Home » Pendidikan » Langkah-Langkah Cara Membuat Gambar Dekoratif

Langkah-Langkah Cara Membuat Gambar Dekoratif

cara+membuat+gambar+dekoratif
Cara Membuat Gambar Dekoratif

Cara Membuat Gambar Dekoratif – Seni dekoratif adalah membuat gambar hias pada suatu objek agar terlihat lebih menarik. Tujuannya antara lain untuk menambah nilai jual, membentuk pola baru dan memperindah tampilan benda. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menggambar dekoratif agar menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi.

Fungsi pembuatan gambar dekoratif yaitu untuk menghias bidang datar, seperti bidang-bidang pada gambar dinding, hiasan keramik, motif batik, bordir, wayang kulit, dan lain sebagainya. Gambar dekoratif bersifat sederhana, tetapi menimbulkan kesan yang menarik dan menyatu dengan suasana tempat.

Untuk membuat gambar dekoratif, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Berikut akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah menggambar dekoratif.

Langkah-Langkah Membuat Gambar Dekoratif

1. Menguasai Tehnik Dasar Menggambar

Diantara dasar-dasar tehnik menggambar dekoratif antara lain:

  • Membuat garis lurus
  • Membuat garis lengkung
  • Mmembuat garis bergelombang

2. Menentukan Ide Atau Konsep Gambar Dekoratif

Sebelum memulai menggambar dekoratif, kita harus menentukan ide yang akan digambar. Tentukan gambar apa yang sesuai dengan objek dan keadaan yang diinginkan.

Baca Lainnya :  Cara Menggambar Bintang Dengan Mudah

3. Menyiapkan Alat Dan Bahan Menggambar Dekoratif

Persiapan alat dan bahan juga harus diperhatikan sebelum menggambar dekoratif. Hal ini bertujuan agar tidak kesulitan ketika sedang menggambar. Oleh sebab itu, siapkan dengan baik seluruh keperluan sebelum membuat gambar dekoratif.

4. Membuat Motif Gambar Dekoratif

Berdasarkan bentuknya, ada beberapa jenis motif gambar dekoratif, diantaranya yaitu:

  • Motif Figuratif

Motif figuratif adalah motif gambar yang menggunakan objek manusia dengan mendapatkan tehnik penggayaan. Misalnya topeng dan wayang.

  • Motif Geometris

Motif geometris adalah motif gambar yang dibentuk secara seimbang dari segi bentuk dan ukuran. Gambar geometris biasanya dibuat dengan bantuan seperti jangka, penggaris. Contohnya seperti bentuk lingkaran, segitiga, segiempat dan lain sebagainnya.

  • Motif Organis

Motif organis merupakan kebalikan dari motif geometris adalah motif organis, artinya gambar yang dibentuk tanpa memperhatikan keseimbangan atau memiliki bentuk bebas tidak ada keteraturan.

  • Motif Alam Benda

Motif alam benda adalah gambar dekoratif yang dibentuk dari objek alam dan benda-benda yang ada disekitarnya.

  • Motif Abstrak
Baca Lainnya :  Cara Menggambar Rumah Yang Gampang

Motif abstrak adalah gambar dekoratif yang dibuat secara bebas dan tidak didasarkan pada bentuk-bentuk tertentu.

5. Membuat Variasi Gambar Dekoratif

Dalam pembuatan gambar dekoratif diperlukan kreatifitas dalam membuat variasi-variasi agar terkesan padu, menyeluruh dan komplek, sehingga menjadi karya seni yang tinggi.

6. Mewarnai Gambar Dekoratif

Dalam menggambar dekoratif, pun dapat diberi warna sesuai kehendak. Namun, karena gambar dekoratif merupakan gambar yang dibentuk dari tarikan garis, maka penggunaan warna harus disesuaikan seperlunya saja. Karena terdapat gambar dekoratif yang akan terlihat lebih indah jika tidak diberi warna.

7. Membuat Gambar Dekoratif

Setelah mengetahui cara membuat gambar dekoratif, tentu saja akan menghasilkan sebuah karya dekoratif yang indah dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai langkah-langkah cara menggambar dekoratif. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top