Home » Peringatan Hari Bumi Sedunia 22 April

Peringatan Hari Bumi Sedunia 22 April

peringatan+hari+bumi+sedunia+22+april
Peringatan Hari Bumi Sedunia

Peringatan Hari Bumi Sedunia 22 April – Tanggal 22 April adalah peringatan hari bumi sedunia. Apa kabar planet bumi? Hari ini adalah harimu. Apakah kamu baik-baik saja? Di usiamu yang semakin tua, apakah penghunimu telah menjaga dan merawatmu dengan baik? Kata-kata tersebut merupakan kalimat yang perlu diucapkan ketika memperingati hari bumi sedunia.

Peringatan Hari Bumi Sedunia 22 April

Peringatan hari bumi sedunia merupakan bentuk apresiasi masyarakat seluruh dunia guna menjaga kelestarian dan upaya mengurangi kerusakan bumi yang semakin parah. Gagasan ini pertama kali dirancang pada tahun 1970 oleh Gaylord Nelson, seorang pengajar lingkungan hidup di Amerika Serikat. Dimana pada hari itu bumi sedang musim semi dibelahan utara dan musim gugur di belahan selatan.

Sementara itu, PBB sendiri merayakan hari bumi sedunia pada 20 Maret yang dicanangkan oleh John McConnell, seorang aktivis perdamaian pada tahun 1969. Pada hari itu, matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa atau yang sering disebut dengan Ekuinoks Maret. Kini hari bumi dirayakan di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).

Seharusnya, pada hari peringatan hari bumi sedunia, masyarakat wajib menjaga dan melindungi bumi dari kerusakan-kerusakan yang terjadi. Contohnya seperti meningkatnya pemanasan global, penghijauan yang menyempit, bukit sampah, serta kualitas udara yang semakin menurun.

Baca Lainnya :   Wisata Havana Hills Cilacap: Rute Dan Harga Tiket Masuk

Melihat alam bumi yang semakin menua dan rapuh, sudah waktunya kita tergugah untuk menjaga dan menghidupkan dunia. Salah satunya yaitu dengan bergotong-royong melakukan hal-hal kecil yang dapat mengubah dunia menjadi hijau kembali. Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperingati hari bumi sedunia.

Tema Kegiatan Memperingati Hari Bumi Sedunia 22 April

Dalam memperingati hari bumi sedunia, kita sebagai penghuni tetap planet bumi tidak perlu turun ke jalan untuk melakukan kegiatan berkumpul yang dapat memicu penyebaran virus corona. Karen masih banyak tema kegiatan yang lebih bermakna yang bisa kita lakukan selain mengucapkan selamat hari bumi di media sosial. Dan kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Membuang sampah merupakan masalah kecil dan siapa saja dapat melakukannya. Namun, jika membuang di sembarang tempat tentunya akan menjadi masalah besar. Karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya banjir di musim hujan. Oleh sebab itu, buanglah sampah pada tempatnya untuk menjaga bumi kita tetap bersih dan mencegah terjadinya bencana.

2. Menanam Tumbuhan Di Halaman Rumah

Sebagai bentuk apresiasi hari bumi dan menjaga kelestarian alam, tanamlah tumbuhan di sekitar rumah kita. Tidak perlu dalam jumlah besar, karena tanaman bunga yang berukuran kecil pun dapat menghasilkan oksigen yang merupakan zat penting dalam menjaga lapisan ozon bumi.

Baca Lainnya :   Mengenal Sekilas Tentang Kota Cilacap Bercahaya

3. Mengurangi Penggunaan Listrik

Dengan mengehemat penggunaan daya listrik, akan terasa begitu besar dampak bagi bumi. Mengapa demikian? Energi yang digunakan sebagai pembangkit listrik merupakan bahan yang ada di dalam perut bumi. Dengan mengurangi penggunaan listrik di rumah, tentu hal tersebut dapat mengurangi pengambilan bahan-bahan yang digunakan oleh industri pembangkit listrik dari dasar bumi.

4. Membakar Sampah Jenis Plastik

Plastik merupakan jenis plastik non organik yang tidak dapat membusuk dan menyatu dengan tanah. Sehingga, hal tersebut dapat mempengaruhi rusaknya jaringan di dalam tanah. Untuk itu, pisahkan sampah jenis plastik dan bakarlah terlebih dahulu sebelum ditimbun di tanah.

5. Membersihkan Lingkungan Sekitar Kita

Semua orang pasti menginginkan hidup sehat dan bersih. Dan untuk mewujudkannya, kita dapat memulainya di hari bumi ini dengan membersihkan lingkungan disekitar rumah kita. Tidak perlu jauh-jauh, kita cukup membersihkan lingkungan di sekitar rumah kita. Jika setiap orang memiliki kesadaran untuk melakukan hal ini, tentu saja kebersihan bumi pun akan terwujud dengan sendirinya.

Akhir kata, selamat memperingati hari bumi sedunia 22 April. Semoga bumi kita terjaga kebersihannya dan hijau selalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top