh letak di mana sudut tersebut berada, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Sudut Bersebelahan

Sudut bersebelahan merupakan dua buah sudut yang posisinya berdampinhan. Sudut bersebelahan ini terbentuk oleh tiga garis yang berpusat pada satu titik vertex. Contoh sudut bersebelahan ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+bersebelahan
Gambar Sudut Bersebelahan

Sudut Vertikal / Sudut Bertolak Belakang

Sudut vertikal adalah dua buah sudut yang posisinya saling bertolak belakang antara yang satu dengan yang lainnya. Sudut vertikal ini terbentuk dari dua buah garis yang saling berpotongan. Contohnya sudut vertikal ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+vertikal
Gambar Sudut Vertikal

Sudut Komplementer

Sudut komplementer merupakan dua buah sudut yang posisinya bersebelahan. Jika kedua sudut ini dijumlahkan maka hasilnya adalah 90°. Contohnya sudut komplementer ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+komplementer
Gambar Sudut Komplementer

Sudut Supplementer

Sudut suplementer adalah dua buah sudut yang letaknya bersebelahan. Jika kedua sudut ini dijumlahkan maka jumlahnya adalah 180°. Contoh sudut suplementer ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+supplementer
Gambar Sudut Supplementer

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam sudut dan gambarnya berdasarkan besar masing-masing sudutnya dan posisi dari sudut tersebut. Semoga dapat dijadikan pembelajaran yang bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Menghitung Debit Air

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top