Home » Pendidikan » Urutan Lapisan Matahari Dari Inti Sampai Paling Luar

Urutan Lapisan Matahari Dari Inti Sampai Paling Luar

lapisan+matahari
Urutan Lapisan Matahari Dari Inti Sampai Paling Luar

Urutan Lapisan Matahari Dari Inti Sampai Paling Luar – Matahari adalah sebuah bintang dan merupakan pusat tata surya. Matahari dapat mengeluarkan cahaya dengan sendirinya, karena terdapat gabungan reaksi antara dua lapisan inti atom dan membentuk sebuah inti yang lebih besar. Inti matahari itulah yang melepaskan energi dan menjadikan matahari seolah-olah bersinar.

Matahari juga merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi. Oleh sebab itulah membuat matahari terlihat lebih besar dibandingkan dengan bintang-bintang yang tampak pada malam hari. Diameter matahari yaitu sekitar 109 kali dari diameter bumi atau sekitar 1.392.684 km.

Bentuk matahari mirip seperti sebuah bola raksasa yang memiliki permukaan tidak padat yang hanya terdiri dari plasma panas yang bercampur dengan medan magnet. Secara garis besar, sekitar ¾ massa dari matahari terdiri dari hidrogen, dan sisanya merupakan lapisan-lapisan yang didominasi oleh helium.

Urutan Lapisan Matahari Dari Inti Sampai Paling Luar

Sebagai bola raksasa yang mampu memancarkan cahaya, matahari tersusun oleh beberapa lapisan di dalamnya. Lapisan-lapisan matahari terdiri dari inti, fotosfer, kromosfer, dan korona. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut mengenai urutan lapisan matahari dari inti sampai lapisan luar dan masing-masing penjelasannya.

1. Inti Matahari

Inti matahari merupakan bagian yang berada paling dasar pada matahari. Suhu pada inti matahari mencapai sekitar 15 juta derajat celcius. Berdasarkan radius atau diameter matahari, inti ini memiliki ukuran seperempat jarak dari pusat ke permukaan matahari. Sementara itu, kepadatan inti matahari ini mencapai sekitar 150 g/cm3.

Baca Juga :  Cara Mengubah Pecahan Campuran Ke Pecahan Biasa

2. Fotosfer

Fotosfer adalah lapisan matahari yang terlihat dari bumi. Fotosfer memiliki cahaya yang sangat terang, sehingga mampu mengalahkan cahaya korona yang merupakan lapisan paling luar matahari. Oleh sebab itulah pancaran sinar korona tidak dapat terlihat jika dilihat secara langsung oleh mata.

3. Kromosfer

Lapisan kromosfer merupakan lapisan gas tipis berwarna merah cemerlang yang berada di atas lapisan fotosfer. Kedalaman lapisan kromosfer ini sekitar 2.000 kilometer dan suhunya mencapai sekitar 4.500 Kelvin. Cahaya lapisan kromosfer ini juga tidak terlihat dari bumi karena tertutup oleh cahaya terang yang dihasilkan dari lapisan fotosfer.

4. Korona

Korona merupakan lapisan terluar dari atmosfer matahari. Lapisan korona ini memiliki massa jenis yang rendah, tetapi memiliki temperatur yang tinggi mencapai sekutar 2 x 106 Kelvin. Sedangkan ketebalan lapisan korona pada matahari mencapai sekitar 2,5 x 106 km.

Itulah ulasan mengenai urutan lapisan matahari dari inti sampai paling luar. Dengan mengetahui penjelasan di atas, akan sulit bagi kita untuk membayangkan betapa panas suhu yang ada pada inti matahari. Semoga dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top