Home » Informasi » Macam-Macam Alat Ukur Suhu Dan Fungsinya

Macam-Macam Alat Ukur Suhu Dan Fungsinya

macam+macam+alat+ukur+suhu
Macam-Macam Alat Ukur Suhu

Macam-Macam Alat Ukur Suhu – Suhu adalah tingkatan ukuran dingin atau panas suatu benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, maka akan semakin panas. Tingkatan suhu dapat diukur dengan menggunakan alat ukur suhu yang dinamakan termometer.

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau perubahan suhu. Thermometer berasal dari bahasa latin, yakni thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Suhu memiliki empat satuan, yakni celcius, fahrenheit, reamur, dan kelvin.

Ada berbagai jenis termometer, namun yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Berikut akan dibahas mengenai apa saja macam-macam alat ukur suhu (termometer) dan fungsinya masing-masing.

Macam-Macam Alat Ukur Suhu Dan Fungsinya

Berdasarkan bahan, fungsi, dan penggunaannya, terdapat 8 jenis termometer yang digunakan dalam berbagai bidang, diantaraya yaitu:

1. Termometer Bimetal

alat+ukur+suhu+termometer+bimetal
Termometer Bimetal

Termometer bimetal merupakan termometer yang terbuat dari bimetal yang melengkung. Salah satu ujungnya dijepit sehingga tidak dapat bergerak. Ujung yang satunya lagi bebas bergerak dan dihubungkan dengan jarum penunjuk.

Bimetal itu sendiri merupakan sebuah alat yang terdiri dari dua logam yang berbeda nilai koefisien muai panjangnya berbeda yang kemudian digabungkan menjadi satu. Misalnya bimetal terbuat dari besi dan tembaga.

Beberapa alat teknologi yang menggunakan prinsip bimetal, antara lain termostat, sakelar otomatis setrika, alat sensor kebakaran, dan termometer. Apabila suhu naik, bimetal menjadi lebih melengkung dan jarum penunjuk akan bergerak ke arah kanan. Sebaliknya jika suhu turun, maka bimetal menjadi lebih lurus dan jarum akan bergerak ke arah kiri.

2. Termometer Hambatan

alat+ukur+suhu+termometer+hambatan
Termometer Hambatan

Termometer hambatan merupakan alalt ukur suhu yang terbuat dengan bahan dasar perubahan hambatan logam, seperti termometer hambatan platina. Termometer hambatan merupakan jenis termometer yang sering digunakan dalam dunia industri sebagai pengukur suhu diatas 1000°C.

Baca Lainnya :  Cara Membuat Bintang Dari Kertas Origami

Termometer hambatan berisi kawat penghambat yang disentuhkan pada benda yang akan diukur suhunya. Contohnya pada pengolahan besi dan baja. Suatu tegangan atau potensial listrik yang bernilai tetap diberikan sepanjang termistor yaitu sensor yang dibuat dari logam dengan hambatan yang bertambah jika dipanaskan.

3. Termometer Ruang

alat+ukur+suhu+termometer+ruang
Termometer Ruang

Termometer ruang merupakan jenis termometer yang biasa dipasang di dinding ruangan. Skala termometer ruang mulai dari -50°C sampai 50°C. Termometer ini banyak digunakan di negara-negara Eropa yang suhunya dapat mencapai dibawah 0°C. Sementara itu, untuk suhu paling tinggi tidak pernah melebihi 50°C.

4. Termometer Laboratorium

alat+ukur+suhu+termometer+laboratorium
Termometer Laboratorium

Termometer laboratorium biasanya digunakan untuk mengukur suhu air yang sedang dipanaskan atau air dingin. Termometer laboratorium menggunakan zat cair berupa alkohol atau air raksa.

Air raksa berada pada sebuah pipa kapiler, kemudian dibungkus dengan kaca yang tipis yang bertujuan agar suhu panas mudah diserap dengan cepat oleh termometer.

5. Termometer Klinis

alat+ukur+suhu+termometer+klinis
Termometer Klinis

Termometer klinis merupakan termometer yang digunakan untuk mengukur suhu badan. Terdapat dua jenis termometer klinis, yakni termometer digital dan termometer manual.

Skala pada termometer jenis ini hanya dari 35°C sampai 43°C. Hal tersebut telah disesuaikan dengan suhu tubuh manusia, yang tidak mungkin di bawah 35°C dan tidak lebih dari 43°C.

Termometer ini banyak digunakan oleh bidang kesehatan untuk mengukur suhu tubuh. Dalam keadaan sehat (normal), suhu tubuh manusia sekitar 36°C – 37°C. Namun jika demam, maka suhu tubuh dapat mencapkai angka 40°C.

Baca Lainnya :  Garis Nyata Dan Garis Semu

6. Termometer Six-Bellani

alat+ukur+suhu+termometer+six+bellani
Termometer Six-Bellani

Termometer six-bellani adalah termometer yang dapat mengukur suhu maksimum dan minimum yang dicapai selama periode waktu tertentu. Alat ini biasanya digunakan di bidang meteorologi dan hortikultura untuk mengetahui batasan suhu di suatu tempat.

7. Termometer Pyrometer

alat+ukur+suhu+pyrometer
Pyrometer

Pyrometer adalah jenis termometer jarak jauh yang digunakan untuk mengukur suhu suatu permukaan. Prinsip kerja pryrometer yaitu dengan mengukur intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda yang suhunya sangat tinggi. Pyrometer dapat digunakan untuk mengukur suhu antara 500°C sampai 3000°C.

8. Termometer Inframerah

alat+ukur+suhu+termometer+inframerah
Termometer Inframerah

Termometer inframerah atau termometer laser merupakan sebuah alat ukur suhu yang dapat mengukur temperatur suhu tanpa bersentuhan dengan obyek yang akan diukur.

Termometer inframerah memiliki kemampuan untuk mendeteksi temperatur secara optik menggunakan energi sinar inframerah yang kemudian disajikan dalam satuan suhu. Termometer ini menggunakan metode pengukuran suhu yang cepat dan akurat.

Fungsi termometer ini dapat mengukur suhu objek dari kejauhan dan tanpa disentuh, objek yang bergerak cepat, objek yang letaknya jauh, objek yang sangat panas, objek yang berada di lingkungan bahaya.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam alat pengukur suhu dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top