Home » Blog » Cara Menentukan Tema Blog Untuk Pemula

Cara Menentukan Tema Blog Untuk Pemula

cara+menentukan+tema+blog
Cara Menentukan Tema Blog

Cara Menentukan Tema Blog Untuk Pemula – Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan membuat blog, salah satunya adalah menentukan tema blog. Lalu, bagaimana cara menentukan tema atau topik pembahasan blog yang menarik?

Perlu diketahui bahwa kesalahan dalam memilih tema pembahasan akan menjadikan blog susah berkembang dan menjadikan malas mengelolanya. Untuk itu, sebelum memulai membangun blog, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tema yang tepat agar nantinya semangat dalam menulis aritkel.

Berbicara mengenai tema blog yang banyak dikunjungi, mungkin setiap orang akan memiliki pendapat yang berbeda-beda. Hal ini tentu saja sangat wajar, karena masing-masing orang pasti memiliki ide yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Mengenal Jenis-Jenis Tema Blog

Untuk menentukan tema apa yang akan dipilih, sebaiknya kita ketahui dulu jenis-jenis tema blog. Meskipun setiap orang memiliki pandangan yang berbeda, namun dengan mengetahui jenis-jenisnya, tentu saja akan menjadi lebih cermat dalam memilih sebuah tema terbaik yang akan dibahas di dalam blog.

Secara umum, tema blog dibagi menjadi dua pengelompokan, yakni tema abadi dan tema musiman. Kedua tema ini memiliki perbedaan pada sifat pembahasannya.

Tema Abadi (Evergreen)

Tema abadi merupakan tema blog yang bersifat lama dan materinya tidak akan berubah dari hari kehari. Diantara contoh tema abadi yaitu pendidikan, agama, kesehatan, resep masakan, dan lain sebagainya. Biasanya tema jenis ini akan bertahan lama jika benar-benar dikelola dengan baik.

Baca Lainnya:   Cara Mengganti Template Blog Di Blogger

Tema Musiman (Viral)

Kebalikan dari tema abadi, tema musiman bersifat sementara dan dapat berubah kapan saja karena adanya trend. Beberapa contoh tema musiman yaitu fashion, berita, tehnologi, dan lain sebagainya. Dalam pengembangannya, tema ini harus terus update dari hari ke hari, karena dapat menjadikan pembahasan yang basi jika tidak ter-update.

Setelah mengetahui jenis-jenis tema blog, lalu tema blog seperti apa yang tepat untuk dikembangkan? Nah, berikut merupakan beberapa tips yang dapat dijadikan referensi dalam menentukan tema blog.

Cara Menentukan Tema Blog Untuk Pemula

Memilih tema blog memang gampang-gampang susah. Tak jarang dari mereka yang salah dalam menentukan tema, maka blog menjadi terbengkelai dan malas untuk menulis artikel. Untuk mencegah hal seperti itu, sebaiknya tentukan tema yang cocok agar nantinya blog cepat berkembang dan mendapat banyak pengunjung. Berikut merupakan beberapa tips menentukan tema blog yang benar.

1. Menetukan Tema Blog Sesuai Hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi atau sesuatu yang disukai. Dengan membahas sesuatu yang disukai, pasti kita akan lebih semangat dalam mengelola blog. Apalagi jika hobi yang kita miliki ternyata banyak yang menggemarinya, tentu saja hal ini menjadi sebuah ladang untuk dapat menarik pengunjung.

Menentukan tema blog sesuai hobi memiliki banyak manfaat. Diantaranya yaitu selalau ada ide yang akan kita tulis. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat bagus, karena nantinya akan selalu muncul ide-ide cemerlang menulis artikel blog.

Baca Lainnya:   Cara Membuat Label Blog Sesuai Menu Navigasi

2. Menetukan Tema Blog Sesuai Penguasaan Materi

Tips menentukan tema blog yang kedua adalah menyesuaikan dengan keahlian yang kita miliki. Ketika kita menguasai suatu materi, maka akan lebih mudah dalam menentukan ide-ide yang akan dibahas dalam blog.

Sebagai contoh kita menguasai materi komputer, maka sebaiknya memilih tema blog yang berkaitan dengan masalah komputer. Jangan sampai memaksa untuk memilih tema yang materinya tidak dikuasai. Karena hal ini hanya akan menjadi kebuntuan dalam menentukan ide menulis.

3. Menetukan Tema Blog Dari Sesuatu Yang Ingin Dipelajari

Untuk mendapatkan sesuatu yang ingin dipelajari, banyak orang yang mencoba berbagi hal untuk menggapainya. Dari sinilah kita dapat menerapkannya untuk menentukan tema membuat blog.

Misalnya ketika kita ingin mempelajari materi komputer, biasanya kita akan membaca buku atau mencari berbagai tutorial di intenet. Dari sinilah kita dapat memberikan ilmu yang didapat untuk dijadikan tema dalam menulis artikel blog.

Demikianlah beberapa tips yang dapat disampaikan untuk menentukan tema blog bagi pemula. Semoga tips yang disampaikan dapat menjadi referensi dalam memilih tema blog.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top