Home » Blog » Optimasi SEO Blog Meraih Halaman Pertama

Optimasi SEO Blog Meraih Halaman Pertama

optimasi+seo+blog+meraih+halaman+pertama
Optimasi SEO Blog

Optimasi SEO Blog – Optimasi SEO pada blog merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas blog di mesin pencari. Blog yang memiliki kualitas baik, nantinya akan terpilih di halaman pertama google. Berikut akan dibahas bagaimana cara melakukan optimasi SEO pada blog agar meraih halaman pertama.

Dalam menerapkan optimasi SEO pada blog, tidaklah semudah yang kita bayangkan. Karena semua itu butuh waktu dan praktek yang matang. Secara dasar, optimasi SEO blog terbagi menjadi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page.

Membangun sebuah blog dengan menerapkan SEO yang benar sangatlah penting. Jika dapat melakukan optimasi SEO on page dan off page secara benar, maka tidak menutup kemungkinan jika blog yang kita kelola dapat bersaing di mesin pencari google untuk meraih halaman pertama. Lalu, bagaimana caranya?

Optimasi SEO Blog Meraih Halaman Pertama

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa optimasi SEO pada blog dikelompokan menjadi dua metode, yaitu SEO on page dan SEO off page.

A. Optimasi SEO On Page

SEO on page merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas blog dengan strategi mengoptimalkan seluruh isi di dalam blog. Optimasi SEO on page ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya yaitu:

1. Nama Blog

Salah satu jenis SEO on page yang dapat diterapkan pada blog yaitu menentukan nama blog yang singkat dan sesuai tema. Misalkan kita akan membuat blog dengan tema “blogger”. Maka sebaiknya tentukan nama blog seperti : bloggertips, infoblog, tutorialblog, dll.

2. Deskripsi Blog

Deskripsi merupakan uraian pembahasan mengenai inti dari isi blog. Deskripsi blog inilah yang nantinya akan muncul pada hasil penelusuran di bawah judul. Oleh karena itu, isilah deskripsi blog dengan uraian singkat, padat, dan berisi yang mewakili isi artikel.

3. Kata Kunci (Keyword) Yang Tepat

Pemilihan keyword merupakan hal terpenting dalam mengoptimalkan sebuah blog. Karena kata kunci inilah yang akan memanggil situs kita dari mesin pencari. Keyword yang bagus yaitu memiliki volume pencairan tinggi dengan nilai pesaing rendah. Untuk pencarian keyword gratis, kita dapat menggunakan Ubersuggest atau Google Keyword Planner.

4. Template Fast Loading dan Mobile Friendly

Template mobile friendly merupakan tampilan yang dapat menyesuaian gadget. Misalkan pengunjung blog membuka blog kita pada smartphone, maka tampilan blog akan menyesuaian dengan sendirinya. Begitu juga dengan template yang memiliki kecepatan loading maksimal, hal ini tentunya akan membuat pengunjung blog akan merasa nyaman jika membuka halaman baru tanpa harus menunggu loading.

5. Kualitas Artikel

Kualitas sebuah artikel merupakan peranan utama yang sangat penting dalam membuat blog. Kualitas tersebut dapat kita lihat dari bahasa yang relevan dan memiliki tautan internal dan eksternal yang bagus. Serta memberikan informasi yang detail dan merupakan sebuah jawaban yang akurat. Sehingga tidak membuat pengunjung merasa kecewa setelah membaca postingan artikel.

6. Penautan Antar Halaman

Backlink merupakan sebuah tautan yang mengarah ke halaman atau artikel lain yang masih di blog (internal backlink). Namun juga bisa tautan dari situs lain yang mengarah ke dalam artikel blog (eksternal backlink). Dengan adanya backlink, seluruh artikel akan kita mudah ditemukan oleh pengunjung blog.

7. Gambar Pendukung

Menempatkan sebuah atau beberapa gambar pada artikel bertujuan agar pengunjung blog tidak bosan ketika membaca artikel. Cara optimasi seo page one pada gambar, sebaiknya gunakan gambar yang relevan dengan pembahasan artikel. Serta kompreslah gambar menjadi ukuran kecil agar tidak memberatkan kecepatan blog.

8. Optimasi Url (Permalink)

Permalink merupakan url yang mengarah ke artikel atau halaman blog. Untuk mengoptimasi SEO on page pada url, kita dapat mengedit permalink dengan kata kunci sebelum mempublikasikan artikel. Caranya yaitu dengan memilih menu permalink yang ada di sebelah kanan ketika kita menulis artikel di blog. Isilah permalink dengan menggunakan tanda strip (–) untuk memisahkan setiap kata dan jangan lupa klik simpan sebelum mempublikasikan artikel.

B. Optimasi SEO Off Page

SEO off page adalah cara meningkatkan kualitas blog dengan melakukan optimasi di luar blog. Dengan melakukan tehnik ini, blog akan memiliki reputasi yang baik. Sehingga bukan tidak mungkin jika blog akan muncul di halam pertama.

Tujuan melakukan tehnik SEO off page ini sebenarnya sama dengan optimasi SEO on page. Yaitu meningkatkan kualitas blog. Untuk mengoptimasi SEO Off page dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Berkomentar Di Blog Lain

Tehnik SEO off page yang pertama yang dapat dilakukan yaitu mengunjungi blog lain yang memiliki topik pembahasan sama dan memberi komentar yang baik. Cara ini juga sering disebut dengan blog walking. Dengan berkomentar dan menaruh link, tentunya si pemilik blog atau pengomentar lain akan berkunjung balik ke blog kita.

2. Membuat Backlink

Link building merupakan langkah membangun link yang mengarah ke blog kita. Dengan melakukan tehnik ini, blog akan memiliki nilai dan reputasi yang baik di mata mesin pencari. Dan cara ini sangat efektif dalam meningkatkan SEO blog.

Guest Blogging hampir sama dengan link building. Istilah lain dari guest blogging ini adalah akar blog. Jika link building merupakan sebuah url, guset building ini adalah membuat blog yang di dalamnya terdapat tautan yang mengarah ke blog kita.

3. Mendaftar Ke Website Directory

Mendaftarkan (submite) artikel atau blog pada beberapa website directory merupakan cara untuk menerapkan SEO off page pada blog. Melalui cara ini, blog akan memiliki signal-signal yang tautan yang mengarah ke blok. Oleh karena itu, tehnik ini sangat di sarankan untuk mengingkatkan kualitas blog.

4. Share Ke Forum Dan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial maupun forum yang memiliki anggota yang lumayan banyak, merupakan hal bagus untuk menerapkan SEO off page. Yaitu dengan memposting arteikel ke berbagai situs media sosial dan forum. Kemudian menyertakan tautan di dalam postingan tersebut yang mengarah ke blog kita.

Kesimpulan dari SEO off page yaitu mempromosikan blog dengan membuat tautan yang mengarah ke blog. Tautan-tautan tersebut merupakan blacklink yang kuat sebagai perujuk atau akar pendukung menuju blog untuk meraih reputasi yang baik.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai optimasi SEO blog agar meraih halaman pertama di mesin pencari google. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *