Home » Pendidikan » Prisma: Unsur, Jenis, Ciri, Jaring, Rumus dan Contoh Soal

Prisma: Unsur, Jenis, Ciri, Jaring, Rumus dan Contoh Soal

prisma+unsur+jenis+ciri+jaring+rumus+dan+contoh+soal
Prisma: Unsur, Jenis, Ciri, Jaring, Rumus dan Contoh Soal

Prisma: Unsur, Jenis, Ciri, Jaring, Rumus dan Contoh Soal – Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai salah satu jenis bangun ruang yang disebut prisma. Nah, jika ingin mempelajari prisma secara lengkap, silahkan simak penjelasan berikut ini mengenai pengertian prisma, unsur-unsur prisma, jenis-jenis prisma, ciri-ciri prisma, jaring-jaring prisma, rumus luas prisma dan volume prisma beserta contoh soalnya.

Pengertian Prisma

Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sisi alas dan sisi atas berbentuk bangun yang sejajar dan kongruen, serta sisi tegak berbentuk segi empat. Sisi alas dan sisi atas dikatakan kongruen, karenan memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Sedangkan sisi tegak prisma sering disebut selimut prisma.

Prisma memiliki berbagai macam jenis, diantaranya adalah prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima dan prisma segi enam. Penamaan jenis-jenis prisma didasari oleh bentuk sisi alasnya. Sebagai contoh, prisma dengan bentuk alas segitiga, maka dinamakan prisma segitiga.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak benda di sekitar kita yang memiliki bentuk prisma, misalnya coklat batang, kotak kado, paving batako, balok kayu, bentuk atap rumah dan lain sebagainya. Selanjutnya akan dijelaskan unsur-unsur prisma.

Unsur-Unsur Prisma

Prisma memiliki unsur penyusun ruangannya. Berikut adalah unsur-unsur prisma dan penjelasannya masing-masing.

unsur+unsur+prisma
Unsur-Unsur Prisma

1. Rusuk Prisma
Rusuk prisma adalah pertemuan antara dua sisi yang membentuk ruas garis pada bangun prisma. Jumlah rusuk prisma dapat dihitung dengan rumus = 3n buah.

2. Sisi Prisma
Sisi prisma adalah bagian yang membatasi bagian dalam prisma dengan ruangan di sekitarnya. Jumlah sisi prisma dapat dihitung dengan rumus = n + 2 buah.

3. Titik Sudut Prisma
Titik sudut adalah pertemuan antara rusuk prisma yang berjumlah tiga buah atau lebih dan membentuk sebuah titik. Jumlah titik sudut prisma dapat dihitung dengan rumus = 2n buah.

4. Diagonal Sisi Prisma
Diagonal sisi prisma adalah diagonal yang terbentuk pada sisi-sisi prisma. Jumlah diagonal sisi prisma dapat dihitung dengan rumus = n(n – 1) buah.

Baca Lainnya:   Rumus Volume Limas Dan Contoh Soal Pembahasannya

5. Diagonal Ruang Prisma
Diagonal ruang prisma adalah diagonal yang terbentuk oleh titik sudut prisma yang saling berhadapan. Tidak semua jenis prisma memiliki diagonal ruang. Jumlah diagonal ruang prisma dapat dihitung dengan rumus = n(n – 3) buah.

6. Bidang Diagonal Prisma
Bidang diagonal prisma adalah bidang yang terbentuk dari diagonal sisi dan titik sudut. Tidak semua jenis prisma memiliki bidang diagonal. Jumlah bidang diagonal prisma dapat dihitung dengan rumus = ½ n(n – 1) jika n genap, dan ½ n(n – 3) jika n ganjil.

Jenis-Jenis Prisma

Seperti yang disebutkan di atas bahwa prisma memiliki bermacam-macam jenis berdasarkan bentuk sisi alasnya. Berikut merupakan jenis-jenis prisma.

jenis+jenis+prisma
Jenis-Jenis Prisma

1. Prisma Segitiga
Prisma segitiga adalah prisma yang memiliki sisi alas berbentuk segitiga, serta sisi tegak berbentuk segi empat.

2. Prisma Segi Empat
Prisma segi empat adalah prisma yang memiliki sisi alas berbentuk segi empat, serta sisi tegak berbentuk segi empat. Prisma segi empat dapat disebut sebagai balok atau kubus.

3. Prisma Segi Lima
Prisma segi lima adalah prisma yang memiliki sisi alas berbentuk segi lima, serta sisi tegak berbentuk segi empat.

4. Prisma Segi Enam
Prisma segi enam adalah prisma yang memiliki sisi alas berbentuk segi enam, serta sisi tegak berbentuk segi empat.

Ciri-Ciri Prisma

Setiap bangun ruang memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan bangun ruang lainnya. Berikut merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh berbagai jenis prisma.

1. Ciri-Ciri Prisma Segitiga

  • Memiliki 5 buah sisi
  • Memiliki 9 buah rusuk
  • Memiliki 6 buah titik sudut

2. Ciri-Ciri Prisma Segi Empat

  • Memiliki 6 buah sisi
  • Memiliki 12 buah rusuk
  • Memiliki 8 buah titik sudut

3. Ciri-Ciri Prisma Lima

  • Memiliki 7 buah sisi
  • Memiliki 15 buah rusuk
  • Memiliki 10 buah titik sudut

4. Ciri-Ciri Prisma Enam

  • Memiliki 8 buah sisi
  • Memiliki 18 buah rusuk
  • Memiliki 12 buah titik sudut

Jaring-Jaring Prisma

Jaring-jaring adalah gabungan dari beberapa bangun datar pembentuk bangun ruang. Setiap bangun ruang memiliki pola jaring-jaring yang berbeda-beda. Jaring-jaring dapat diperoleh jika kita membuka sebuah bangun ruang.

Baca Lainnya:   Cara Menghitung Jumlah Sisi, Rusuk dan Titik Sudut Prisma

Jaring-jaring prisma terdiri dari dua buah bangun kongruen dan beberapa bangun segi empat. Di bawah ini adalah contoh gambar jaring-jaring prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima dan prisma segi enam.

jaring+jaring+prisma
Jaring-Jaring Prisma

Rumus Prisma

A. Luas Permukaan Prisma

Luas permukaan prisma adalah luas seluruh sisi penyusun prisma. Jika sebuah prisma dibuka, maka sisi-sisi prisma terdiri dari dua buah bangun kongruen dan sebuah bangun segi empat.

Untuk menghitung luas permukaan prisma, kita harus memperhatikan dua bangun yang kongruen, karena memiliki bentuk yang berbeda-beda. Secara umum, rumus luas permukaan prisma dapat dituliskan sebagai berikut:

Rumusa Luas Permukaan Prisma (L) = (2 x Luas Alas) + (Keliling Alas x Tinggi)

Satuan luas permukaan adalah satuan panjang persegi (pangkat ²), misalnya m², cm², mm².

B. Volume Prisma

Volume prisma adalah seberapa besar ruang di dalam prisma yang mampu ditempati. Untuk menghitung volume prisma kita juga harus memperhatikan bentuk sisi alanya. Secara umum, rumus volume prisma dapat dituliskan sebagai berikut:

Rumus Volume Prisma (V) = Luas Alas x Tinggi

Satuan volume adalah satuan panjang kubik (pangkat ³), misalnya m³, cm³, mm³.

Contoh Soal Prisma dan Pembahasan

Contoh Soal: Cara Menghitung Luas Prisma

Sebuah prisma segitiga siku-siku memiliki tinggi 10 cm. Panjang sisi alasnya berturut-turut adalah 3 cm, 4 cm dan 5 cm. Hitunglah berapa luas permukaan prisma tersebut!

Pembahasan:
L = (2 x Luas Alas) + (Keliling Alas x Tinggi)
L = (2 x (1/2 x a x t)) + ((s + s + s) x Tinggi)
L = (2 x (1/2 x 3 x 4)) + ((3 + 4 + 5) x 10)
L = (2 x 6) + (12 x 10)
L = 12 + 120
L = 132 cm²

Contoh Soal: Cara Menghitung Volume Prisma

Sebuah prisma segi empat mempunyai tinggi 10 cm. Bidang alas prisma berbentuk persegi dengan ukuran sisi 5 cm. Hitunglah berapa volume prisma persegi tersebut!

Pembahasan:
V = Luas Alas x Tinggi
V = (s x s) x Tinggi
V = (5 x 5) x 10
V = 25 x 10
V = 250 cm³

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian prisma, unsur prisma, jenis prisma, ciri-ciri prisma, jaring-jaring prisma, rumus luas prisma dan volume prisma beserta contoh soalnya. Semoga bermanfaat.

Materi Bangun Ruang Lainnya :

KubusKerucut
BalokTabung
LimasBola

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top