Home » Macam-Macam Warna Dan Artinya

Macam-Macam Warna Dan Artinya

macam+macam+warna
Macam-Macam Warna

Macam-Macam Warna Dan Artinya – Warna adalah gelombang cahaya yang dipancarkan oleh cahaya putih yang tertangkap oleh mata. Cahaya putih tersebut merupakan cahaya sempurna yang terbentuk oleh sekumpulan spektrum tertentu yang terdiri dari bermacam-macam warna.

Dalam ilmu seni rupa, warna merupakan elemen penting yang digunakan untuk menghidupkan sebuah karya lukisan. Warna-warna dalam bidang seni rupa merupakan perpaduan dari berbagai macam bahan kimia yang mampu menghasilkan kesan, sehingga dapat dinikmati oleh mata.

Dalam penggunaannya, untuk menghasilkan berbagai macam warna dapat dilakukan dengan cara memadukan antara warna yang satu dengan yang lainnya. Sehingga terciptalah berbagai macam warna dengan nama yang berbeda-beda. Berikut merupakan penjelasan mengenai macam-macam warna dan artinya.

Jenis-Jenis Warna

Berdasarkan jenis pengelompokannya, jenis-jenis warna dibedakan menjadi :

1. Warna Primer

Warna primer adalah warna utama atau warna dasar yang terbentuk dengan sendirinya tanpa disertai oleh percampuran warna yang lain. Perpaduan dari arna-warna primer inilah yang kemudian menghasilkan warna-warna sekunder. Dan yang termasuk warna primer yaitu :

  • Warna merah
  • Warna biru
  • Warna kuning

2. Warna Sekunder

Warna sekunder adalah warna yang terbentuk dari perpaduan dua warna primer. Dengan mencampurkan dua jenis warna primer, maka akan dihasilkan beberapa warna sekunder. Dan berikut ini merupakan macam-macam warna sekunder :

  • Warna orange (jingga), merupakan hasil perpaduan antara warna merah dengan warna kuning.
  • Warna hijau, merupakan hasil perpaduan antara warna biru dengan warna kuning.
  • Warna ungu (violet), merupakan hasil perpaduan antara warna merah dengan warna biru.

3. Warna Intermediate

Warna intermediate adalah warna-warna perantara antara warna-warna primer dan warna-warna sekunder. Jika dilihat pada lingkaran warna, warna intermediate ini terletak diantara warna primer dan warna sekunder. Ada pun macam-macam warna intermediate adalah sebagai berikut :

  • Warna merah violet (Red Violet), merupakan hasil perpaduan antara warna merah dengan warna violet.
  • Warna merah jingga (Red Orange), merupakan hasil perpaduan antara warna merah dengan warna orange.
  • Warna kuning jingga (Yellow Orange), merupakan hasil perpaduan antara warna kuning dengan warna orange.
  • Warna kuning hijau (Yellow Green), merupakan hasil perpaduan antara warna kuning dengan warna hijau.
  • Warna biru hijau (Blue Green), merupakan hasil perpaduan antara warna biru dengan warna hijau.
  • Warna biru violet (Blue Violet), merupakan hasil perpaduan antara warna biru dengan warna violet.
Baca Lainnya :   Gejala Dan Pencegahan Virus Corona

4. Warna Tersier

Warna tersier adalah warna-warna yang terbentuk dari hasil perpaduan antara warna primer dengan warna sekunder. Diantara warna-warna tersier antara lain :

  • Warna coklat merah, merupakan hasil perpaduan antara warna merah dengan warna hijau.
  • Warna coklat kuning, merupakan hasil perpaduan antara warna kuning dengan warna ungu.
  • Warna coklat biru, merupakan hasil perpaduan antara warna biru dengan warna orange.

5. Warna Kuarter

Warna kuarter adalah warna-warna yang berasal dari hasil perpaduan dua warna tersier. Dan berikut ini merupakan macam-macam warna kuarter :

  • Warna coklat jingga, merupakan hasil perpaduan antara warna merah tersier dengan warna kuning tersier.
  • Warna coklat ungu, merupakan hasil perpaduan antara warna biru tersier dengan warna merah tersier.
  • Warna coklat hijau, merupakan hasil perpaduan antara warna kuning tersier dengan warna biru tersier.

