Home » Pendidikan » Jaring – Jaring Prisma Segitiga, Segi Empat, dan Segi Lima

Jaring – Jaring Prisma Segitiga, Segi Empat, dan Segi Lima

jaring+jaring+prisma
Jaring – Jaring Prisma

Jaring – Jaring Prisma Segitiga, Segi Empat, dan Segi Lima – Jika sebelumnya telah dipelajari mengenai jaring-jaring kubus dan balok, pembahasan kali ini akan dilanjutkan dengan membahas tentang jaring-jaring prisma. Seperti apa bentuknya? Simak pembahasan artikel ini sampai selesai.

Prisma adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang sisi, yakni sisi alas dan sisi atas dengan bentuk segi-n kongruen, serta sisi tegak yang berbentuk segiempat. Sama seperti bangun ruang lainnya, jaring-jaring prisma dapat diperoleh dengan cara membelah pada beberapa rusuknya hingga prisma tersebut dapat direbahkan pada suatu bidang datar.

Jika sebuah prisma dibuka, maka akan diperoleh jaring-jaring prisma yang terdiri dari dua buah bangun datar segi-n kongruen dan beberapa sisi tegak prisma yang berbentuk segiempat. Jumlah sisi tegak prisma tergantung dari jumlah sisi alasnya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan mengenai jaring-jaring prisma segitiga, segi empat, dan segi lima berikut ini.

A. Jaring – Jaring Prisma Segitiga

Prisma segitiga adalah prisma yang memiliki sisi alas dan atas berbentuk segitiga, serta memiliki sisi tegak yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Untuk mengetahui pola jaring-jaring pada prisma segitiga, yaitu dengan cara membuka bidang sisinya pada beberapa lipatan rusuknya.

Jaring-jaring prisma segitiga terdiri dari 2 buah segitiga kongruen dan 3 buah segi empat. Dan berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring prisma, yakni prisma segitiga dengan alas dan atap segitiga siku-siku.

jaring+jaring+prisma+segitiga
Jaring – Jaring Prisma Segitiga

B. Jaring – Jaring Prisma Segi Empat

Prisma segi empat adalah prisma yang memiliki sisi alas dan atap berbentuk segi empat, serta memiliki sisi tegak yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Prisma segi empat juga dapat disebut sebagai balok dan kubus.

Sama seperti cara di atas, untuk mengetahui pola jaring-jaring pada prisma segi empat, yaitu dengan cara membuka bidang sisinya pada beberapa lipatan rusuknya. Jaring-jaring prisma segi empat terdiri dari 2 buah segi empat kongruen dan 4 buah segi empat. Dan berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring prisma segi empat.

jaring+jaring+prisma+segiempat
Jaring – Jaring Prisma Segi Empat

C. Jaring – Jaring Prisma Segi Lima

Prisma segi lima adalah prisma yang memiliki sisi alas dan atas berbentuk segi lima, serta memiliki sisi tegak yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Untuk mengetahui pola jaring-jaring pada prisma segi lima, yaitu dengan cara membuka bidang sisinya pada beberapa lipatan rusuknya.

Jaring-jaring prisma segi lima terdiri dari 2 buah segi lima kongruen dan 5 buah segi empat. Dan berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring prisma segi lima.

jaring+jaring+prisma+segilima
Jaring – Jaring Prisma Segi Lima

Demikianlah pembahasan mengenai jaring-jaring prisma segitiga, segi empat, dan segi lima beserta gambar polanya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top