Home » Bisnis » 6 Tips Usaha Dagang Sayuran Untung Besar

6 Tips Usaha Dagang Sayuran Untung Besar

usaha+dagang+sayuran
Tips Usaha Dagang Sayuran

Tips Usaha Dagang Sayuran Untung Besar – Diantara bisnis perdagangan yang dapat dilakukan dengan modal kecil yaitu penjualan sayur-mayur. Meskipun terlihat sepele, namun dari usaha dagang sayuran tersebut ternyata banyak yang maraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Perlu kita ketahui bahwa dalam mengembangkannya suatu usaha, tentunya perlu adanya strategi agar penjualan dapat berjalan lancar. Selain itu perhitungan yang matang juga sangat penting guna memperoleh keuntungan yang maksimal. Tak berbeda jauh dengan perdagangan sayuran yang membutuhkan tips dan cara tertentu untuk menjalankannya.

Sayur mayur merupakan pendamping kebutuhan pokok yang wajib ada pada setiap menu makanan. Memiliki nilai gizi yang tinggi, tentu saja bahan makanan ini sangat diperlukan sebagai penunjang kesehatan tubuh manusia. Dan secara otomatis, permintaan pasar terhadap sayuran pun sangat tinggi, baik itu di pasar, supermarket, warung, sampai di pedagang sayur keliling yang setiap harinya berjualan.

Atas dasar itulah memilih usaha dagang sayuran memiliki peluang yang besar untuk memperoleh penghasilan. Selain tidak kenal musim, bisnis sayuran ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu jenis bisnis jangka panjang yang memiliki prospek bagus dan sangat menguntungkan. Meskipun begitu, kita tetap perlu menerapkan ide berbisnis agar usaha dapat memperoleh kesuksesan. Dan berikut merupakan beberapa tips untuk memulai usaha dagang sayuran dengan strategi yang menjanjikan.

Tips Dan Trik Usaha Dagang Sayuran Untung Besar

1. Menyortir Sayuran Sebelum Dijual

Setelah menerima sayuran dari para tengkulak, sebaiknya pilihlah sesuai jenis sayuran dan tempatkan pada masing-masing tempat yang berbeda agar konsumen dapat mudah menemukan dan mengambil sayuran yang akan dibeli.

Baca Juga :  Cara Membuat Kartu ATM BRI Mudah Dan Simpel

Selain itu, kita juga perlu memisahkan kondisi sayuran yang masih segar dengan kondisi yang sedikit layu. Dengan begitu, kita tetap dapat menjual masing-masing kondisi sayuran dengan harga yang berbeda.

2. Mengemas Sayuran Dengan Rapi

Setelah menyortir, kita juga dapat menerapkan strategi pengemasan sayuran agar lebih terlihat menarik. Seperti kemasan-kemasan yang sering kita lihat di supermarket, misalnya kita dapat membungkusnya dengan plastik warp atau meletakkannya pada sebuah styrofoam.

Dengan melakukan strategi ini, sayuran juga lebih bersih dan terlihat rapi. Selain itu, mengemas sayuran dengan rapi juga dapat menjadikan daya tarik tersendiri bagi konsumen yang hendak membeli sayuran. Sehingga, peluang penjualan pun akan lebih besar dan meningkat.

3. Usahakan Tempat Penjualan Selalu Bersih

Tempat penjualan yang selalu bersih dan tertata rapi dapat memberikan nilai lebih pada konsumen. Oleh sebab itu, usahakan untuk menjaga kebersihan tempat dan juga sayuran yang dijual. Sehingga setiap pembeli yang datang akan merasa nyaman untuk berbelanja.

Aturlah posisi setiap sayur sesuai jenisnya masing-masing dengan rapi, agar konsumen yang datang dapat memilih sayuran dan mengambilnya dengan mudah. Jangan sampai menaruh sayur tumpang tindih yang mengakibatkan tidak terlihat oleh pembeli.

4. Memberikan Harga Yang Bersaing

Dalam berbisnis, harga sangat menentukan untuk memperoleh sebuah kesuksesan. Berikanlah harga yang murah pada sayuran yang sedikit layu. Sedangkan untuk sayuran yang masih segar, berilah harga yang ekonomis dan tidak terlalu mahal dari harga pasaran. Dengan begitu, kita dapat memberikan harga yang bersaing namun tetap terjangkau oleh konsumen.

5. Memberi Pelayanan Yang Ramah

Pelayanan merupakan hal paling penting dalam usaha perdagangan. Dengan memberi pelayanan yang ramah, tentu saja setiap konsumen akan merasa betah berbelanja dan kemungkinan besar dapat menjadi pelanggan tetap di tempat usaha sayuran yang kita miliki.

Baca Juga :  Cara Transfer Uang Ke Bank Lain Lewat ATM

Selain itu, kita juga dapat pelayanan online untuk memberikan kenyamanan terhadap pembeli. Pelayanan yang baik adalah kunci kesuksesan dalam setiap usaha perdagangan apa pun jenisnya.

6. Menyediakan Beragam Jenis Sayuran

Jika perdagangan beberapa sayuran sudah berjalan lancar dan mengalami peningkatan, maka tidak ada salahnya untuk menambahkan beragam jenis sayuran lainnya untuk mengembangkan lebih jauh usaha dagang sayuran yang kita kelola. Dengan begitu, keuntungan pun akan lebih maksimal untuk diperoleh.

Ada beberapa jenis sayuran yang dapat disediakan dalam usaha bisnis sayuran, misalnya kangkung, kacang panjang, sawi, bayam, wortel, kentang terong, dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga bisa menambahkan aneka bumbu dapur sebagai pelengkap usaha dagang kita. Semakin banyak bahan yang dijual belikan, maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh.

Demikianlah pembahasan mengenai tips usaha dagang sayuran untung besar yang dapat diterapkan sebagai strategi bisnis modal kecil untuk memperoleh hasil maksimal. Jika kita belum memiliki tempat usaha yang menetap, kita dapat memulainya dengan cara berkeliling atau membuka di halaman teras rumah. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top