Home » Pendidikan » Rumus Luas Dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal

Rumus Luas Dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal

rumus+luas+dan+keliling+segitiga
Rumus Luas Dan Keliling Segitiga

Rumus Luas Dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal – Segitiga merupakan bangun datar yang sering muncul pada soal matematika. Bangun segitiga ini bisa dikatakan memiliki bentuk sederhana, karena hanya memiliki tiga buah sisi. Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang rumus luas segitiga, keliling segitiga, dan contoh soal pembahasannya.

Pengertian Segitiga

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rumus luas dan keliling segitiga, perlu kita ketahui bahwa segitiga adalah salah satu bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh tiga buah sisi dan memiliki tiga buah titik sudut yang jumlahnya 180º.

Berdasarkan bentuk sisinya, segitiga terbagi menjadi tiga, yakni segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sembarang. Segitiga sama kaki merupakan segitiga yang memiliki dua sisi sama panjang. Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Sedangkan segitiga sembarang adalah segitiga yang ketiga sisinya memiliki panjang yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Sedangkan menurut besar sudutnya, segitiga juga terbagi menjadi tiga, yakni segitiga tumpul, segitiga siku, dan segitiga sembarang. Segitiga tumpul merupakan segitiga yang salah satu sudutnya lebih dari 90º. Segitiga lancip adalah segitiga yang ketiga sudutnya kurang dari 90º. Sedangkan segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya besarnya 90º.

Sifat – Sifat Segitiga

Setiap bangun datar memiliki sifat-sifat yang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Dan berikut merupakan sifat-sifat segitiga.

  • Memiliki 3 sisi.
  • Memiliki 3 titik sudut.
  • Jumlah ketiga sudutnya adalah 180º.

Rumus Luas, Keliling, Alas, Dan Tinggi Segitiga Beserta Contoh Soal

Segitiga merupakan bangun dua dimensi yang memiliki sisi alas dan tinggi. Sisi alas adalah sisi bawah yang segitiga. Sedangkan tinggi segitiga adalah garis tegak lurus yang merupakan jarak antara sisi alas dengan ujung titik sudut yang berseberangan.

Baca Juga :  Satuan Ukuran Panjang Dan Contoh Soal

Dengan setiap ukuran yang ada, maka sebuah bangun segitiga dapat dihitung luas dan keliling serta panjang sisi alas dan tingginya dengan menggunakan rumus matematika sebagai berikut.

Luas (L) = ½ × a × t
Keliling (K) = s1 + s2 + s3
Alas (a) = (2 × L) : t
Tinggi (t) = (2 × L) : a

Rumus Luas Segitiga

Rumus luas segitiga adalah setengah dari perkalian alas dan tinggi segitiga, atau dituliskan L = ½ × a × t. Untuk memahami rumus menghitung luas segitiga tersebut, perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Menghitung Luas Segitiga

Diketahui sebuah segitiga memiliki panjang alas 10 cm dan tinggi 5 cm. Hitunglah berapa luas segitiga tersebut!

Penyelesaian:
L = ½ × a × t
L = ½ × 10 × 5
L = ½ × 50
L = 25 cm²
Jadi, luas segitiga tersebut adalah 25 cm².

Rumus Keliling Segitiga

Rumus keliling segitiga adalah jumlah ketiga sisinya, atau dituliskan K = s1 + s2 + s3. Untuk memahami rumus menghitung keliling segitiga tersebut, perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Menghitung Keliling Segitiga

Diketahui sebuah segitiga memiliki panjang sisi 10 cm, 12 cm, dan 13 cm. Hitunglah berapa keliling segitiga tersebut!

Penyelesaian:
K = s1 + s2 + s3
K = 10 + 12 + 13
K = 35 cm
Jadi, keliling segitiga tersebut adalah 35 cm.

Rumus Alas Segitiga

Rumus alas segitiga adalah dua kali luas dibagi ukuran tingginya, atau dituliskan a = (2 × L) : t. Untuk memahami rumus mencari sisi alas segitiga tersebut, perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Menghitung Alas Segitiga

Luas sebuah segitiga adalah 80 cm². Jika tinggi segitiga tersebut adalah 10 cm, hitunglah berapa panjang sisi alas segitiga tersebut!

Penyelesaian:
a = (2 × L) : t
a = (2 × 80) : 10
a = 160 : 10
a = 16 cm
Jadi, sisi alas segitiga tersebut adalah 16 cm.

Baca Juga :  Sifat - Sifat Kubus Beserta Gambarnya

Rumus Tinggi Segitiga

Rumus tinggi segitiga adalah dua kali luas dibagi panjang sisi alasnya, atau dituliskan t = (2 × L) : a. Untuk memahami rumus mencati tinggi segitiga tersebut, perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Menghitung Tinggi Segitiga

Sebuah persegi mempunyai luas 80 cm². Jika panjang sisi alasnya adalah 16 cm, hitunglah berapa tinggi segitiga tersebut!

Penyelesaian:
t = (2 × L) : a
t = (2 × 80) : 16
t = 160 : 16
t = 10 cm
Jadi, tinggi segitiga tersebut adalah 10 cm.

Demikianlah pembahasan mengenai rumus luas dan keliling segitiga beserta contoh soal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top