Home » Bisnis » Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

cara+transfer+uang+melalui+hp
Cara Transfer Uang Melalui Hp

Cara Transfer Uang Melalui Hp Android – Perkembangan teknologi yang kian pesat, menjadikan hampir semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi dengan mudah. Salah satunya yaitu kehadiran hp atau handphone yang saat ini berkembang menjadi smartphone android hingga mampu melakukan transfer uang yang tidak perlu menggunakan ATM dan pergi ke bank. Dan ini tentunya merupakan suatu hal yang sangat luar biasa.

Tahap demi tahap kecanggihan yang dibarengi oleh kehadiran financial technology, kini melakukan transaksi secara online menjadi trend yang digunakan oleh para pebisnis online. Bahkan, hanya dengan menggunakan hp android, kita dapat melakukan berbagai transaksi keuangan, seperti pembayaran online, melakukan pinjaman, mengirim uang, yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Berbicara mengenai layanan keuangan, saat ini hampir seluruh bank yang ada di Indonesia telah mengeluarkan berbagai jenis layanan perbankan yang dapat diakses melalui hp android. Dan semua jenis layanan keuangan tersebut, dapat kita gunakan sebagai cara transfer uang memalui hp dengan aman. Apa saja layanan tersebut, simak ulasan berikut ini.

Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

Untuk saat ini, terdapat empat cara transfer uang lewat hp yang dapat dilakukan melaui smartphone android. Semua cara tersebut merupakan kebijakan layanan yang dikeluarkan oleh masing-masing bank di Indonesia, seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan bank-bank besar lainnya.

1. Melalui SMS Banking

SMS Banking merupakan layanan perbankan yang paling dulu hadir di antara layanan-layanan lainnya. Meskipun terkesan agak rumit, namun SMS Banking masih memiliki peran penting dalam melakukan transaksi keuangan. Misalnya ketika koneksi internet sedang mengalami gangguan, maka SMS Banking inilah pilihan yang tepat untuk melakukan keperluan transfer uang.

Baca Juga :  Cara Cek Saldo BRI Lewat Hp Via Mobile Banking

Meskipun hanya sebatas SMS, tetapi SMS Banking juga memiliki berbagai layanan yang dapat digunakan untuk mentransfer uang ke sesama bank maupun ke lain bank, membayar tagihan, mengecek saldo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, dengan hadirnya layanan-layanan perbankan yang baru, kini SMS Banking mulai ditinggalkan karena tergolong kurang efisien untuk digunakan, karena kita harus memasukkan kode-kode tertentu saat melakukan transaksi keuangan. Jika salah dalam memasukan kode, maka transaksi akan gagal.

2. Melalui Mobile Banking

Cara yang kedua untuk melakikan tranfer uang melalui hp adalah menggunakan mobile banking. Mobile banking itu sendiri adalah layanan perbankan yang telah disediakan oleh pihak bank untuk melakukan berbagai macam transaksi online lewat mobile app. Untuk menggunakannya, kita harus memiliki hp android untuk menginstall aplikasi mobile banking. Selain itu, untuk mengaktifkan fitur ini kita juga perlu pergi ke bank untuk melakukan registrasi.

Dibandingkan SMS banking, menggunakan mobile banking memang lebih mudah dan praktis, karena kita tidak perlu memasukkan kode-kode tertentu seperti yang ada pada SMS Banking. Kita hanya perlu login menggunakan User-id dan memasukan PIN dan memilih menu transaksi sesuai kebutuhan. Namun, mobile banking ini juga memiliki kekurangan tersendiri, yaitu tidak dapat digunakan ketikan jaringan internet mengalami gangguan.

3. Melalui Internet Banking

Sama halnya dengan mobile banking, sebelum menggunakan layanan internet banking ini kita harus melakukan registrasi dulu ke kantor bank. Melalui Internet banking, kita dapat melakukan berbagai transaksi melalui website dari bank terkait. Layanan ini dapat digunakan melalui berbagai perangkat apa pun, seperti hp, laptop, dan PC yang terhubung dengan jaringan internet.

Keunggulan menggunakan internet banking ini yaitu memiliki tingkat keamanan yang tinggi dibandingkan layanan transaksi lainnya. Karena website yang dimiliki pihak bank biasanya selalu dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis-lapis, sehingga kita tidak perlu khawatir saat melakukan transfer uang maupun berbagai transaksi online lainnya.

Baca Juga :  Bandara Tunggul Wulung Cilacap

4. Melalui E-Wallet (Dompet Elektronik)

E-wallet atau dompet digital merupakan salah satu produk financial technologi yang paling populer saat ini. Diantara e-wallet yang sudah terkenal yaitu OVO, Go-Pay, DANA, dan DOKU. Dengan menggunakan e-wallet, kita dapat melakukan transfer uang melaui hp tanpa rekening bank. Kita dapat mengirim uang kepada orang lain dengan cepat dan mudah, namun dengan catatan orang tersebut memiliki aplikasi e-wallet yang sama dengan yang kita miliki.

Selain digunakan untuk melakukan transfer uang, aplikasi e-wallet juga memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran di outlet retail offline seperti alfamart, indomart, dan market lainnya untuk membeli pulsa, membayar tagihan, dan pembayaran via online lainnya. Adapun dunia marketplace yang menerapkan pembayaran menggunakan e-wallet, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID, dan marketplace lainnya.

Demikian pembahasan mengenai cara transfer uang lewat hp android. Semua cara di atas dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan transaksi keuangan secara online dengan mudah, cepat , dan aman. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top