Home » Informasi » Jenis – Jenis Aglonema Beserta Gambarnya

Jenis – Jenis Aglonema Beserta Gambarnya

jenis+jenis+aglonema
Jenis – Jenis Aglonema

Jenis – Jenis Aglonema – Dari kecantikan berbagai warna daunnya, menjadikan tanaman hias aglonema menjadi populer akhir-akhir ini. Namun, tahukah Anda jika tanaman hias daun ini ternyata memiliki berbagai jenis spesies yang berbeda?

Selain kecantikannya, tanaman hias yang sering dijuluki sebagai “ratu daun” atau sri rejeki ini juga mampu beradaptasi dengan cahaya lampu dengan baik. Sehingga tak heran jika tanaman algonema ini sering dijumpai di dalam ruangan untuk mempercantik tata ruang.

Perlu diketahui bahwa tanaman hias aglonema memiliki sekitar 30 macam spesies tanaman yang tersebar di seluruh dunia. Nah, berikut akan diinformasikan jenis-jenis tanaman hias aglonema yang sedang populer di Indonesia.

Jenis – Jenis Tanaman Hias Aglonema Dan Gambarnya

1. Aglonema Bidadari

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Bidadari

Tanaman hias aglonema bidadari ini memiliki beragam jenis warna yang cantik pada daunnya. Seperti warna kuning, jingga, pink, dan hijau disertai tangkai penopang berwarna merah muda dan pada ujungnya tumbuh bintik-bintik hijau. Sehingga, tidak salah jika menyandang julukan bidadari, karena daunnya yang cantik layaknya bidadari.

Tanaman aglonema ini termasuk dalam golongan tanaman hias daun yang mahal. Hal ini didasari oleh kombinasi warnanya yang cantik yang membuat siapapun yang melihatnya pasti akan terpesona.

2. Aglonema Pride Of Sumatera

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Pride of Sumatera

Aglonema pride of sumatera merupakan awal generasi tanaman hias aglonema berwarna merah. Jenis tanaman hias daun ini juga termasuk dalam golongan aglonema yang mahal harganya.

Jenis aglonrma ini memiliki karakteristik yang kokoh dengan bentuk daun elips memanjang disertai tangkai daun berwarna pink dan tambahan bintik bercak berwarna hijau gelap, merah, pink dan tulang daun yang merah menyala.

3. Aglonema Red Ruby

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Red Ruby

Aglonema red ruby merupakan tanaman hias daun dengan jenis warna daun yang cantik, yaitu warna merah ruby yang dikombinasi dengan sedikit warna hijau. Tanaman hias ini dikenal mampu berumur panjang dalam mempertahankan kesegaran daunnya selama bertahun-tahun.

4. Aglonema Moonlight

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Moonlight

Berikutnya ada aglonema moonlight, tanaman hias ini termasuk jenis yang terbaik di Indonesia. Memiliki tampilan yang sangat ideal dengan bentuk daun yang cekung dan membulat layaknya sebuah bulan.

Warnanya pun tegas dan cantik dengan tulang daun berwarna merah yang melengkapi keindahan aglonema monnlight ini.

5. Aglonema Adelia

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Adelia

Aglonema adelia merupakan jenis tanaman hias aglonema golongan warna merah yang dapat tumbuh mencapai 30 cm. Namanya diambil dari seorang kolektor tanaman hias, Adelia Angeles yang berasal dari Manila, Thailand.

Bentuk daunnya berujung runcing dengan warna merah yang menyala. Kecantikannya semakin terlihat pada bentuk daunnya yang besar, mengkilat, dan mempesona dengan kombinasi warna merah dan hijau yang menyatu.

Aglonema adelia ini memiliki perawatan khusus, yaitu harus ditempatkan pada daerah yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Penyiramannya pun dilakukan secara berkala dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak.

