Home » Pendidikan » Cara Menggambar Bulan Sabit Dan Bintang

Cara Menggambar Bulan Sabit Dan Bintang

cara+menggambar+bulan+sabit+dan+bintang
Cara Menggambar Bulan Sabit Dan Bintang

Cara Menggambar Bulan Sabit Dan Bintang – Bulan dan bintang merupakan benda langit yang bersinar di malam hari. Cahayanya terlihat indah menerangi gelap malam. Oleh sebab itulah biasanya anak-anak TK suka sekali menggambar bulan dan bintang.

Bulan itu sendiri ada bulan sabit dan bulan purnama. Bulat sabit adalah bulan yang terlihat seperti huruf C, sedangkan bulan purnama adalah bulan penuh berbentuk bulat. Sementara itu, bintang sering dikenal oleh anak-anak berbentuk bintang lima.

Nah, bagi orang tua yang ingin mengajarkan cara menggambar bulan dan bintang kepada anaknya, silahkan ikuti panduan berikut ini. Karena akan memberikan langkah-langkah cara menggambar bulan sabit dan bintang beserta cara mewarnainya.

Langkah – Langkah Menggambar Bulan Sabit Dan Bintang

Sebelum memulainya, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan menggambarnya, seperti pensil, penghapus, dan pewarna. Jika sudah siap, langsung saja ikuti cara menggambar bulan sabit dan bintang di bawah ini.

Cara Menggambar Bulan Sabit

Langkah pertama, kita akan menggambar bulan sabit dengan pensil terlebih dahulu. Mulailah menggambar dengan menggambar lengkungan mirip huruf C seperti gambar di bawah ini.

cara+menggambar+bulan+sabit

Kemudian, lanjutkan dengan membuat lengkungan huruf C yang lebih kecil di depannya dengan kedua ujungnya saling bertemu dengan huruf C yang sebelumnya.

cara+menggambar+bulan+sabit

Nah, bulan sabit telah selesai digambar. Bagaimana, sangat mudah kan cara menggambar bulan sabit? Untuk langkah selanjutnya yaitu menggambar bintang.

Cara Menggambar Bintang

Ada beberapa bentuk bintang, misanya bintang lima, bintang enam, dan bintang delapan. Namun, karena biasanya anak-anak hanya tahu bintang lima, maka berikut akan diuraikan langkah-langkah cara menggambar bintang lima.

Baca Juga :  Cara Menggambar Rumah Yang Gampang

Langkah pertama adalah membuat garis lurus dari bawah ke atas dengan posisi serong ke kanan.

cara+menggambar+bintang

Kemudian pada ujung garis akhir, teruskan menggambar garis lurus ke bawah dengan posisi serong ke kanan. Sehingga akan terbentuk seperti gambar di bawah ini.

cara+menggambar+bintang

Kemudian lanjutkan membuat garis ke arah kiri dengan posisi sedikit naik ke atas.

cara+menggambar+bintang

Setelah itu, tarik garis lurus ke arah kanan melewati garis pertama dan kedua.

cara+menggambar+bintang

Langkah terakhir adalah membuat garis lurus menuju titik semua. Agar lebih rapi, silahkan hapus garis-garis yang berada di tengah bintang. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

cara+menggambar+bintang

Setelah berhasil menggambar bulan sabit dan bintang, kita tinggal memadukan kedua gambar tersebut. Untuk letak dan ukurannya bebas menyesuaikan kertas gambar.

cara+menggambar+bulan+sabit+dan+bintang

Setelah gambar bulan sabit dan bintang selesai digambar, maka langkah selanjutnya yaitu mewarnai obyek gambar.

Mewarnai Gambar Bulan Dan Bintang

Sebelum memulai mewarnai gambar, sebaiknya rapihkan terlebih dahulu masing-masing gambar. Hapus garis-garis yang tidak diperlukan dengan penghapus. Kemudian barulah mewarnai gambar dengan pewarna yang tersedia.

mewarnai+gambar+bulan+dan+bintang
Mewarnai Gambar Bulan Dan Bintang

Dalam mewarnai gambar bulan maupun bintang, usahakan pewarna tidak keluar dari gari garis agar hasil gambar terlihat rapih. Dan untuk warna background atau latar, pilihlah secocok mungkin dengan suasananya.

Kita pasti sudah paham, jika bukan dan bintang hanya bersinar di malam hari. Untuk itu, dalam mewarnai latar gambar bulan dan bintang sebaiknya menggunakan warna gelap. Dengan begitu, maka hasil gambar akan terlihat lebih nyata.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggambar bulan sabit dan bintang. Semoga dapat dijadikan rekomendasi dalam menggambar, khususnya untuk anak paud dan TK. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top