Home » Informasi » Manfaat Garam Himalaya Untuk Kesehatan

Manfaat Garam Himalaya Untuk Kesehatan

manfaat+garam+himalaya
Manfaat Garam Himalaya Untuk Kesehatan

Manfaat Garam Himalaya Untuk Kesehatan – Dari banyaknya jenis garam, pasti selama ini yang kita tahu adalah garam meja yang biasa digunakan untuk memasak. Namun, sebenarnya garam memiliki beberapa jenis lainnya, diantaranya yaitu garam himalaya. Apa itu garam himalaya? Dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

Garam himalaya adalah jenis garam yang bukan berasal dari air laut, namun terbentuk dari zat-zat yang terkubur di dalam lapisan tanah seperti larva, salju, dan es selama ribuan tahun. Garam ini tidak berwarna putih seperti garam biasa dan lebih cenderung ke merah muda. Dan warna tersebut sebenarnya merupakan kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

Garam ini tidak memiliki pemrosesan, sehingga aman untuk dikonsumsi, karena tidak ada zat tambahan di dalamnya. Selain itu fungsi garam himalaya ini juga sangat baik dalam membantu mengontrol tekanan darah yang ada di dalam tubuh.

Jika dibandingkan dengan garam meja, garam himalaya ini memiliki kandungan natrium yang lebih sedikit. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi natrium yang berlebihan ke dalam tubuh, akan berdampak tidak baik bagi orang yang memiliki masalah dengan tekanan darah. Oleh sebab itu, garam ini aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, gagal jantung, penyakit ginjal, dan penyakit hati.

Manfaat Garam Himalaya Untuk Kesehatan

Selain aman digunakan untuk memasak, garam himalaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantara manfaat yang didapat dari mengkonsumsi garam himalaya adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  Terminal Bus Baru Cilacap, Jawa Tengah

1. Pemasok Mineral Tubuh

Garam himalaya memiliki banyak sekali kadungan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Diantara mineral yang terkandung dalamnya yaitu zat besi, magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan semua jenis mineral tersebut tentunya sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

2. Membantu Melawan Infeksi

Garam himalaya juga memiliki peranan dalam melawan infeksi. Hampir setiap garam memiliki zat antimikroba yang selama ini lebih dikenal untuk mengawetkan bahan makanan. Namun, zat antimikroba tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan, yaitu sebagai zat yang mampu membantu melawan infeksi yang ada di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyak pakar kesehatan yang membuktikan bahwa mengkonsumsi natrium tinggi yang berasal dari garam, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, garam himalaya ini juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Misalnya jika bagian tubuh kita ada yang terluka, maka dioleskan saja dengan garam himalaya secukupnya untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.

4. Mencegah Dehidrasi

Mengkonsumsi garam himalaya juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan hidrasi. Perlu kita ketahui bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri dari garam elektrolit yang berfungsi sebagai keseimbangan cairan di dalam tubuh. Untuk itu, sangat baik jika mengkonsumi garam himalaya untuk mencegah dehidrasi.

5. Mencegah Kram Otot

Natrium yang terkandung di dalam garam himalaya dapat membantu keseimbangan cairan tubuh. Hal itu tentu saja akan membantu tubuh dalam memperlancar fungsi otot. Sehingga, dengan mengkonsumsi garam himalaya dapat mencegah terjadinya kram otot dan masalah otot lainnya.

6. Menjaga pH Tubuh

Selain berguna sebagai zat penyeimbang cairan di dalam tubuh, natrium juga berfungsi menetralkan zat asam. Zat asam yang terkontrol dengan baik dapat membantu keseimbangan pH tubuh dalam mengatur sistem kekebalan tubuh, hilangnya kepadatan tulang, dan batu ginjal. Selain itu, garam himalaya juga dapat digunakan untuk menetralkan asam lambung yang berlebihan.

Baca Juga :  Makanan Khas Cilacap Ini Wajib Kamu Coba

7. Mengeluarkan Racun Tubuh

Garam himalaya juga dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Denagn berendam di dalam air hangat yang dicampur garam himalaya, maka racun akan tertarik keluar dari tubuh. Selain itu, berendam dengan air garam himalaya juga dapat membantu melemaskan otot-otot, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.

8. Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh

Manfaat garam himalaya lainnya yaitu untuk meningkatkan fungsi organ tubuh, seperti membantu dalam menyerap nutrisi dari makanan, menjaga kekuatan tulang, menjaga kesehatan pembuluh darah, menjaga fungsi saluran pernapasan, meningkatkan fungsi ginjal, dan menjaga fungsi kandung empedu.

Demikianlah uraian mengenai manfaat garam himalaya untuk kesehatan. Garam himalaya ini merupakan garam murni yang ada dunia dan sangat jarang ditemui, serta harganya juga lebih mahal dari garam biasa. Dan salah satu tempat penambang garam himalaya tersendat kedua yaitu Khewra Salt Mint, Pakistan yang berada di bawah kaki gunung himalaya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top