Home » Informasi » Fungsi Jarum Panjang Dan Jarum Pendek Jam Analog

Fungsi Jarum Panjang Dan Jarum Pendek Jam Analog

fungsi+jarum+jam
Fungsi Jarum Jam

Fungsi Jarum Panjang Dan Jarum Pendek Jam Analog – Jam analog adalah jam yang menggunakan jarum sebagai penunjuk waktu saat ini. Secara umum, jam analog memiliki 3 buah jarum jam, yaitu jarum panjang, jarum pendek, dan jarum lembut. Nah, pada kesempatan kali ini akan menjelaskan fungsi masing-masing jarum tersebut pada jam analog.

Perlu diketahui bahwa dalam penyebutan keterangan waktu, biasanya hanya akan disebutkan jam berapa lewat berapa menit tanpa menyebutkan hitungan detiknya. Oleh sebab itu, ketika membaca waktu pada jam analog biasanya hanya akan melihat jarum panjang dan jarum pendek saja.

Putaran jarum panjang dan jarum pendek memiliki kecepatan yang berbeda. Jika jarum panjang berputar satu kali lingkaran penuh, maka jarum pendek hanya akan bergeser dari bilangan angka jam yang satu ke yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Fungsi Jarum Panjang Dan Jarum Pendek pada Jam Analog

Jarum pendek pada jam analog berfungsi sebagai penunjuk jam, sedangkan jarum panjang menunjukan hitungan menit. Ketika sebuah jam dinyatakan tepat, maka posisi jarum panjang selalu berada di angka 12. Setiap jarum panjang yang melewati angka 12, maka suatu jam akan dibaca lewat sekian menit. Perhatikan contoh gambar jam di bawah ini.

fungsi+jarum+jam
Jarum Panjang Dan Jarum Pendek Pukul 12.10

Pada gambar jam di atas, jarum pendek berada di angka 12 dan jarum panjang terletak di angka 2. Maka jam analog tersebut menunjukan pukul 12 lewat 10 menit. Mengapa 10 menit? Karena jarak antar bilangan angka jam memiliki perhitungan 5 menit. Pada contoh di atas, jarum panjang lompat dua kali dari angka 12, maka artinya 2 × 5 = 10 menit.

Perlu diketahui bahwa setiap pergerakan jarum panjang, maka jarum pendek sebenarnya juga akan bergerak. Namun, karena pergeseran jarum pendek hanya sedikit sekali, maka biasanya tak terlihat oleh mata secara langsung. Pergeseran jarum pendek akan semakin jelas jika putaran jarum panjang semakin menjauh dari angka 12.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi jarum panjang dan jarum pendek pada jam analog. Semoga bermanfaat dalam belajar membaca waktu saat ini pada jam analog.

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top