Home » Pendidikan » Rumus Volume Balok Dan Contoh Soal

Rumus Volume Balok Dan Contoh Soal

rumus+volume+balok
Rumus Volume Balok

Rumus Volume Balok Dan Contoh Soal – Pernahkan kalian melihat aquarium yang terisi penuh dengan air? Nah, aquarium merupakan salah satu contoh benda berbentuk balok. Sedangkan air yang ada di dalam aquarium tersebut dinamakan isi atau volume. Lalu, tahukah berapa banyaknya air yang ada di dalam aquarium? Oke, pada kesempatan kali ini kita akan belajar rumus menghitung volume balok.

Balok adalah salah satu bangun ruang yang dibatasi oleh tiga pasang sisi sejajar yang berbentuk persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak terdapat satu pasang di antaranya memiliki ukuran berbeda.

Bangun ruang balok memiliki 6 sisi. Sisi-sisi balok yang saling berhadapan memiliki luas yang sama. Balok juga memiliki 12 rusuk. Rusuk-rusuk pada balok terdiri dari 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar dan 4 rusuk tinggi. Ukuran pada rusuk panjang, lebar dan tinggi itulah yang digunakan untuk menghitung volume balok.

Rumus Volume Balok Dan Contoh Soal

Volume balok adalah seberapa banyak ruangan di dalam balok dapat ditempati oleh suatu objek. Objek yang mampu menempati ruangan balok dapat kita hitung dengan menggunakan rumus. Rumus untuk menghitung volume bangun ruang adalah luas alas x tinggi.

Luas alas balok adalah luas sisi bagian bawah balok. Alas balok merupakan bangun segi empat. Setiap bangun segi empat memiliki ukuran panjang dan lebar. Nah, untuk menentukan luas alas balok adalah dengan mengkalikan ukuran panjang dan lebar.

Sementara itu, tinggi balok adalah dimensi yang dimiliki oleh sisi tegak balok. Sisi tegak balok adalah sisi yang tegak lurus dengan sisi alas balok. Dengan begitu, maka diperoleh rumus untuk menghitung volume balok adalah sebagai berikut:

Baca Lainnya:   Cara Mencari Nilai Tengah (Median)

Rumus Volume Balok = panjang × lebar × tinggi
V = p × l × t

Perlu diketahui bahwa ukuran rusuk-rusuk balok biasanya menggunakan satuan panjang, seperti meter (m), centimeter cm (cm), milimeter (mm). Sementara itu, satuan untuk volume adalah satuan panjang kubik (pangkat 3). Misalnya m3 (dibaca meter kubik).

Nah, jika ada salah satu ukuran rusuk yang berbeda maka kita harus menyamakannya terlebih dahulu. Misalnya ukuran panjang balok adalah m, sedangkan ukuran lebar dan tingginya adalah cm, maka kita harus mengubah satuannya menjadi m semua atau cm semua.

Dari rumus di atas, kita juga dapat mencari ukuran panjang balok, lebar balok dan tinggi balok apabila telah diketahui volumenya. Adapun rumus-rumusnya yaitu sebagai berikut:

Rumus Mencari Panjang Balok = V : (l × t)
Rumus Mencari Lebar Balok = V : (p × t)
Rumus Mencari Tinggi Balok = V : (p × l)

Keterangnan:
V = volume balok
p = panjang balok
l = lebar balok
t = tinggi balok

Contoh Soal Menghitung Volume Balok
1. Sebuah balok memiliki ukuran panjang 10 cm, lebar 8 cm dan tinggi 5 cm. Hitunglah berapa volume balok tersebut!

Penyelesaian:
V = p × l × t
V = 10 × 8 × 5
V = 400 cm3
Jadi, volume balok tersebut adalah 400 cm3.

2. Sebuah balok memiliki ukuran panjang 50 dm, lebar 400 cm dan tinggi 3000 mm. Hitunglah berapa m3 volume balok tersebut!

Penyelesaian:
Karena satuan yang ditanyakan adalah meter, maka kita harus mengubahya terlebih dahulu ke meter semua sebelum menghitung volume balok.
p = 50 dm = 5 m
l = 400 cm = 4 m
t = 3000 mm = 3 m

Baca Lainnya:   Limas: Pengertian, Unsur, Jenis, Rumus dan Contoh Soal

V = p × l × t
V = 5 × 4 × 3
V = 60 m3
Jadi, volume balok tersebut adalah 60 m3.

3. Diketahui volume balok adalah 600 cm³. Jika panjang rusuknya 10 cm dan lebarnya 6 cm, hitunglah berapa tinggi balok tersebut!

Penyelesaian:
t = V : (p × l)
t = 600 : (20 × 6)
t = 600 : 120
t = 5 cm
Jadi, tinggi balok tersebut adalah 5 cm.

4. Diketahui volume balok adalah 1000 cm³. Jika panjang rusuknya 20 cm dan tingginya 5 cm, hitunglah berapa lebar balok tersebut!

Penyelesaian:
l = V : (p × t)
l = 1000 : (20 × 5)
l = 1000 : 100
l = 10 cm
Jadi, lebar balok tersebut adalah 10 cm.

5. Diketahui volume balok adalah 800 cm³. Jika lebar rusuknya 8 cm dan tingginya 5 cm, hitunglah berapa panjang balok tersebut!

Penyelesaian:
p = V : (l × t)
p = 800 : (8 × 5)
p = 800 : 40
p = 20 cm
Jadi, panjang balok tersebut adalah 10 cm.

Demikianlah pembahasan mengenai rumus volume balok, rumus panjang balok, rumus lebar balok, rumur tinggi balok dan contoh soalnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top