Home » Pendidikan » Mengenal Unsur – Unsur Bola Dan Rumusnya

Mengenal Unsur – Unsur Bola Dan Rumusnya

unsur+unsur+bola
Unsur – Unsur Bola

Unsur – Unsur Bola Dan Rumusnya – Setelah sebelumnya telah dipelajari mengenai unsur-unsur tabung dan unsur-unsur kerucut, pada kesempatan kali akan dilanjutkan dengan membahas tentang unsur-unsur pada bangun ruang bola dan rumusnya.

Pasti kita semua sudah tahu dan sering melihat benda yang dinamakan bola. Benda bulat ini sering dijumpai pada permainan sepak bola dan voly ball. Selain itu, ada juga benda-benda yang berbetuk bola lainnya seperti kelereng, bakso, buah melon, dan lain sebagainya.

Seperti namanya, bola termasuk dalam bangun ruang sisi lengkung yang disebut bangun ruang bola. Lalu, apa itu bangun ruang bola? Apa saja unsur-unsur pembentuk bola? Bagaimana rumus luas dan volume bola? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Bola

Bola adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibatasi oleh sebuah bidang sisi berbentuk lengkung dan memiliki sebuah titik pusat di dalamnya. Bola tidak memiliki rusuk dan titik sudut.

Jika kita perhatikan, bangun ruang bola dapat dibentuk dari bangun setengah lingkaran yang diputar sejauh 360° pada diameternya. Coa lihat gambar di bawah ini.

unsur+unsur+bola

Gambar di atas merupakan bangun setengah lingkaran dengan diameter AB. Kemudian diputar satu putaran penuh pada garis tengahnya (diameter AB) sebagai sumbu putarnya. Sehingga akan membentuk bangun ruang bola.

Sifat – Sifat Bola

Ada pun karakterisitik yang menjadi unsur bagian pembentuk bangun ruang bola. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Memiliki 1 buah sisi, yaitu sisi berbentuk lengkung.
  • Memiliki 1 titik pusat yang terletak di dalamnya.
  • Tidak memiliki titik sudut.
  • Jarak titik permukaan dengan pusat bola disebut jari-jari bola.
  • Memiliki jari-jari yang tak terhingga.
  • Semua titik permukaan bola terhadap pusat bola memiliki jarak sama.
  • Bola merupakan bangun ruang dengan simetri sempurna.

Unsur – Unsur Bola

Sama halnya dengan bangun ruang tabung dan kerucut, bola juga memiliki bagian-bagian pembentuknya. Nah, berikut merupakan penjelasan mengenai bagian-bagian pada bangun bola. Agar lebih mudah memahaminya, perhatikan gambar bola di bawah ini.

unsur+unsur+bola
Unsur – Unsur Bola

Dari gambar di atas, unsur-unsur bola dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Titik Pusat Bola

Bola memiliki satu buah titik pusat. Perhatikan gambar bola di atas, titik O adalah titik pusat bola. Titik pusat bola memiliki jarak sama tehadap seluruh titik selimut bola mana saja.

2. Jari – Jari Bola

Jari-jari pada bangun ruang bola adalah jarak dari titik pusat bola ke titik pada sisi lengkung bola. Perhatikan titik O ke A dan titik O ke B. Ruas garis OA dan OB pada gambar bola di atas dinamakan jari-jari bangun ruang bola (r).

3. Diameter Bola

Diameter bola adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi bola yang melewati titik pusat bola. Pada gambar di atas, ruas garis AB dinamakan diameter bola (d). Unsur bola yang disebut diameter juga dapat dikatakan sebagai tinggi bola yang panjangnya dua kali jari-jari bola.

4. Sisi Bola

Sisi bola adalah kumpulan titik yang mempunyai jarak sama terhadap titik pusat bola. Sisi bola berbentuk lengkungan yang sering dinamakan dengan selimut bola atau kulit bola atau sisi permukaan bola.

Rumus – Rumus Bola

Bagimana cara menghitung luas permukaan dan volume bola?

a. Luas Permukaan Bola

Pada umumnya, untuk menentukan luas permukaan pada bangun ruang yaitu dengan membuat jaring-jaring bangun, kemudian menghitung masing-masing luas pada penyusun jaring-jaring bangun tersebut. Namun, langkah seperti itu tidak dapat diterapkan
pada bola, karena kita tidak bisa membuat jaring-jaring dari sebuah bola. Ada pun rumus untuk menghitung permukaan bola yaitu sebagai berikut.

Luas Bola = 4 × π × r²

b. Volume Bola

Sementara itu, untuk menghitung volume bola juga berbeda dengan bangun ruang lainnya yang secara umum adalah luas alas dikali tinggi. Rumus untuk menghitung volume bola yaitu sebagai berikut.

Volume Bola = 4/3 × π × r³

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, sifat-sifat, unsur-unsur bola dan rumusnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top