Home » Pendidikan » Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dan Penjelasannya

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dan Penjelasannya

ciri+ciri+makhluk+hidup
Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dan Penjelasannya – Makhluk hidup adalah segala objek yang ada di dunia yang mengalami pertumbuhan dan berkembangbiak. Contohnya adalah manusia, hewan, dan tumbunhan. Pada artikel ini akan dibahas tentang ciri-ciri makhluk hidup beserta penjelasannya.

Salah satu ciri-ciri dari makhluk hidup adalah memiliki nyawa yang dapat membuatnya bergerak. Berbeda dengan batu, tanah, pasir yang selalu diam dan tidak mampu bergerak dengan sendirinya. Objek-objek yang tidak dapat bergerak tersebut disebut dengan benda tak hidup.

Untuk mengetahui apakah suatu objek dinamakan makhluk hidup atau benda tak hidup, maka kita harus memahami ciri-cirinya. Nah, berikut akan disebutkan apa saja ciri-ciri dari makhluk hidup beserta penjelasannya.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dan Penjelasannya

Diantara ciri-ciri makhluk hidup adalah memiliki nyawa, bernafas, bergerak, makan, minum, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsangan, mampu beradaptasi, serta mengeluarkan zat sisa. Berikut penjelasannya.

1. Memiliki Nyawa

Setiap makhluk hidup memiliki nyawa yang menjadikannya hidup. Dengan adanya nyawa, maka seluruh organ dan sistem yang terdapat di dalam suatu makhluk hidup dapat bekerja untuk kelangsungan hidupnya. Jika nyawanya telah hilang, maka objek yang awalnya hidup akan menjadi mati.

2. Bernapas

Bernapas atau melakukan respirasi merupakan proses mengambil oksigen dari luar membantu proses metabolisme di dalam tubuh yang kemudian dikeluarkannya lagi menjadi gas karbon dioksida. Setiap makluk hidup memiliki alat pernafasan yang berbeda-beda, misalnya manusia yang menggunakan paru-parunya untuk bernafas.

Baca Lainnya :   Urutan Planet Terbesar Ke Terkecil Tata Surya

3. Bergerak

Semua makhluk hidup dapat bergerak dengan sendirinya. Pergerakan ini dapat dilihat dari kemampuannya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam melakukan gerakannya, setiap makhluk hidup membutuhkan energi untuk menggerakan organ gerak yang dimilikinya.

4. Makan Dan Minum

Setiap makhluk hidup makan dan minum. Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh makhluk hidup merupakan suatu kebutuhan yang digunakan untuk menghasilkan energi. Dimana energi tersebut nantinya digunakan untuk seluruh kegiatan yang dilakukannya.

5. Tumbuh

Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan semasa hidupnya. Pertumbuhan ini merupakan proses awal mula terbentuknya makhluk hidup hingga menjadi besar. Misalnya pada manusia yang awalnya merupakan bayi yang kecil ketika dilahirkan, akan bertahap mengalami pertumbuhan hingga dewasa. Atau sebuah biji yang ditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan yang lebih besar.

6. Berkembang Biak

Berkembang biak merupakan upaya untuk melestarikan jenisnya. Selain itu, dengan berkembang biak maka akan menambah jumlah individunya. Setiap makhluk hidup dapat berkembang biak dengan caranya masing-masing. Misalnya manusia yang melahirkan anaknya, hewan bertelur dan menetaskan anaknya, dan tumbuhan bertunas di sekeliling induknya.

7. Peka Terhadap Rangsangan

Setiap makhluk hidup peka terhadap rangsangan. Rangsangan itu sendiri merupakan suatu perubahan yang terjadi di sekitarnya, misalnya perubahan suhu, cahaya, sentuhan, rasa, bau dan lain sebagainya. Ketika mendapat rangsangan, maka makhluk hidup akan bereaksi terhadap rangsangan tersebut melalui indra yang dimilikiya. Sebagai contoh, ketika manusia menyentuh benda yang panas, maka akan bereaksi dengan cara melepaskan benda panas tersebut.

Baca Lainnya :   Contoh Benda Cair Yang Ada Di Sekitar Kita

8. Beradaptasi

Beradaptasi adalah upaya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Semua makhluk hidup mampu beradaptasi dengan caranya masing-masing untuk dapat bertahan hidup di lingkungannya. Contohnya dapat dilihat pada kucing yang tidur menggulungkan tubuhnya di waktu dingin, pohon jati menggugurkan daunnya ketika musim kemarau, pinguin memiliki lapisan kulit yang tebal untuk mempertahankan hidupnya di es, dan lain sebagainya.

9. Mengeluarkan Zat Sisa

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan yang kemudian diolah di dalam tubuh hingga menjadi energi yang kemudian digunakan untuk beraktifitas. Dalam pengolahan makanan tersebut, terdapat zat sisa yang sifatnya beracun dan harus dikeluarkan di dalam tubuhnya. Sehingga, setiap makhluk hidup selalu mengeluarkan zat sisa tersebut dari tubuhnya. Pada manusia, zat sisa tersebut dapat berupa gas karbon dioksida, keringat, urine, dan air besar.

Demikianlah pembasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top