Home » Pendidikan » Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

cara+menghitung+luas+dan+keliling+segitiga
Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga – Segitiga merupakan salah satu bentuk bidang datar yang mempunyai tiga ruas sisi. Dari perbedaan masing-masing panjang sisinya, terdapat tiga macam jenis segitiga. Jika ketiga sisinya sama panjang, maka dinamakan segitiga sama sisi. Jika hanya terdapat dua sisi yang sama panjang, maka dinamakan segitiga sama kaki, sedangkan jika ketiga sisinya memiliki ukuran panjang yang berlainan maka disebut dengan segitiga sembarang.

Dengan mengetahui ukuran panjang sisi sebuah segitiga, kita dapat mengetahui berapa luas dan keliling bangun datar tersebut. Karena untuk menghitung luas atau pun kelilingnya, dapat dicari menggunakan rumus yang berkaitan dengan salah satu atau ketiga dari panjang sisinya.

Untuk lebih jelasnya mengenai, silahkan simak ulasan berikut ini mengenai rumus luas dan rumus keliling segitiga yang dijelaskan beserta contoh soalnya masing-masing agar lebih mudah memahaminya.

Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

Rumus Menghitung Luas Segitiga

Untuk dapat menghitung luas sebuah segitiga, kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa panjang alas dan tinggi segitiga tersebut. Karena luas segitiga merupakan setengah dari perkalian antara panjang alas dan tingginya. Atau dapat dituliskan dengan rumus berikut ini.

L = ½ × a × t

Alas adalah salah satu sisi segitiga yang menjadi acuan. Sedangkan tinggi segitiga merupakan garis yang tegak lurus dengan alas dan merupakan jarak antara sisi alas dengan sudut puncak suatu segitiga.

Contoh Soal

Sebuah bangun segitiga memiliki panjang sisi alas 10 cm dan tinggi segitiga tersebut adalah 5 cm. Hitunglah berapa luas bangun segitiga tersebut !

Diketahui :
a = 10 cm
t = 5 cm

Penyelesaian :

L = ½ × a × t
L = ½ × 10 × 5
L = ½ × 50
L = 25 cm2

Rumus Menghitung Keliling Segitiga

Untuk menghitung keliling segitiga, maka kita harus mengetahui panjang ketiga sisi segitiga tersebut. Karena keliling segitiga merupakan jumlah dari ketiga panjang sisinya. Atau dapat dituliskan dengan rumus sebagai berikut.

K = s1 + s2 + s3

Contoh Soal

Sebuah segitiga memiliki panjang sisi pertama 9 cm, sisi kedua 12 cm, dan sisi ketiga adalah 15 cm. Hitunglah berapa keliling segitiga tersebut !

Diketahui :
s1 = 9 cm
s2 = 12 cm
s3 = 15 cm

Penyelesaian :

K = s1 + s2 + s3
K = 9 + 12 + 15
K = 36 cm

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung luas dan keliling segitiga. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top