Home » Matematika » Satuan Luas Tanah Hektare, Are, Dan Meter Persegi

Satuan Luas Tanah Hektare, Are, Dan Meter Persegi

+hektare+are+meter+persegi
Satuan Luas Tanah Hektar, Are, Dan Meter Persegi

Satuan Luas Tanah Hektare, Are, Dan Meter Persegi – Dalam pengukuran luas tanah, setiap orang biasanya berbeda-beda dalam menyebutkan satuan luas yang digunakan. Yang paling umum dipakai adalah hektare dan meter persegi (m²). Meskipun ada juga yang menyebutkan dengan satuan are.

Menurut satuan internasional (SI), standar satuan luas adalah meter persegi. Meskipun begitu, hektare dan are juga termasuk dalam konversi satuan luas yang juga telah diterima sebagai satuan internasional dalam pengukuran bidang tanah.

Nah, mengenai beberapa jenis satuan luas tanah tersebut, tentunya kita penasaran dan ingin tahu sebenarnya hubungan dari masing-masing satuan luas tanah tersebut seperti apa sih? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

Satuan Luas Tanah Hektare, Are, Dan Meter Persegi

Satuan Hektare (ha)

Hektare adalah satuan luas dalam sistem matrik yang telah diterima sebagai satuan internasional. 1 hektare nilainya sama dengan 100 are atau 10.000 m². Dalam definisi lain 1 hertare yaitu 100 x 100 m dan telah digunakan sebagai satuan standar luas tanah sebagai pengganti satuan unit acre. Dan nilai 1 hektare adalah sama dengan 2,47 acre.

Baca Lainnya :  1 Kuintal Ada Berapa Kg?

Satuan Are (a)

Are adalah satuan unit model lama dari sistem metrik dan diluar dari satuan internasional yang sudah modern. Satuan luas are ini sudah umum digunakan di berbagai negara seperti Indonesia, India, Perancis, Portugis, Polandia, Belanda, dan Jerman. Nilai 1 are sama dengan 100 m² atau 10 m x 10 m.

Meter Persegi (m2)

Meter persegi (square meter) adalah satuan luas dalam standar internasional yang digunakan untuk luas area yang muncul dari dasar satuan panjang m (meter). Nilai 1 m² sama dengan 10 m x 10 m.

Setelah mengetahui penjelasan dari masing-masing satuan luas yang digunakan dalam pengukuran tanah, saatnya untuk mengetahui hubungan antara satuan luas tersebut. Perhatikan gambar tangga satuan luas berikut ini.

Baca Lainnya :  Cara Menghitung Segitiga Dan Contoh Soal
satuan+luas+tanah
Tangga Satuan Luas

Dari gambar diatas, dapat diperoleh hubungan antara satuan hektare, Are dan meter persegi yaitu sebagai berikut.

  • 1 hektare = 100 Are
  • 1 hektare = 10.000 m²
  • 1 Are = 100 m²
  • 1 dam² = 100 m²
  • 1 dam² = 1 Are
  • 1 hektare = 1 hm²

Demikianlah penjelasan mengenai satuan luas tanah hektare, Are, dan meter persegi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top