Home » Bagian-Bagian Limas Segi Empat Dan Gambarnya

Bagian-Bagian Limas Segi Empat Dan Gambarnya

bagian+bagian+limas+segi+empat
Bagian-Bagian Limas Segi Empat

Bagian-Bagian Limas Segi Empat Dan Gambarnya – Jika belum tahu seperti apa bentuk limas, perhatikanlah piramida. Ya, piramida merupakan contoh benda berbentuk limas. Limas adalah suatu bangun ruang yang memiliki bagian-bagian pembentuknya. Lalu apa saja bagian-bagian yang pada bangun limas?

Pengertian Limas

Limas adalah bangun ruang yang dibentuk oleh bidang sisi alas berbentuk segi-n, serta sisi selimut yang berbentuk segitiga yang ujungnya saling berhimpit pada sebuah titik puncak. Ada beberapa jenis limas, diantaranya yaitu limas segitiga, segi empat, segi lima dan seterusnya.

Secara umum, bagian-bagian bangun ruang terdiri dari rusuk, bidang sisi, titik sudut, diagonal sisi, diagonal ruang, dan bidang diagonal. Namun, ada salah satu bagian tersebut yang tidak dimiliki oleh limas. Untuk lebih jelasnya, simak pembahan berikut ini.

Bagian-Bagian Limas Segi Empat Dan Gambarnya

Limas segi empat adalah salah satu jenis limas yang memiliki bentuk alas segi empat yang dibentuk oleh 8 buah rusuk, 5 buah bidang sisi, 5 buah titik sudut, 2 diagonal bidang, dan 2 buah diagonal ruang. Untuk memahami bagian-bagian limas tersebut, perhatikanlah gambar limas segi empat O.ABCD di atas dan simak penjelasan berikut ini.

1. Rusuk Limas Segi Empat

Rusuk adalah pertemuan dua sisi yang berupa ruas garis pada bangun ruang. Limas segi empat mempunyai 8 buah rusuk, yaitu 4 buah rusuk sisi alas (AB, BC, CD, DA), dan 4 buah rusuk sisi selimut (OA, OB, OC, OD).

Baca Lainnya :   Contoh Soal Bangun Datar Segi Empat Dan Jawabannya

2. Sisi Limas Segi Empat

Sisi adalah bagian bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan sekitarnya. Limas segi empat mempunyai 5 buah bidang sisi, yaitu 1 sisi alas berbentuk segi empat(ABCD), dan 4 buah sisi selimut yang berbentuk segitiga (AOB, AOB, AOC, AOD).

3. Titik Sudut Limas Segi Empat

Titik sudut adalah titik hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga buah atau lebih. Limas segi empat mempunyai 5 buah titik sudut, yaitu titik A, titik B, titik C, titik D, dan titik O. Titik O adalah titik puncak limas.

4. Diagonal Sisi Limas Segi Empat

Diagonal sisi adalah garis diagonal yang terletak pada bidang sisi suatu bangun ruang. Limas segi empat mempunyai 2 buah diagoanal sisi yang terletak pada sisi alasnya, yaitu dengan cara menarik garis dari titik A ke C, dan titik B ke D.

5. Tinggi Limas Segi Empat

Tinggi limas adalah jarak dari titik pertemuan diagonal sisi alasnya dengan titik puncak limas. Pada gambar di atas, tinggi limas segi empat ditunjukan oleh garis t, yaitu jarak yang diperoleh dari titik pertemuan diagobal sisi AC dan BD dengan titik puncak O.

6. Bidang Diagonal Limas Segi Empat

Limas segi empat memiliki 2 buah bidang diagonal yang berbentuk segitiga, yaitu bidang yang terbentuk dari diagonal sisi alasnya dengan dua rusuk selimutnya. Pada gambar limas segi empat di atas, bidang diagonal diperoleh dari titik AOC dan BOD.

Baca Lainnya :   Rumus Luas Dan Keliling Layang-Layang Dan Contoh Soal

7. Diagonal Ruang Limas Segi Empat

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pada bangun ruang limas jenis apapun tidak memiliki diagonal ruang.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian limas segi empat dan gambarnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top