6. Aglonema Legacy

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Legacy

Aglonrma legency juga termasuk salah satu jenis golongan tanaman hias yang harganya mahal. Bentuk daunnya bulat meruncing pada ujungnya serta berwarna hijau kekuningan dan terdapat bercak hijau gelap yang tersebar merata di permukaan daunnya.

Ciri khas dari aglonema legacy ini adalah permukaan daunnya dikelilingi oleh tulang daun yang berwarna merah lembut. Sehingga, menjadi daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya.

7. Aglonema Claudia

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Claudia

Aglonema claudia adalah jenis tanaman hias daun yang berasal dari negara Thailand. Biasanya diletakkan sebagai penghias tata ruang yang diletakan di dekat jendela. Perawatannya pun cukup mudah, cukup lakukan penyiraman secara teratur dan pemupukan sebulan sekali.

Karakteristik dari dari aglonema claudia ini adalah struktur daunnya yang tapi dan tersebar secara merata serta komposisi letak daunnya juga teratur pada setiap tangkainya. Sementara itu, daunnya berwarna hijau pucat atau hijau kekuning-kuningan.

8. Aglonema Lipstik

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Lipstik

Nama tanaman aglonema selanjutnya adalah aglonema lipstik atau sering disebut juga siam auror. Jenis tanaman hias daun ini dijuluki dengan lipstik karena di sekeliling daunnya berwarna merah seperti warna lisptik pada umumnya.

Ciri-ciri aglonema merah siam auror ini yaitu memiliki daun berwarna merah yang dikombinasi dengan warna hijau daun yang mengkilap.

9. Aglonema Widuri

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Widuri

Bentuk daunnya oval dan permukaannya sedikit agak cekung melebar yang didominasi dengan warna pink. Jenis aglonema ini merupakan yang paling mudah dikembangbiakkan, karena tunas-tunas anak yang tumbuh di sekitar induk aglonema widuri ini sangat banyak.

Karakteristik dari aglonema widuri adalah memiliki bagian tulang daun yang nampak merah menyala. Sedangkan daunnya berwarna kekuningan karena corak hijaunya yang lebih sedikit.

10. Aglonema Cinta

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Cinta

Seperti namanya, tanaman hias aglonema cinta ini sangat identik dengan ungkapan cinta kasih dan sayang. Jenis aglaonema ini mampu bertahan dengan suhu ruangan dan sangat mudah ditanam.

Aglonema cinta termasuk dalam tanaman hias yang paling favorit. Warna permukaan daunnya dikombinasi dengan warna hijau, kuning, oren, dan pink yang serba ornamental yang menjadikan tampilannya sangat cantik dan menarik.

11. Aglonema Red Kochin

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Kochin

Ciri khas dari aglonema kochin ini adalah memiliki tangkai daun yang panjang, sehingga tampak anggun dan sangat memukau keindahannya. Serta daunnya yang lebih merah dengan sentuhan hijau di tepi daunnya.

Biasanya jenis aglonema ini ditempatkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Media tanam yang digunakan biasanya menggunakan tanah humus atau kompos dengan penyiraman air sebanyak dua kali dalam sehari.

Jenis aglonema kochin ini sering disebut manee srisuk dan memiliki banyak variannya, seperti kochin merapi, kochin tembaga, kochin brown, kochin pink, kochin paramruay, dan aglonema kochin golden love.

12. Aglonema Tiara

jenis+jenis+aglonema
Aglonema Kochin

Aglonema tiara termasuk dalam golongan tanaman hias yang harganya mahal dan sering dijadikan ajang perlombaan pameran bunga nasional. Daunnya tumbuh secara merata dengan ciri khas spot warna merah kecil yang menyala.

Pertumbuhan jenis aglonema ini tergolong cepat, karena sangat mudah bertunas. Kecantikannya semakin terlihat komposisi yang rapi antara induk dan anaknya yang tumbuh secara teratur di sekelilingnya.

Ternyata banyak juga ya? Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis aglonema beserta gambarnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top