Home » Pendidikan » Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

rumus+luas+dan+keliling+segitiga
Rumus Luas Dan Keliling Segitiga

Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga – Segitiga adalah salah satu bangun datar yang terdiri dari tiga sisi dan tiga sudut. Bangun ini memiliki beberapa jenis yang dikelompokan berdasarkan sisi dan sudutnya. Namun, untuk menghitung luas dan keliling segitiga cukup menggunakan satu rumus luas dan satu rumus keliling. Seperti apa rumusnya? Simak pembahasan berikut ini mengenai cara menghitung luas segitiga.

Sebelum membahas tentang luas dan keliling segitiga, perlu diketahui bahwa jenis-jenis segitiga menurut sisinya dibedakan menjadi segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. Sedangkan menurut sudutnya, segitiga dibedakan menjadi segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga sembarang.

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, saatnya untuk mempelajari bagaimana cara menghitung luas dan keliling segitiga. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

A. Rumus Luas Segitiga

Untuk menghitung luas sebuah segitiga, kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa panjang alas dan tinggi segitiga. Alas adalah bagian sisi bawah segitiga, sedangkan tinggi merupakan jarak titik puncak segitiga dengan sisi alasnya yang tegak lurus. Jika alas segitiga dituliskan a dan tinggi segitiga t, maka rumus menghitung luas segitiga adalah:

L = ½ × a × t

Untuk lebih jelasnya, lanjut ke contoh soal menghitung luas segitiga berikut ini.

Contoh Soal Menghitung Luas Segitiga

Sebuah segitiga memiliki panjang sisi alas 10 cm dan tinggi segitiga tersebut adalah 5 cm. Hitunglah berapa luas segitiga tersebut?

Pembahasan:

Diketahui :
alas (a) = 10 cm
tinggi (t) = 5 cm

Ditanya: Luas segitiga?

Penyelesaian:

L = ½ × a × t
L = ½ × 10 × 5
L = ½ × 50
L = 25 cm2

B. Rumus Keliling Segitiga

Untuk menghitung keliling segitiga, maka kita harus mengetahui panjang ketiga sisi segitiga. Karena keliling segitiga adalah jumlah dari ketiga panjang sisinya. Jika sisi segitiga ditulis dengan s, maka rumus keliling segitiga adalah:

K = s1 + s2 + s3

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak contoh soal pembahasan di bawah ini.

Contoh Soal Menghitung Keliling Segitiga

Sebuah segitiga memiliki panjang sisi pertama 9 cm, sisi kedua 12 cm, dan sisi ketiga adalah 15 cm. Hitunglah berapa keliling segitiga tersebut?

Pembahasan:

Diketahui:
s1 = 9 cm
s2 = 12 cm
s3 = 15 cm

Ditanya: Keliling segitiga?

Penyelesaian:

K = s1 + s2 + s3
K = 9 + 12 + 15
K = 36 cm

Bagaimana, mudah kan?Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung luas dan keliling segitiga. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top