Home » Pendidikan » Penjumlahan Pecahan Biasa Dengan Persen

Penjumlahan Pecahan Biasa Dengan Persen

penjumlahan+pecahan+dengan+persen
Penjumlahan Pecahan Dan Persen

Penjumlahan Pecahan Biasa Dengan Persen – Pada pembahasan sebelumnya telah dipelajari bagaimana cara menjumlahan pecahan biasa dengan pecahan desimal. Nah, pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan tentang cara menghitung penjumlahan pecahan biasa dengan persen.

Seperti yang kita tahu bahwa pecahan biasa adalah bentuk pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut (a/b), sedangkan persen merupakan pecahan yang ditulis dengan simbol persen (%) yang merupakan bentuk pecahan perseratus. Dan untuk menjumlahan pada pecahan biasa dengan persen yaitu dengan mengubahnya ke salah satu bentuk pecahan yang dipertanyakan.

Sebagai contoh, kita mengerjakan sebuah soal untuk penjumlahan antara pecahan dan persen. Sedangkan hasil yang dipertanyakan adalah bentuk persen, maka kita harus mengubah pecahan biasa tersebut ke bentuk persen terlebih dahulu agar hasilnya dalam bentuk persen. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Menghitung Penjumlahan Pecahan Biasa Dengan Persen

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa untuk melakukan penjumlahan antara pecahan biasa dan persen yaitu dengan mengubah ke salah satu bentuk yang dipertanyakan. Untuk itu, berikut akan disajikan contoh soal penjumlahan antara pecahan biasa dan persen beserta cara penyelesaian ke bentuk pecahan dan bentuk persen.

A. Mengubah ke Bentuk Pecahan Biasa

Contoh : 3/4 + 50% = …?

Langkah pertama adalah mengubah 50% menjadi pecahan biasa

50% = 50/100 = 5/10 = 1/2

Selanjutnya melakukan penjumlahan pada soal tersebut

3/4 + 1/2 = …?

Untuk melakukan penjumlahan pada pecahan, langkah pertama yaitu menyamakan masing-masing penyebutnya. Untuk menyamakan penyebutnya, kita dapat menggunakannya dengan rumus KPK. Setelah penyebutnya disamakan, lakukan penjumlahan pada pembilangnya saja. Untuk lebih jelasnya, perhatian langkah-langkah di bawah ini :

4 = 4, 8, 12, …
2 = 2, 4, 6, …
KPK dari 4 dan 2 adalah 4

Karena 3/4 nilai penyebutnya sudah 4, maka kita perlu mengubah 1/2 menjadi penyebut 4

1/2 = 2/4

Sehingga, bentuk penjumlahan pecahannya menjadi seperti berikut

3/4 + 2/4 = 5/4 = 1 1/4

Jadi, hasil penjumlahan dari 3/4 + 50% = 1 1/4

B. Mengubah ke Bentuk Persen

Contoh : 3/4 + 50% = …?

Langkah pertama adalah mengubah pecahan 3/4 menjadi bentuk persen

3/4 × 100% = 300/4 = 75%

Selanjutnya tinggal melakukan penjumlahan pada soal tersebut

75% + 50% = 125%

Jadi, hasil penjumlahan dari 3/4 + 50% = 125%

Ternyata caranya mudah ya? Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung penjumlahan pecahan biasa dengan persen. Kita dapat menghitungnya dengan dua cara berbeda tergantung dari soal yang dipertanyakan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top