Home » Pendidikan » Bagian – Bagian Tubuh Manusia Dan Fungsinya

Bagian – Bagian Tubuh Manusia Dan Fungsinya

bagian+bagian+tubuh+manusia
Bagian – Bagian Tubuh Manusia

Bagian – Bagian Tubuh Manusia Dan Fungsinya – Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam sistem biologi yang diatur oleh organ dalam tubuh. Ibarat sebuah mesin, tubuh manusia terdiri dari bagian-bagian yang bersatu-padu dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan kegiatan manusia. Nah, berikut akan diuraikan mengenai bagian-bagian tubuh manusia dan fungsinya masing-masing.

Secara umum, bagian-bagian tubuh manusia terdiri dari bagian kepala, badan, tangan, dan kaki. Setiap bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Misalnya bagian tangan untuk memegang dan kaki untuk berjalan.

Dengan mengenal seluruh bagian-bagian yang ada pada tubuh manusia, setidaknya kita memiliki gambaran betapa pentingnya kita harus menjaganya. Dan berikut merupakan bagian-bagian tubuh manusia lengkap dan fungsinya.

Bagian – Bagian Tubuh Manusia Dan Fungsinya

1. Bagian Kepala

Kepala manusia merupakan bagian tubuh yang terletak paling atas. Kepala ini merupakan ekstremitas atas yang dihubungkan oleh leher ke badan. Pada kepala manusia, terdapat bagian-bagian lainnya seperti mata, hidung, mulut, dan telinga.

Kepala manusia juga ditumbuhi rambut, ada jenis rambut lurus, keriting, dan bergelombang. Untuk rambut anak laki-laki pada umumnya pendek, sedangkan rambut anak perumpuan biasanya panjang. Selain itu, ada juga otak yang terdapat di bagian dalam kepala. Fungsi otak itu sendiri adalah untuk berpikir.

Mata

Mata adalah bagian yang terdapat di kepala bagian muka. Fungsi mata adalah untuk melihat. Mata dihiasi oleh alis mata dan bulu mata yang berfungsi sebagai pelindung mata.
Oleh karena itu, mata harus dijaga agar tetap sehat.

Baca Juga :  Cara Mengubah Persen Ke Pecahan Biasa

Telinga

Telinga adalah bagian tubuh manusia yang berada di bagian samping kepala. Telinga manusia ada dua, yaitu telinga kanan dan telinga kiri. Dan bagian telinga yang tampak dari luar adalah daun telinga. Fungsi telinga yaitu untuk mendengarkan suara yang berasal dari luar tubuh manusia.

Hidung

Hidung merupakan bagian kepala yang berada di bagian muka. Hidung manusia berjumlah satu dengan memiliki dua lubang. Di dalam hidung terdapat bulu hidung yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam hidung agar tetap bersih. Fungsi hidung secara umum yaitu untuk mencium aroma dan sebagai saluran pernafasan.

Mulut

Mulut juga merupakan bagian kepala manusia yang berada di bagian muka. Pada dasarnya, mulut terdiri dari bibir, yakni bibir atas dan bibir bawah. Selain itu, dibagian dalam mulut terdapat gigi dan ludah yang digunakan untuk mengunyah makanan. Fungsi mulut yaitu untuk berbicara, makan, dan minum.

Gigi

Gigi adalah bagian tubh manusia yang berada di dalam mulut. Pada anak-anak, terdapat jenis gigi yang disebut dengan gigi susu, jumlah gigi susu ada 20 buah. Gigi susu akan terlepas dan diganti dengan gigi tetap jika usia manusia menjadi besar. Gigi tetap orang dewasa berjumlah 32 buah. Fungsi gigi berguna untuk mengunyah makanan.

Lidah

Bagian adalah bagian tubuh yang berfungsi untuk mengecap rasa. Lidah berada didalam mulut dan digunakan untuk membantu ketika berbicara dan membolak-balikan makanan ketika dikunyah.

2. Bagian Leher

Leher merupakan bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai penghubung kepala dan badan. Leher digunakan untuk menopang kepala dan membantu pergerakan kepala ke atas dan ke bawah, kiri dan kanan. Selain itu, di dalam leher juga terdpat tenggorokan yang merupakan jalur masuknya makanan ke dalam perut.

Baca Juga :  Cara Menentukan Gabungan Himpunan

3. Badan

Badan adalah bagian manusia yang sebagai pangkal penghubung antara kepala, tangan, dan kaki. Di dalam badan, terdapat berbagai macam organ tubuh seperti jantung, paru-paru, lambung, hati, ginjal dan organ reproduksi. Seluruh bagian-bagian tubuh tersebut memiliki fungsi yang sangat penting, sehingga harus dijaga dengan baik.

4. Bagian Tangan

Manusia merupakan bagian tubuh yang berperan sebagai anggota gerak. Tangan manusia terdiri dari tangan kanan dan tangan kiri. Bagian-bagian tangan meliputi hasta, telapak tangan, dan jari tangan. Tangan manusia memiliki banyak fungsi, diantaranya yaitu untuk memegang, mengangkat, menarik, menulis, berjabat tangan dan lain sebagainya.

5. Kaki

Kaki manusia juga berperan sebagai anggota gerak. Manusia memiliki dua kaki, yakni kaki kanan dan kaki kiri. Bagian-bagian dari kaki meliputi paha, lutut, betis, telapak kaki, dan jari kaki. Kaki juga memiliki banyak fungsi, diantaranya yaitu untuk berdiri, berjalan, dan berlari.

Nah, demikianlah pembahasan bagian-bagian tubuh manusia dan fungsinya. Dengan begitu, maka kita tahu betapa penting manfaatnya untuk kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, penting bagi kita untuk menjaga dan merawat setiap bagian yang ada di dalam dan luar tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top