Home » Pendidikan » Jenis – Jenis Sudut pada Segitiga

Jenis – Jenis Sudut pada Segitiga

jenis+jenis+sudut+segitiga
Sudut – Sudut Segitiga

Jenis – Jenis Sudut pada Segitiga – Segitiga adalah bangun datar yang dibentuk oleh tiga sisi dan tiga sudut. Sisi segitiga berupa garis lurus yang saling berimpit pada ujungnya. Pertemuan diantara dua sisi segitiga membentuk sudut yang nilainya menentukan nama sebuah segitga.

Sudut itu sendiri adalah daerah yang dibentuk oleh dua buah garis yang titik pangkalnya berimpit. Sedangkan ruang garis yang mengapit sebuah sudut dinamakan kaki sudut. Sehingga, kaki sudut pada segitiga merupakan sisi-sisi segitiga.

Pada segitiga terdapat tiga buah sudut. Sudut-sudut pada segitiga ada yang besarnya sama dan ada juga yang berbeda. Jika ketiga sudutnya sama besar, maka segitiga tersebut adalah segitiga sama sisi. Dimana ciri-ciri segitiga sama sisi adalah memiliki tiga buah sudut yang sama besar.

Jenis – Jenis Sudut pada Segitiga

1. Sudut Lancip

jenis+jenis+sudut+segitiga
Segitiga Lancip

Sudut lancip adalah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang berimpit yang besarnya antara 0° dan 90°. Jika sebuah segitiga besar ketiga sudutnya diantara 0° sampai 90°, maka segitiga tersebut dinamakan segitiga lancip. Segitiga lancip adalah segitga yang ketiga sudutnya adalah sudut lancip.

2. Sudut Siku-Siku

jenis+jenis+sudut+segitiga
Segitiga Siku – Siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang berhimpit yang besarnya tepat 90°. Kaki sudut segitiga siku-siku adalah saling tegak lurus. Jika salah satu sudut pada segitiga besarnya adalah 90°, maka segitiga tersebut dinamakan segitiga siku-siku. Segitiga siku-siku adalah segitiga yang mempunyai satu buah sudut siku-siku.

3. Sudut Tumpul

jenis+jenis+sudut+segitiga
Segitiga Tumpul

Sudut tumpul adalah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang berimpit yang besarnya antara 90° dan 180°. Jika terdapat salah satu sudut pada segitiga besarnya diantara 90° sampai 180°, maka segitiga tersebut dinamakan segitiga tumpul. Segitiga tumpul adalah segitiga yang memiliki satu buah sudut tumpul.

Itulah jenis-jenis sudut yang ada pada segitiga. Jadi, berdasarkan besar sudutnya ,segitiga dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu segitiga lancip, segitiga siku-siku, dan segitiga tumpul.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top