Home » Informasi » Cara Membuat Origami Love (Bentuk Hati)

Cara Membuat Origami Love (Bentuk Hati)

Cara Membuat Origami Love (Bentuk Hati) – Origami merupakan seni kertas lipat yang dapat dibuat oleh siapa saja. Ada banyak bentuk yang dapat dibuat dengan tehnik origami, salah satunya adalah origami love atau bentuk hati yang akan dipraktikan berikut ini.

cara+membuat+origami+love
Origami Love

Siapa yang tak kenal dengan love, kata yang memiliki arti cinta ini sering dilambangkan dengan hati (heart), yakni bentuk yang selalu melambangkan cinta dan kasih sayang. Dan bentuk ini dapat dibuat dengan mudah dengan lipatan kertas origami.

Nah, bagi yang ingin membuatnya origami love atau bentuk hati, kalian bisa mengikuti variasi cara yang akan diuraikan berikut ini, yaiyu origami love simple dan origami blossom love. Silahkan diikuti dengan benar, karena langkah-langkahnya sangat mudah.

Membuat Origami Love Simple

Sebelum memulainya, siapkan terlebih dahulu kertas berbentuk persegi, bisa polos atau kertas warna yang disukai. Dan berikut langkah-langkah membuat origami love.

1. Langkah pertama, letakan kertas di bidang yang rata, kemudian lipat kertas menjadi dua bagian sama besar. Jika menggunakan kertas motif warna yang berbeda berbeda, lipatlah pada bagian yang bukan menjadi warna hati tersebut.

cara+membuat+origami+love

2. Lipat lagi secara tegak lurus dari garis lipatan sebelumnya, kemudian buka lipatannya, sehingga kertas membentuk 4 buah persegi kecil seperti gambar di bawah ini.

cara+membuat+origami+love

3. Pada bagian bawah kertas, lipatlah ke aras atas menuju garis lipatan tengah.

cara+membuat+origami+love

4. Kemudian balikkan posisi kertas tersebut. Sehingga yang terlihat adalah warna utama bentuk hati yang diinginkan.

cara+membuat+origami+love

5. Lipatlah secara diagoanal dari bagian bawah kanan dan bagian kiri kertas menuju ke tengah kertas hingga kedua lipatan tersebut bertemu tepat di tengah-tengah kertas.

cara+membuat+origami+love

6. Kemudian balikkan lagi posisi kertas. Pada sisi kertas bagian atas, lipatlah bagian sisi kanan kertas menuju ke tengah-tengah kertas. Kemudian lipat juga pada bagian sisi kiri kertas menuju ke tengah-tengah kertas. Jika dilakukan dengan benar, maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

cara+membuat+origami+love

7. Pada bagian atas, lipatlah hingga membentuk diagonal. Lakukan pada sisi kanan dan kiri kertas seperti gambar di bawah ini.

cara+membuat+origami+love

8. Kemudian lipatlah ujung atas hingga bertemu dengan ujung bawah. Selanjutnya pada sisi ujung kertas yang bertemu, masukkan ke dalam lipatan kertas agar kertas tidak lepas-lepas. Maka hasilnya akan membentuk seperti gambar di bawah ini.

cara+membuat+origami+love

9. Pada bagian atas kertas yang terlihat seperti terbuka, lipat bagian sisi kanan dan kiri kertas tersebut ke arah dalam seperti gambar di bawah.

cara+membuat+origami+love

10. Setelah itu, lipatlah bagian atas sebelah kiri dan kanan kertas ke arah dalam secara diagonal.

cara+membuat+origami+love

11. Kemudian pada bagian runcing yang paling atas, lipatlah ke bawah. Lakukan pada sisi kanan dan kiri kertas.

cara+membuat+origami+love

12. Setelah itu balikan posisi kertas, maka origami love telah selesai dibuat.

cara+membuat+origami+love

Bentuk origami love di atas merupakan salah satu yang paling mudah dibuat. Jika ingin membuat varasi bentuk love lainnya, silahkan ikuti panduan yang kedua di bawah ini, yakni langkah-langkah pembuatan origami blossom love.

Cara Membuat Origami Blossom Love

Untuk origami blossom love, kertas yang digunakan berbentuk persegi panjang yang panjangnya merupakan ukuran dua buah kotak persegi. Ada pun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

1. Langkah pertama, ambilah kertas yang telah disediakan, kemudian lipat menjadi dua bagian sama besar. Setelah itu buka kembali lipatannya.

cara+membuat+origami+love

2. Lipat bagian kanan dan kiri kertas secara diagonal. Sehingga kedua ujungnya bertemu tepat pada lipatan tengah kertas, lalu buka kembali. Kemudian lipat lagi bagian kanan dan kiri kertas secara diagonal dengan arah yang berlawanan.

cara+membuat+origami+love

3. Lalu buka kembali lipantannya, maka akan tampak lipatan dua kotak dengan tanda x di tengahnya masing-masing.

cara+membuat+origami+love

4. Pada lipatan kotak sebelah kiri, lipatlah kertas pada bagian tengah tanda x ke arah dalam, kemudian tekan lipatan hingga rata. Lakukan hal yang sama pada bagian lipatan kertas sebelah kanannya.

cara+membuat+origami+love

5. Ambil lapisan atas segitiga bagian kiri, lipatlah ujung atasnya ke ujung kiri kertas. Ambil juga lapisan bawah segitiga bagian kiri dan lipatlah sampai ujung kiri kertas dan bertemu dengan lipatan atasnya. Kemudian, lakukan hal yang sama pada lapisan segitiga bagian kanan.

cara+membuat+origami+love

6. Buka lipatan masing-masing segitiga, kemudian tekan bagian ujungnya ke arah tengah kertas, sehingga tiap-tiap segitiga akan berubah menjadi bentuk empat kotak kecil.

cara+membuat+origami+love

7. Kemudian lipatlah masing-masing dua sudut setiap kotak-kotak kecil ke arah lipatan tengah, sehingga akan diperoleh empat buah bentuk layang-layang kecil.

cara+membuat+origami+love

8. Setelah itu, buka setiap layang-layang kecil dan tekan ujungnya ke lipatan tengah. Sehingga akan tampak seperti kelopak bunga yang sedang mekar.

cara+membuat+origami+love

9. Kemudian balikan posisi kertas, lipatlah lapisan segitiga bagian atas ke bagian bawah.

cara+membuat+origami+love

10. Kemudian lipatlah sedikit bagian sisi kanan dan kiri kertas. Setelah itu, balikan lagi posisi kertas, maka origami blossom love telah selesai dibuat.

cara+membuat+origami+love

Bagaimana, sangat mudah kan langkah-langkahnya? Demikianlah panduan cara membuat variasi origami love yang bisa kamu praktikan kapan saja dan di mana saja. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top