Home » Bisnis » Contoh Iklan Bahasa Jawa Beserta Gambarnya

Contoh Iklan Bahasa Jawa Beserta Gambarnya

contoh+iklan+bahasa+jawa
Contoh Gambar Iklan Bahasa Jawa

Contoh Iklan Bahasa Jawa Beserta Gambarnya – Iklan merupakan kegiatan mempromosikan barang/jasa kepada khalayak. Ciri-cirinya adalah menggunakan bahasa yang menarik. Menarik disini tentunya memiliki beragam arti, salah satunya adalah menggunakan bahasa jawa. Kira-kira, seperti apa ya iklan yang menggunakan bahasa jawa?

Penggunaan bahasa jawa pada suatu iklan memang memiliki daya tarik tersendiri. Sebagaimana yang kita tahu bahwa pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki kepadatan penduduk sangat tinggi. Sehingga, para pembuat iklan sengaja menggunakan bahasa Jawa untuk guna menarik konsumen yang berada di pulau Jawa.

Alasan lain iklan menggunakan bahasa Jawa adalah perusahaan pembuat produk berada di pulau Jawa. Oleh sebab itu, si pemilik perusahaan menginginkan pemasaran produknya meluas di pulau Jawa. Sebagai contoh adalah perusahaan obat masuk angin Antangin JRG yang berdiri di Wonogiri, Jawa tengah yang memiliki slogan bahasa jawa: “Wes…ewes…ewes, bablas angine”.

Selain mempromosikan suatu produk dan jasa, iklan yang menggunakan bahasa jawa juga banyak digunakan pada jenis iklan lainnya, seperti iklan pendidikan dan iklan layanan masyarakat. Seperti apa contohnya? simak beberapa contoh iklan yang menggunakan bahasa jawa berikut ini lengkap beserta gambar dan penjelasannya.

Contoh Iklan Bahasa Jawa Beserta Gambarnya

Ada beberapa iklan yang memang sengaja dibuat dengan menggunakan bahasa jawa. Karena bahasa Jawa memang terkenal dengan keunikan dan kelucuannya. Adapun diantara contohnya, yaitu sebagai berikut:

Iklan Bahasa Jawa Tentang Makanan

contoh+iklan+bahasa+jawa+makanan
Gambar Iklan Bahasa Jawa Tentang Makanan

Gambar di atas merupakan salah satu contoh iklan tentang makanan produk indomie. Iklan tersebut dituliskan menggunakan bahasa jawa yang berbunyi: “Nggawe nonton bal luwih bungah” yang artinya membuat nonton bola lebih menyenangkan.

Iklan Bahasa Jawa Tentang Minuman

contoh+iklan+bahasa+jawa+minuman
Gambar Iklan Bahasa Jawa Minuman

Gambar di atas merupakan salah satu iklan bahasa jawa tentang minuman susu coklat berenergi milo produk nestle. Iklan tersebut dituliskan dengan teks bahasa jawa: “Milo, energi menang saben dino!” yang artinya milo, energi menang tiap hari!

Iklan Jasa Menggunakan Bahasa Jawa

contoh+iklan+jasa+bahasa+jawa
Gambar Iklan Jasa Bahasa Jawa

Gambar di atas merupakan iklan jasa menggunakan bahasa jawa tentang jasa laundry atau cucuian baju. Iklan tersebut dibuat dengan kalimat bahasa jawa: “Ngladeni layanan umbah-umbah ijenan lan kiloan, resik, wangi, apik” yang artinya menerima jasa laundry per pakaian dan per kilogram, bersih, wangi, dan rapi.

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Pendidikan

contoh+iklan+bahasa+jawa+pendidikan
Gambar Iklan Bahasa Jawa Tentang Pendidikan

Gambar di atas merupakan salah satu iklan tentang pendidikan yang menggunakan bahasa jawa. Iklan tersebut dituliskan dengan kalimat bahasa jawa: “Pentinge pendhidikan kanggo masa depan bocah!” yang artinya pendidikan sangat penting untuk masa depan anak.

Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Jawa

contoh+iklan+bahasa+jawa+layanan+kesehatan
Gambar Iklan Bahasa Jawa Layanan Masyarakat

Gambar di atas adalah contoh iklan layanan masyarakat tentang lingkungan hidup. Iklan tersebut dituliskan dengan menggunakan bahasa jawa yang bunyinya: “Ijokna maneh kanggo masa depan bumi kita” yang artinya hijaukan kembali untuk masa depan bumi kita.

Ikan Bahasa Jawa Tentang Kesehatan

contoh+iklan+bahasa+jawa+kesehatan
Gambar Iklan Bahasa Jawa Tentang Kesehatan

Gambar di atas adalah contoh iklan yang berisi tentang kesehatan. Iklan tersebut menggunakan bahasa jawa yang berbunyi: “Uncalan sampah ing sawijining panggonan” yang artinya buanglah sampah pada tempatnya.

Nah, itulah beberapa contoh iklan yang menggunakan bahasa jawa lengkap beserta gambar dan penjelasan maknanya. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top