Home » Pendidikan » Rumus Volume Kubus Dan Contoh Soal

Rumus Volume Kubus Dan Contoh Soal

rumus+volume+kubus
Rumus Volume Kubus

Rumus Volume Kubus Dan Contoh Soal – Untuk menghitung volume suatu kubus, maka kita harus mengetahui rumus volume kubus. Nah, bagi yang belum mengetahui rumus dan cara menghitungnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai, karena akan membahas tentang rumus volume kubus dan contoh soal.

Pengertian Kubus

Sebelum membahas tentang rumus volume kubus, sebaiknya kita mengetahui apa itu kubus. Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki 6 bidang sisi yang berbentuk persegi (bujur sangkar) dan memiliki 12 rusuk (sisi) yang berukuran sama panjang.

Sisi kubus memiliki ukuran sama panjang, sehingga dapat dikatakan sebagai sisi panjang, sisi lebar, dan sisi tinggi tergantung dari sudut pandang yang melihat.

Dengan adanya ukuran pada rusuknya, maka kubus dapat dihitung volume atau isinya. Dan rumus untuk menghitung volume kubus adalah sisi × sisi × sisi. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Rumus Volume Kubus

Rumus untuk menghitung volume kubus adalah sisi dikali sisi dikali sisi. Sisi adalah rusuk kubus. Rumus volume kubus tersebut dapat dituliskan :

V = s × s × s atau V = s³

Sedangkan satuan volume kubus adalah satuan panjang kubik. Contohnya yaitu meter kubik (m³), centimeter kubik (cm³), millimeter kubik (mm³), dan lain sebagainya mengikuti satuan panjang rusuknya.

Contoh Soal Menghitung Volume Kubus

Contoh Soal 1

Sebuah kotak kayu berbentuk kubus memiliki panjang sisi 10 cm. Hitunglah berapa volume kubus kotak kayu tersebut!

Penyelesaian :

Volume kubus = sisi x sisi x sisi
Volume kotak kayu = 10 cm x 10 cm x 10 cm = 1.000 cm³.

Contoh Soal 2

Sebuah balok kayu dipotong membentuk sebuah dadu dengan ukuran panjang, lebar, dan tingginya sama yaitu 5 cm. Berapa volume dadu kayu tersebut!

Penyelesaian :

Volume kubus = sisi x sisi x sisi
Volume dadu kayu = 5 cm x 5 cm x 5 cm = 125 cm³.

Contoh Soal 3

Sebuah kubus memiliki volume sebesar 8000 cm³. Hitunglah berapa panjang sisi kubus tersebut!

Penyelesaian :

Volume = 125 cm³
125 = S³
S³ = 125
S = √125
S = 5 cm

Demikianlah pemjelasan mengenai rumus volume kubus dan contoh soal. Semoga bisa membantu untuk mengerjakan soal-soal matematika di sekolah. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top