Home » Pendidikan » Macam – Macam Bilangan Matematika Dan Contohnya

Macam – Macam Bilangan Matematika Dan Contohnya

macam+macam+bilangan
Macam – Macam Bilangan

Macam – Macam Bilangan Matematika Dan Contohnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pelajaran matematika dasar yang biasanya diberikan pada tingkat SD. Yaitu mengenai pengertian dan macam-macam jenis bilangan yang akan dijelaskan secara lengkap beserta contohnya.

Pengertian Bilangan

Bilangan adalah suatu konsep dasar dalam matematika berupa deretan angka-angka yang menempati urutan dari kanan sebagai nilai satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya. Ada berbagai jenis bilangan, diantaranya yaitu bilangan prima, bulat, cacah, ganjil, genap, pecahan, dan lain sebagainya.

Bilangan juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan angka yang digunakan sebagai perhitungan dan pengukuran. Bilangan juga memiliki lambang dan simbol yang digunakan untuk mewakili nama suatu bilangan yang disebut dengan lambang bilangan. Tujuan dari pemberian lambang atau simbol tersebut adalah sebagai pembeda antara bilangan yang satu dengan yang lainnya.

Macam – Macam Bilangan Dan Contohnya

Setelah memahami pengertian dari bilangan, selanjutnya yaitu mengenal berbagai jenis bilangan. Dan berikut ini merupakan penjelasan tentang jenis-jenis bilangan beserta contoh bilangannya masing-masing.

1. Bilangan Asli

Bilangan asli adalah jenis bilangan positif yang di mulai dari angka satu dan seterusnya dengan penambahan nilai satu . Bilangan asli dituliskan dengan huruf N.

Contoh bilangan asli :
N = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, …}

Baca Juga :  Cara Menghitung Perkalian Pecahan Dan Contoh Soal

2. Bilangan Bulat

Bilangan bulat adalah himpunan dari bilangan bulat negatif, bilangna nol, dan bilangan bulat positif. Bilangan bulat dituliskan dengan huruf B.

Contoh bilangan bulat :
B = {…, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, …}

3. Bilangan Prima

Bilangan prima adalah jenis bilangan yang tidak dapat dibagi oleh bilangan lainnya, kecuali oleh bilangan itu sendiri dan angka 1. Bilangan prima dituliskan dengan huruf P.

Contoh bilangan prima :
P = {2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, …}

4. Bilangan Cacah

Bilangan cacah adalah himpunan bilangan yang terdiri bilangan positif dan bilangan nol. Bilangan cacah dituliskan dengan huruf C.

Contoh bilangan cacah :
C = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, …}

5. Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan adalah jenis bilangan yang memiliki pembilang dan penyebut. Bilangan pecahan dinyatakan dalam bentuk a/b, dimana a adalah pembilang dan b adalah penyebut. a dan b adalah bilangan bulat dan b ≠ 0. Bilangan pecahan dituliskan dengan huruf H.

Contoh bilangan pecahan :
H = { ⅓, ⅔, ⅕, ⅗, ⅛, ⅝, ⅞, …}

6. Bilangan Nol

Bilangan nol adalan bilangan nol (0) itu sendiri. Bilangan nol juga dituliskan dengan huruf N.

Contoh bilangan nol :
N = {0}

7. Bilangan Positif

Bilangan positif adalah jenis bilangan yang bernilai positif selain angka nol {0}. Bilangan positif dituliskan dengan huruf P.

Contoh bilangan positif :
P = {1, 2, 3, 4, 5, …}

8. Bilangan Negatif

Bilangan negatif adalah jenis bilangan yang nilainya negatif. Bilangan negatif dituliskan dengan huruf N.

Contoh bilangan negatif :
N = {-1, -2, -3, -4, -5, …}

9. Bilangan Genap

Bilangan genap adalah deretan bilangan yang akan habis jika dibagi dengan angka 2. Bilangan genap dituliskan dengan huruf Ge.

Baca Juga :  Bilangan Asli - Pengertian, Sifat - Sifat, Dan Contohnya

Contoh bilangan genap :
Ge = {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, …}

10. Bilangan Ganjil

Bilangan ganjil adalah jenis bilangan yang jika dibagi dengan angka 2, maka akan menyisakan 1. Rumus bilangan ganjil adalah 2n-1, dimana n adalah bilangan bulat. Bilangan ganjil dituliskan dengan huruf Ga.

Contoh bilangan ganjil :
Ga = {1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17, …}

11. Bilangan Rasional

Bilangan rasional adalah jenis bilangan yang dapat diubah menjadi pecahan biasa (a/b). Jika bilangan rasional diubah ke bentuk pecahan desimal, maka angkanya akan berhenti pada bilangan tertentu. Jika tidak berhenti, maka akan berbentuk pola pengulangan. Bilangan rasional dituliskan dengan huruf R.

Contoh bilangan rasional :
R = {8, 6.25 , ¾, …}

12. Bilangan Irasional

Bilangan irrasional adalah jenis bilangan yang tidak dapat diubah ke bentuk pecahan biasa. Jika bilangan ini diubah ke bentuk pecahan desimal, maka angkanya tidak akan berhenti dan tidak membentun pola suatu pola. Bilangan irrasional dituliskan dengan huruf I.

Contoh bilangan irasional :
I = {√2, π, е, …}

13. Bilangan Real

Bilangan real adalah himpunan bilangan yang terdiri dari gabungan antara bilangan rasional dan bilangan irasional. Bilangan real dituliskan dengan huruf R.

Contoh bilangan real :
R = {0, 1, ¼, ⅔, √2, √5, …}

14. Bilangan Komposit

Bilangan komposit adalah deretan bilangan asli yang nilainya lebih besar dari pada 1, tetapi bukan merupakan bilangan prima. Bilangan komposit dituliskan dengan huruf K.

Contoh bilangan komposit :
K = {4, 6, 8, 9, 10, 12, …}

15. Bilangan Real

Bilangan real adalah jenis bilangan yang dapat ditulis ke dalam bentuk bilangan desimal. Bilangan real dituliskan dengan huruf L.

Baca Juga :  Cara Menentukan Komplemen Himpunan

Contoh bilangan real :
L = { 5/8, log 10, …}

16. Bilangan Imajiner

Bilangan imajiner adalah jenis bilangan satuan imajiner (i), dimana i adalah suatu lambang bilangan baru yang bersifat i2 = -1. Bilangan imajiner dituliskan dengan huruf I.

Contoh bilangan imajiner :
I = {i, 4i, 5i, …}

17. Bilangan Kompleks

Bilangan kompleks adalah jenis bilangan yang memiliki anggota a+bi, dimana a,b ϵ R, i2 = -1. Dimana a adalah bagian dari bilangan riil dan b adalah bagian dari bilangan imajiner. Bilangan komplek dituliskan dengan huruf K.

Contoh bilangan komplek :
K = {2-3i, 8+2, …}

18. Bilangan Kuadrat

Bilangan kuadrat adalah jenis bilangan yang diperoleh dari perkalian suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri sebanyak dua kali. Bilangan kuadrat dituliskan dengan pangkat dua (²).

Contoh bilangan kuadrat :
K = {2², 3²,4² ,5² ,6², …}

19. Bilangan Romawi

Bilangan romawi adalah sistem angka yang berasal dari zaman romawi kuno. Bilangan Romawi ini menggunakan huruf latin yang melambangkan angka numerik. Bilangan Romawi dituliskan dengan huruf M.

Contoh bilangan romawi :
M = {I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, XI, X, …}

Demikian pembahasan tentang pengertian dan macam-macam bilangan matematika dan contohnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top