Home » Bisnis » Mobile Banking Dan Fungsi Mobile Banking

Mobile Banking Dan Fungsi Mobile Banking

mobile+banking+BRI
Mobile Banking Dan Fungsi Mobile Banking

Mobile Banking Dan Fungsi Mobile Banking – Perkembangan dunia tehnologi, menjadikan gaya hidup semakin mudah di berbagai aspek kehidupan. Salah satunya yaitu layanan perbankan yang menghadirkan fasilitas mobile banking guna memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para nasabahnya. Yang menjadi pertanyaan, apa itu mobile banking dan apa saja fungsinya?

Mobile banking adalah sebuah layanan perbankan dimana para nasabah bank dapat melakukan berbagai macam transaksi perbankan melalui smartphone. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, mobile banking ini sangat memudahkan penggunanya. Namun, kita harus melakukan registrasi dan menginstal aplikasinya terlebih dahulu pada smartphone yang kita miliki untuk dapat menggunakan berbagai macam fitur yang telah disediakan.

Jika dibandingkan dengan layanan SMS Banking yang lebih dulu hadir, mobile banking ini memberikan layanan yang lebih praktis dan mudah. Karena memiliki lebih banyak fitur untuk melakukan berbagai transaksi. Selain itu, penggunaan mobile banking ini juga tidak dituntut untuk mengingat format pesan dan nomer tujuan SMS banking yang akan dikirim ke ke bank.

Apa Itu Mobile Banking?

Setiap mobile banking dari berbagai bank memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan di mana saja selama smartphone terhubung internet dan memiliki pulsa yang cukup. Diantara fitur-fitur layanan mobile banking antara lain berupa layanan informasi yang meliputi saldo, mutasi, point, cicilan, pinjaman, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat juga layanan transaksi seperti transfer ke sesama atau lain bank, pembayaran listrik, tagihan PDAM, isi ulang pulsa atau paket internet, tagihan Telkom, asuransi, pegadaian, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :  Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

Melihat banyak fitur yang tersedia di mobile banking, tentu saja sangat memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan kapan saja dan dimana saja. Sehingga tidak perlu repot untuk pergi ke bank untuk melakukan berbagai keperluan yang mendesak.

Bagaiamana Mobile Banking Bekerja?

Cara kerja mobile banking sangat cepat dan tepat. Namun, untuk menggunakan mobile banking ini terlebih dahulu kita harus pergi ke bank untuk melakukan pendaftaran. Setelah proses registrasi selesai, kita dapat menggjnakan layanan mobile banking dengan cara mengakses setiap menu yang tersedia pada aplikasi yang sudah terinstal di smartphone.

Setiap kita akan membuka aplikasi mobile banking pada smartphone, kita harus memasukan User-ID dan password yang didapat ketika melakukan regristasi di bank. Setelah berhasil login, barulah kita dapat menggunakan layanan mobile banking sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk melakukan berbagai layanan yang ada di mobile banking, kita juga harus memasukan nomer PIN yang biasa kita gunakan untuk mengakses mesin ATM. Dengan begitu, maka setiap layanan akan berfungsi dan berjalan dengan baik.

5 Fungsi Mobile Banking

Setelah mengetahui berbagai kemudahan yang tersedia pada fitur-fitur mobile banking dan cara kerjanya, berikut merupakan beberapa fungsi dari menggunakan mobile banking, diantaranya yaitu :

1. Memberikan Kemudahan Bertransaksi

Salah satu fungsi dari mobile banking yang paling utama yaitu memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk melakukan berbagai macam bertransaksi. Melalui mobile banking, kita tidak perlu pergi ke bank dan menunggu antrian di dalam melakukan transaksi.

2. Aman Digunakan Di Mana Saja

Meskipun bertransaksi melalui smartphone pribadi, layanan mobile banking ini tetap aman digunakan. Karena setiap menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam mobile banking ini selalu mengisi nomer PIN atau kode verifokasi lainnya yang merupakan salah satu sistem keamanan yang telah distandarisasi oleh pihak bank. Sehingga tidak perlu khawatir dalam melakukan setiap transaksi yang ada.

Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Tukang Kayu Untuk Pemula

3. Hemat Waktu Dan Tenaga

Dengan adanya mobile banking, kita dapat melakukan berbagai jenis transaksi keuangan hanya dengan menggunakan smarphone. Tentu saja hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga dibandingkan jika harus pergi ke bank.

4. Praktis Dan Cepat

Layanan mobile banking sangat praktis dan cepat. Kita dapat melakukan pembayaran mau pun tagihan di mana saja tanpa harus meninggalkan kegiatan untuk pergi ke bank.

5. Akses 24 Jam

Mobile banking memberikan layanan 24 jam untuk dapat mengaksesnya. Sehingga kita dapat lebih mudah mengetahui lalu lintas transaksi yang ada di rekening pribadi. Selain itu, kita juga dapat mengelola dana secara real time di mana saja kita berada.

Demikianlah pembahasan mengenai mobile banking dan fungsi mobile banking yang selalu memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi di mana saja dan kapan saja. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top