Home » Unsur-Unsur Tabung Beserta Gambar Dan Rumusnya

Unsur-Unsur Tabung Beserta Gambar Dan Rumusnya

unsur+unsur+tabung
Unsur-Unsur Tabung

Unsur-Unsur Tabung Beserta Gambar Dan Rumusnya – Tabung merupakan salah satu jenis bangun ruang. Setiap bangun ruang memiliki unsur-unsur pembentuknya. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja unsur-unsur tabung beserta gambar dan rumusnya.

Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sisi alas dan sisi atas berbentuk lingkaran yang kongruen dan sejajar, serta sisi lengkung atau selimut tabung yang berbentuk persegi panjang.

Secara umum, unsur-unsur tabung terdiri dari 3 sisi dan 2 rusuk. Sisi tabung terdiri dari dua buah lingkaran dan 1 buah persegi panjang. Sedangkan rusuk tabung berbentuk lingkaran yang terdapat pada sisi alas dan sisi atasnya.

Sifat-sifat tabung menyatakan ciri khasnya. Adapun sifat-sifat yang dimiliki oleh tabung adalah sebagai berikut:

  • Memiliki 3 sisi, yaitu 2 sisi datar berbentuk lingkaran serta 1 sisi tegak berbentuk lengkungan persegi panjang
  • Memiliki 2 rusuk, yaitu 1 rusuk pada sisi alas dan 1 rusuk pada sisi atas
  • Tidak memiliki titik sudut
  • Tabung memiliki tinggi
  • Memiliki volume

Unsur-Unsur Tabung Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Berikut merupakan unsur-unsur pembentuk tabung dan penjelasannya.

1. Sisi Tabung

Sisi tabung merupakan bidang pembatas ruangan di dalam tabung dengan ruangan di sekitarnya. Tabung memiliki 3 sisi, yang terdiri dari sisi alas, sisi atas, dan sisi selimut. Sisi alas dan sisi atas tabung berbentuk lingkaran. Sedangkan sisi selimut tabung berbentuk persegi panjang.

Baca Lainnya :   Cara Menentukan Komplemen Himpunan

2. Rusuk Tabung

Rusuk tabung adalah garis-garis pembatas antara sisi-sisi tabung. Tabung memiliki 2 rusuk yang berbentuk lingkaran. Panjang rusuk lingkaran (keliling lingkaran) merupakan panjang dari sisi selimut tabung.

3. Tinggi Tabung

Tinggi tabung adalah jarak antara titik pusat lingkaran pada sisi alas dengan titik pusat lingkaran pada sisi atas tabung.

4. Selimut Tabung

Selimut tabung merupakan sisi tegak berbentuk lengkungan yang menghubungkan sisi alas dan sisi atas tabung. Jika sebuah tabung dibongkar, maka diperoleh jaring-jaring tabung yang terdiri dari dua buah lingkaran dan sebuah persegi panjang.

5. Jari-Jari Dan Diameter Tabung

Jari-jari tabung merupakan jari-jari lingkaran yang terdapat pada sisi alas atau sisi atas tabung. Sedangkan diameter merupakan jarak dua titik pada sisi alas atau sisi atas tabung yang melewati titik pusat. Panjang diameter tabung sama dengan dua kali jari-jari tabung.

Rumus Tabung

Tabung memiliki perhitungan volume dan luas permukaan. Untuk menghitung luas permukaan dan volume tabung dapat menggunakan rumus-rumus berikut ini.

A. Rumus Luas Permukaan Tabung

Luas permukaan tabung merupakan jumlah seluruh sisi pembentuk tabung. Untuk menghitung luas permukaan tabung, rumusnya adalah sebagai berikut:

L = (2 × Luas Lingkaran) + (Luas Selimut Tabung)
L = (2 × π × r²) + (2 × π × r × t)

Keterangan:
L = luas permukaan tabung
π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari tabung
t = tinggi tabung

Baca Lainnya :   Cara Mencari Tinggi Limas Dan Contoh Soalnya

B Rumus Volume Tabung

Volume tabung adalah seberapa besar ruangan di dalam tabung yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Rumus untuk menghitung volume tabung adalah sebagai berikut:

V = Luas Alas × Tinggi
V = π × r² × t

Keterangan:
V = volume tabung
π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari tabung
t = tinggi tabung

Demikianlah pembahasan mengenai unsur-unsur tabung beserta gambar dan rumusnya. Semoga bermanfaat dalam memahami bangun ruang tabung.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top