Home » Pendidikan » Urutan Planet Terbesar Ke Terkecil Tata Surya

Urutan Planet Terbesar Ke Terkecil Tata Surya

urutan+planet+terbesar+ke+terkecil
Urutan Planet Terbesar Ke Terkecil Tata Surya

Urutan Planet Terbesar Ke Terkecil Tata Surya – Planet adalah salah satu benda langit yang tidak dapat mengeluarkan cahaya sendiri dan mengorbit mengelilingi matahari secara tetap pada lintasannya. Setiap planet memiliki ukuran diameter yang berbeda-beda. Jumlah planet dalam tata surya terbaru ada 8 buah planet. Dan urutan nama-nama planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Secara teori, NASA menyatakan bahwa perkiraan diameter dan radius dari delapan planet dalam tata surya memiliki besar ukuran yang berbeda. Dan berikut telah dirangkum urutan planet dari ukuran terbesar ke terkecil yang didasari oleh besarnya planet tersebut jika dibandingkan dengan ukuran Bumi.

Urutan Planet Dari Terbesar Sampai Terkecil Dalam Tata Surya

1. Planet Jupiter

Planet Jupiter memiliki diameter 139.822 km (1.120% dari ukuran Bumi) dengan radius rata-rata 69.911 km. Planet ini massanya 318 kali massa Bumi. Planet Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya.

2. Planet Saturnus

Planet Saturnus memiliki diameter 116.464 km (945% dari ukuran Bumi) dengan radius rata-tata 58.232 km. Planet ini massanya 95 kali massa Bumi. Dan merupakan planet terbesar ke dua dalam tata surya.

3. Uranus

Planet Saturnus memiliki diameter 50.724 km (400% dari ukuran Bumi) dengan radius rata-tata 25.362 km. Planet ini massanya 14 kali massa Bumi. Dan merupakan planet terbesar ke tiga dalam tata surya.

Baca Juga :  Rumus Volume Kubus Dan Contoh Soal

4. Planet Neptunus

Planet Neptunus memiliki diameter 49.244 km (388% dari ukuran Bumi) dengan radius rata-tata 24.622 km. Planet ini massanya 17 kali massa Bumi. Dan merupakan planet terbesar ke empat dalam tata surya.

5. Bumi

Bumi memiliki diameter 12.742 km dengan radius rata-taya 6.371 km. Planet ini adalah satu-satunya planet yang dihuni makhluk hidup. Dan merupakan planet terbesar ke lima dalam tata surya.

6. Planet Venus

Planet Venus memiliki diameter 12.104 km (95% dari ukuran Bumi) dengan radius rata-tata 6.052 km. Planet ini massanya hampir sama atau sedikit lebih kecil dari massa Bumi. Dan merupakan planet terbesar ke enam dalam tata surya.

7. Planet Mars

Planet Mars memiliki diameter 6.779 km (53% dari ukuran Bumi) dengan radius rata-tata 3.390 km. Planet ini massanya sekitar setengah dengan massa Bumi. Dan merupakan planet terbesar ke tujuh dalam tata surya.

8. Merkurius

Planet Merkurius memiliki diameter 4.879 km (38% dari ukuran Bumi) dengan radius rata-tata 2.440 km. Planet ini massanya sekitar sepertiga dari massa Bumi. Dan merupakan planet terkecil dalam tata surya.

Itulah urutan planet dalam tata surya berdasarkan ukuran diameternya dari uang terbesar hingga yang terkecil. Namun, ada juga urutan planet katai atau planet kerdil yang memiliki diameter dari yang paling besar sampai yang paling kecil. Dan urutannya adalah sebagai berikut.

Urutan Planet Kerdil Terbesar Ke Terkecil Pada Sabuk Kuiper

  • Planet Eris

Planet Eris merupakan planet kerdil yang memiliki diameter sekitar 2.600 km. Planet ini merupakan benda langit berbentuk piringan terbesar dan memiliki satu buah satelit yaitu dysnomia.

  • Planet Pluto

Planet Pluto merupakan planet kerdil yang memiliki diameter sekitar 2.300 km. Planet ini pernah dinyatakan menjadi anggota planet tata surya, namun karena orbitnya yang tidak teratur dan ukurannya sangat kecil, maka planet Pluto digolongkan sebagai planet katai atau planet kerdil.

Baca Juga :  Cara Mengubah Satuan Panjang Dengan Tangga Satuan

  • Planet Makemake

Planet Makemake merupakan planet kerdil yang memiliki diameter sekitar 1.600 km. Planet Makemake merupakan planet paling terang dalam sabuk Kuiper setelah planet Pluto.

  • Planet Haumea

Planet Haumea merupakan planet kerdil yang memiliki diameter sekitar 1.436 km. Planet ini berupa cincin raksasa yang mirip dengan sabuk asteroida dan berada pada sabuk Kuiper.

  • Planet Ceres

Planet Ceres merupakan planet kerdil dan juga asteroida terbesar dalam tata surya yang memiliki diameter sekitar 950 km. Planet ini pernah digolongkan sebagai suatu planet, namun sekarang digolongkan kembali menjadi planet kerdil.

Demikianlah pemabahasan mengenai urutan planet terbesar ke terkecil dalam tata surya, serta urutan planet-planet kerdil yang berada pada sabuk Kuiper. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top