Home » Pendidikan » Macam – Macam Bidang Dalam Seni Rupa

Macam – Macam Bidang Dalam Seni Rupa

macam+macam+bidang
Macam – Macam Bidang Dalam Seni Rupa

Macam – Macam Bidang Dalam – Selain bentuk, bidang juga termasuk pendukung unsur seni rupa yang penting. Karena dengan adanya bidang, dapat tercipta sebuah bentuk. Nah, pada pembahasan kali ini akan memberikan informasi tentang pengertian dan macam-macam bidang yang ada dalam seni rupa.

Pengertian Bidang

Bidang adalah unsur seni rupa yang terbentuk oleh hubungan antara beberapa garis yang mempunyai dimensi panjang dan lebar. Berbeda dengan bentuk yang mempunyai dimensi panjang, lebar, dan ketebalan.

Sebuah bidang juga dapat terbentuk karena adanya sapuan warna. Bidang dibatasi dengan kontur yang dapat diperlebar ke semua arah. Bidang disebut juga dengan bentuk 2 dimensi atau bangun datar atau bentuk pipih.

Kumpulan dari berbagi jenis bidang dapat membentuk suatu bangun ruang. Dalam seni rupa, terdapat beberapa jenis bidang dasar, seperti segitiga, segiempat, lingkaran, oval, dan lain sebagainya.

Fungsi Bidang

Bidang dalam seni rupa sangat berpengaruh atas terbentuknya suatu karya seni. Diantara fungsi bidang adalah sebagai berikut :

  • Untuk menekankan nilai ekspresi, nilai gerak, nilai irama, dan nilai arah.
  • Untuk memberikan batas dan bentuk ruang seperti yang tampak pada bangun tiga dimensi.
  • Untuk memberikan kesan trimatra yang ditimbulkan oleh dimensi panjang, lebar, dan tinggi.
  • Memberikan kesan tenang, statis, stabil, dan gerak pada bidang vertikal dan horizontal.
  • Memberikan kesan yang stabil dan gerak pada bidang bundar.
  • Memberikan kesan statis dan dinamis pada bidang-bidang bersudut.
  • Memberikan kesan irama dan gerak pada bidang lengkung atau bergelombang.

Macam – Macam Bidang Dalam Seni Rupa

Berdasarkan bentuknya, bidang atau pun bentuk terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu bidang organis (biomorfis), bidang geometris, bidang tak beraturan, dan bidang bersudut.

Baca Juga :  Rumus Jajar Genjang Dan Contoh Soal

Bidang Organis

Bidang organis atau biomorfosis merupakan bentuk yang tercipta secara bebas dari gambaran kehidupan alam. Bidang organis ini dibatasi oleh lengkungan bebas. Contohnya adalah bidang sawah, taman lapangan, langit, laut, dan lain sebagainya.

Bidang Geometris

Bentuk geometris adalah bentuk teratur yang memiliki pengukuran secara matematis dalam berbagai arah. Kesan yang diberikan oleh bidang geometris merupakan kesan formal. Contohnya adalah segitiga, segiempat, segilima, segienam, lingkaran, dan elips.

Bidang Tak Beraturan

Bidang tak beraturan juga disebut sebagai bidang non geometris yang memiliki kesan tidak formal. Bidang ini dibatasi oleh garis lurus dan lengkung yang secara matematika tidak saling kait mengkait. Salah satu contoh bidang tak beraturan adalah bentuk abstrak, karena abstrak tidak sesuai dengan bentuk alam dan tidak beraturan.

Bidang Bersudut

Bidang bersudut merupakan bidang yang dibatasi oleh beberapa lurus yang secara matematika tidak saling mengkait. Contoh bidang bersudut antara lain segitiga, segiempat, segilima, dan seluruh bidang selain lengkungan atau lingkaran.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, fungsi, dan macam-macam bidang dalam seni rupa. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top