Home » Perbedaan Angin Darat Dan Angin Laut

Perbedaan Angin Darat Dan Angin Laut

perbedaan+angin+darat+dan+angin+laut
Perbedaan Angin Darat Dan Angin Laut

Perbedaan Angin Darat Dan Angin Laut – Angin adalah udara yang bergerak. Berdasarkan arah pergerakan dan letaknya, angin terbagi menjadi dua jenis, yaitu angin darat dan angin laut. Kedua jenis angin ini merupakan angin yang terjadi di darat dan laut secara bergantian dalam periode harian. Lalu, apa perbedaan antara angin darat dan angin laut?

Angin darat dan angin laut terjadi akibat perbedaan sifat fisis antara daratan dan lautan. Sifat fisis itu sendiri adalah perbedaan dalam penyerapan dan pelepasan energi panas dari matahari. Dinama daratan memiliki sifat lebih cepat menyerap dan melepas energi panas daripada lautan.

Proses terjadinya angin darat dan angin laut merupakan peristiwa alam yang menggambarkan sebuah contoh perpindahan panas secara konveksi. Konveksi itu sendiri adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan partikel-partikel di dalamnya.

Dalam proses perubahan panas secara konveksi, partikel yang menyertai pergerakan dalam menghantarkan panas adalah udara. Perpindahan panas tersebut terjadi karena adanya perbedaan suhu. Daerah yang bersuhu tinggi akan mengalirkan udara ke daerah yang bersuhu lebih rendah. Perpindahan perubahan suhu melalui udara tersebut akan mengakibat proses terjadinya peristiwa angin darat dan angin laut.

Perbedaan Angin Darat Dan Angin Laut

Angin Darat

Angin darat adalah angin yang berhembus/bergerak dari darat ke laut. Angin darat ini terjadi pada malam hari. Proses terjadinya angin darat ini disebabkan oleh adanya perbedaan suhu dan tekanan udara dari daratan dan lautan.

Baca Lainnya :   Cara Menggambar Pohon Kelapa

Ketika malam hari, daratan akan lebih cepat melepas panas, sehingga mengalami penurunan suhu dan menjadi cepat dingin. Disisi lain, tekanan udara daratan menjadi lebih tinggi dari lautan. Sehingga angin akan bergerak dari daratan ke lautan. Angin darat ini sering dimanfaatkan oleh para nelayan untuk pergi berlayar mencari ikan.

Berikut merupakan ciri-ciri angin darat:

  • Angin darat adalah angin yang mengalir dari darat ke laut
  • Angin darat terjadi pada malam hari
  • Angin darat dimanfaatkan oleh para nelayan untuk pergi berkayar mencari Ikan
  • Angin darat merupakan aliran udara kering
  • Angin darat merupakan angin lepas pantai

Angin Laut

Angin laut adalah angin yang berhembus/bergerak dari laut ke darat. Proses angin laut ini terjadi pada siang hari. Pada siang hari, suhu dan tekanan udara di daratan lebih rendah dibanding di lautan. Hal tersebut disebabkan oleh daratan yang lebih cepat dalam menyerap panas dari pada lautan.

Akibatnya angin akan bergerak dari laut ke darat. Angin laut ini juga sering dimanfaatkan oleh para nelayan untuk pulang ke daratan setelah berlayar mencari ikan.

Berikut merupakan ciri-ciri angin laut:

  • Angin laut adalah angin yang mengalir dari laut ke darat
  • Angin laut terjadi pada siang hari
  • Angin laut dimanfaatkan oleh para nelayan untuk pulang ke daratan setelah berlayar mencari ikan
  • Angin laut merupakan aliran udara yang lembab
  • Angin laut merupakan angin yang berhembus di pantai
Baca Lainnya :   Cara Menggambar Ikan Hias Cupang

Demikianlah pembahasan mengenai angin darat dan angin laut. Perlu diketahui bahwa terjadinya angin darat dan angin laut mengakibatkan perubahan pada garis pantai. Air laut akan menghasilkan ombak yang mengikis tepian daratan, kemudian serpihan daratan akan dibawa ke laut. Oleh sebab itulah, garis pantai mengalami perubahan dari hari ke hari. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top