Home » Bisnis » Jenis – Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

Jenis – Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

jenis+iklan+berdasarkan+sifatnya
Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

Jenis – Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya – Setiap iklan yang dipublikasikan, pasti memiliki sifat yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Ada yang bertujuan mencari keuntungan, atau hanya sekedar menginformasikan suatu hal yang sifatnya demi kepentingan umum.

Dari perbedaan sifat dan tujuan tersebut, maka iklan dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis. Pengelompokan jenis iklan berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu iklan niaga dan non niaga. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Pembagian Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

Pengelompokan jenis-jenis iklan dapat dikategorikan menurut beberapa aspek, seperti berdasarkan isinya atau menurut teks ruang iklannya. Berdasarkan isinnya, terdapat iklan pengumuman, penawaran, dan iklan permintaan. Sedangkan menurut teks ruang iklannya, iklan dibedakan menjadi iklan baris dan iklan kolom (display).

Sementara itu, pembagian iklan berdasarkan sifatnya telah disebutkan diatas, yaitu iklan niaga dan iklan non niaga. Berikut merupakan penjelasan jenis-jenis iklan menurut sifatnya beserta contohnya masing-masing.

1. Iklan Niaga

Iklan niaga adalah iklan yang digunakan dalam dunia pemasaran. Seperti yang kita tahu bahwa dalam dunia pemasaran pasti tujuanya adalah memperoleh profit/keuntungan. Oleh sebab itulah iklan ini disebut juga dengan iklan komersial.

Iklan niaga biasanya berisi suatu penawaran produk atau jasa yang dibuat semenarik mungkin. Tujuannya tak lain adalah agar orang terpengaruh untuk menggunakan atau membeli produk/jasa yang ditawarkan.

Menurut jangkauannya, iklan niaga ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu iklan strategis dan iklan taktis. Iklan strategis menitik beratkan pada jangka panjang dengan penawaran suatu brand, sedangkan iklan taktis memberikan penawaran jangka pendek melalui adanya diskon, bonus, atau produk-produk edisi terbatas.

Contoh iklan niaga seperti iklan minuman air putih aqua, iklan mie instant, iklan sabun cuci, iklan makanan ringan, iklan sepeda motor, iklan penjualan mobil, iklan produk barang-barang elektronik, dan lain-lain.

2. Iklan Non Niaga

Iklan non niaga biasa disebut juga sebagai iklan sosial atau iklan layanan masyarakat. Jenis iklan ini tidak bertujuan mencari profit ekonomi, melainkan guna pencapaian kondisi berkehidupan yang lebih baik.

Iklan layanan masyarakat ini biasanya berisi tentang suatu ide atau gagasan untuk melakukan gerakan demi kepentingan umum. Atau bersifat suatu ajakan atau himbauan atau larangan perilaku untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan.

Contoh iklan non niaga antara lain iklan tentang anti narkoba, iklan tentang bahaya rokok, iklan tentang pemanasan global, iklan tentang pencemaran air, iklan lingkungan hidup, iklan penghijauan, iklan tentang hemat energi, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan tentang pembagaian jenis-jenis iklan berdasarkan sifatnya dan masing-masing contohnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top