Itulah macam-macam warna berdasarkan jenis pengelompokannya. Terbentuk dari tiga warna primer, maka dapat menghasilkan berbagai macam warna dari hasil perpaduan tiap-tiap warna. Selain jenis-jenis warna di atas, kita juga perlu mengetahui nama-nama warna dan karakternya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Macam-Macam Warna Dan Artinya

Dari hasil percampuran warna, maka menghasilkan berbagai macam jenis warna. Setiap warna tersebut ternyata memiliki karakter atau arti. Berikut ini merupakan nama macam-macam warna beserta arti yang tersirat di dalamnya.

1. Warna Putih (White)

Warna putih memiliki makna kesucian, karakter jiwa yang bersih, dan melambangkan sifat-sifat yang baik. Warna ini menggambarkan kepribadian seseorang yang baik, sopan dan santun.

2. Warna Hitam (Black)

Warna hitam merupakan kebalikan dari warna putih. Warna hitam dapat melambangkan karakter jiwa yang gelap, buruk, dan sifat-sifat yang kurang baik. Dan warna hitam ini juga menggambarkan kepribadian yang buruk dan tidak baik.

3. Warna Merah (Red)

Warna merah adalah gambaran dari kepribadian yang berani, kuat, tegas, semangat, aktif, dominan, hidup, serta cinta kasih yang membara. Warna merah ini memiliki karakter dan sifat pemberani, sehingga sangat cocok menjadi icon kepemimpinan.

Baca Lainnya :   Cara Bayar Listrik Lewat Mobile Banking BRI

4. Warna Kuning (Yellow)

Warna kuning dapat menggambarkan perasaan bahagia, semangat, ceria, kehangatan dan optimisme. Warna kuning ini memiliki karakter dari kepribadian seseorang yang penuh ceria dan penuh percaya diri.

5. Warna Biru (Blue)

Warna biru merupakan gambaran dari pemikiran yang jernih. Warna ini juga dipercaya dapat melambangkan kemampuan berkomunikasi, ekspresi, artistik dan simbol kekuatan. Selain itu, warna biru juga memiliki karakter kepribadian yang melankolis.

6. Warna Hijau (Green)

Warna hijau adalah gambaran yang selaras, seimbang, ketenangan, perdamaian, dan kepuasan. Warna hijau memiliki karakter kepribadian dari seseorang yang bersifat tenang dan berfikir dewasa.

7. Warna Coklat (Brown)

Warna coklat dapat menggambarkan suasana hangat, tenang dan nyaman. Karakteristik warna coklat ini berkesan kuat dan dapat diandalkan. Tetapi jika warna coklat yang berlebihan dapat melambangkan dominan yang kaku dan tidak berperasaan.

8. Warna Ungu (Purple)

Warna ungu merupakan lambang kesetiaan, kepuasan, menarik perhatian dan mampu memancarkan kekuatan. Warna ungu ini juga memiliki karakter independen, ambisius, visioner, dan kemewahan. Namun, warna ungu yang berlebihan sering melambangkan sifat kesendirian.

9. Warna Abu-Abu (Grey)

Warna abu-abu sangat kuat sebagai karakter rasa tanggung jawab, mandiri, dan keseriusan. Namun, banyak juga yang menyebutnya jika warna abu-abu ini memiliki gambaran abstrak, tidak jelas, dan bersifat labil.

10. Warna Oranye (Orange)

Warna oranye memiliki gambaran kesan hangat dan bersemangat. Warna orange ini merupakan lambang petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan bersosialisasi. Tetapi, warna oranye juga memiliki karakteristik sebuah kenangan manis.

11. Warna Merah Muda (Pink)

Warna pink merupakan karakteristik wanita. Warna ini memiliki gambaran yang lemah lembut, menarik, dan cantik. Selain itu warna pink ini juga menggambarkan kepribadian yang feminim, romantis, dan kasih sayang.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam warna dan artinya. Semoga bermanfaaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top